PENGEMBANGAN INSTRUMEN SUPERVISI AKADEMIK BERBASIS MORAL RELIGIUS TERHADAP KINERJA GURU PAI MENGAJAR DI SD

  • Musyarofah universitas pgri semarang
  • Sumarno Program Studi Magister Pendidikan Dasar Program Pascasarjana Universitas PGRI Semarang
  • Rasiman Program Studi Magister Pendidikan Dasar Program Pascasarjana Universitas PGRI Semarang
Keywords: Instrumen supervisi, moral religius, kinerja guru

Abstract

Musyarofah. 2023. “Pengembangan Instrumen Supervisi Akademik Berbasis Moral Religius terhadap Kinerja Guru PAI Mengajar di SD .” Tesis. Program Studi Pendidikan Pendidikan Dasar. Pascasarjana. Universitas PGRI Semarang. Pembimbing  I Dr.  Sumarno,  M.  Pd.,  Pembimbing  II    Dr. Rasiman, M.Pd.

Supervisi akademik bertujuan untuk menilai kemampuan guru sebagai pendidik dan pengajar dalam bidang masing- masing guna membantu mereka melakukan perbaikan. Guru mapel PAI (Pendidikan Agama Islam) memiliki peran yang penting dalam menanamkan nilai-nilai moralitas dan religiusitas kepada peserta didik.  Perlu adanya bimbingan dan arahan kepada guru melalui kegiatan supervisi. Pedoman instrumen penilaian supervisi akademik dari kantor Kementrian Agama Kabupaten Batang masih bersifat umum, hanya  mencakup   empat aspek penilaian, yakni pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional. Adapun lembar penilaian pembelajaran PAI dan BP secara khusus belum tersedia. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen supervisi akademik yang mengacu pada penilaian mapel PAI yang berbasis moral religious guna meningkatkan kinerja guru PAI di tingkat pendidikan dasar.

Berdasarkan tujuan tersebut, dalam penelitian ini digunakan pendekatan penelitian pengembangan (Research and Development) meliputi: studi pendahuluan, penyusunan draf awal instrumen, validasi ahli, uji skala kecil, revisi produk, dan produk akhir instrumen supervisi berbasis moral religius.   Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah persentase validasi tingkat kelayakan, dan keberterimaan produk pada instrumen supervisi akademik berbasis moral religious.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen supervisi berbasis moral religious pada pembelajaran PAI di Sekolah Dasar dikembangkan dari instrumen supervisi Kementerian Agama Kabupaten Batang. Setelah dilakukan analisis, penilaian validasi ahli menunjukkan skor 4 dan 5. Adapun kategori 4= Baik, dan 5= Sangat Baik, sehingga instrument supervisi tersebut “Layak Digunakan”. Hasil rata- rata uji coba skala kecil sebanyak 92% dengan kategori “sangat baik”. Hal tersebut menunjukkan bahwa pengembangan instrument supervise berbasis moral religious telah memenuhi aspek kepraktisan dan keefektifan. Aspek kepraktisan dan keefektifan diperoleh dari hasil kuesioner kepala sekolah. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan kinerja guru PAI setelah dilakukan supervisi menggunakan instrumen supervisi akademik yang telah dikembangkan.

Atas   dasar   hasil   penelitian   tersebut,   disimpulkan   bahwa   instrumen supervisi akademik ini valid dan baik untuk digunakan oleh kepala sekolah guna mengevaluasi dan meningkatkan kualitas pembelajaran mapel PAI dan BP di sekolah. Adapun beberapa saran pengembangan instrumen supervisi akademik ini yakni: (1) Instrumen supervisi yang dikembangkan ini dibuat khusus untuk mensupervisi guru mapel PAI BP (2) Perlu adanya pengembangan instrumen supervisi akademik tahap lanjut berbasis android agar penggunaannya dapat lebih praktis.

Kata kunci: Instrumen supervisi, moral religius, kinerja guru,

 

Metrics

Metrics Loading ...

References

A. Piet. Sahertian. 2008. Konsep Dasar dan Tehnik Supervisi. Jakarta: Rineka Cipta.
Abu Bakar. 2011. Supervisi Pendidikan Agama Islam (Pembinaan Guru Agama Madrasah / Sekolah). Jurnal Sosial Budaya, Vol. 8 No. 01.
Aidil Fitri. 2016. Supervisi Akademik berbasis Evaluasi Diri pada Guru Pendidikan Agama Islam di SMA N 1 Tanjung Batu Kabupaten Ogan Ilir. Tesis. UIN Raden Fatah Palembang.
Aswandi, Wahyudi, dan M. Chiar. (2009). Bahan Ajar “Pelatihan Kompetensi Supervisi Akademik dan Kompetensi Supervisi Manajerial. Pontianak: CV. Kami.
Coimbra. 2013. Supervision and Evaluation: Teachers’ Perpectives. International
Dasar Tingkat SD/MI.
Departemen Agama Republik Indonesia. 2003. Standar Supervisi dan Evaluasi Pendidikan; Supervisi Akademik dan Evaluasi Program. Jakarta: Depag RI.
Depdiknas. 2013. Penuntasan Wajib Belajar Pendidikan Dasar Sembilan Tahun.
Dian, Widi Yussanti dan Yari Dwikurnaningsih. 2020. Pengembangan Instrumen Penilaian Supervisi Manajerial Kepala Sekolah PAUD Berbasis Website. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol.10 No.3.
Dinas Pendidikan dan kebudayaan. 2006. Supervisi Pendidikan. Propinsi Jateng.
Haris, Abdul. 2016. Supervisi Akademik dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam. Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim. Humanisties and Social Secience. Vol. 3 No. 5: March 2013.
Imran L. 2021. Manajemen Kinerja Supervisi berbasis Budaya Religius dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di SD Amaliah Ciawi Bogor. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol. 2 No. 12. Jakarta: Depdiknas.
Kemenag Kabupaten Batang, Instrumen Supervisi Pelaksanaan Pembelajaran Sekolah Dasar Binaan Kabupaten Batang Jawa Tengah, Tahun Pelajaran 2021 / 2022.
Khomsun, Nurhalim. 2017. Pola Penanaman Nilai-Nilai Moral Religius di Tkit Arofah 3 Bade Klego Boyolali. Journal of Nonformal Education. 3 (1).
Lantip, Diat Prasojo dan Sudiyono. 2011. Supervisi Akademik. Yogyakarta: Gava Media.
Made Pidarta. 2009. Supervisi Pendidikan Kontekstual. Jakarta: Rineka Cipta.
Masaong, K. 2013. Supervisi Pembelajaran dan Pengembangan Kapasitas Guru.
Mudzakir, D. (2016). Implementasi Supervisi Manajerial Dan Akademik Pengawas Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam Madrasah Ibtidayah. STUDIA DIDKATIKA Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10 (2)
Nana Sudjana. 2011. Supervisi Akademik Membina Profesionalisme Guru melalui Supervisi Klinis. Jakarta: Binamita Publishing.
Natsir B. Kotten. 2011. Supervisi Pengajaran Berwawasan Spiritual. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, Vol.18 No.2. Jakarta: Rineka Cipta.
Purwanto, Ngalim. 1998. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Purwanto, Ngalim. 2014. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Shulhan, Muwahid. 2012. Supervisi Pendidikan: Teori dan Terapan dalam Mengembangkan Sumber Daya Guru. Surabaya: Acima Publishing.
Siswo. 2022. Pelaksanaan Supervisi Akademik dan Klinis Pengawas dalam Pembinaan Mutu Pembelajaran Mapel Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 1 Gringsing Batang. Thesis. IAIN Pekalongan.
Sri Banun Muslim. 2009. Supervisi Pendidikan Meningkatkan Kualitas Profesionalisme Guru. Bandung, Alfabeta.
Subadar, S.2017. Membangun Budaya Religius Melalui Kegiatan Supervisi Di Madrasah. Jurnal Islam Nusantara, I (2).
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Ulfa, Sugiyo, Edy Purwanto. 2014. Model Pengembangan Instrumen Supervisi Bimbingan dan Konseling. Jurnal Bimbingan Konseling 3 (1).
Yohanes Umbu Lede. 2021. Manajemen Supervisi Klinis; Meningkatkan Profesionalisme Guru dan Mutu Pembelajaran. IKAPI: Pena Persada.
Published
2023-05-20
How to Cite
Musyarofah, Sumarno, & Rasiman. (2023). PENGEMBANGAN INSTRUMEN SUPERVISI AKADEMIK BERBASIS MORAL RELIGIUS TERHADAP KINERJA GURU PAI MENGAJAR DI SD. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 1020 - 1027. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.777