PENGEMBANGAN MEDIA DIGITAL BOOK BERBASIS ANDROID PADA SISWA SD KELAS 5 TEMA 4. SEHAT ITU PENTING SUBTEMA 1 PEREDARAN DARAHKU SEHAT KURIKULUM 2013
Abstract
ABSTRAK
Aristianto,Yuli. 2023. “Pengembangan Media Digital Book Berbasi Android Pada Siswa SD Kelas 5 Tema 4. Sehat Itu Penting Sub Tema 1. Peredaran Darahku Sehat Kurikulum 2013”. Tesis. Pembimbing (1) Dr. Aryo Andri Nugroho, S.Pd., M. Pd; (2) Dr. Agus Sutono,M. Phil
Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana pengembangan media digital book berbasis android sebagai sumber pembelajaran di SD Kelas 5 pada tema 4 sub tema 1 layak dan perlu untuk dilakukan?; (2) Bagaimana pembelajaran dengan media digital book berbasis android tersebut efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran?. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk menghasilkan produk media digital book berbasis android yang layak untuk digunakan sebagai sumber pembelajaran di SD Kelas 5 pada tema 4 sub tema 1; (2) untuk memvalidasi keefektifan penggunaan media digital book berbasis android untuk digunakan sebagai sumber pembelajaran di SD Kelas 5 pada tema 4 sub tema 1.
Populasi dari penelitian ini adalah 1 orang guru kelas dan 22 siswa kelas 5 SDN Kedungsegog 02Kecamatan Tulis Kabupaten Batang. Diperoleh sampel sebanyak 11 siswa dan 1 orang guru kelas dengan teknik sampling secara acak.Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan kuisioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan validasi dari ahli media dan materi untuk mengetahui kelayakan penggunaannya serta uji persyaratan dan uji hipotesis yang meliputi uji regersi sederhana untuk mengetahui pengaruh penggunaan media digital book dalam meningkatkan hasil belajar siswa Untuk menganalisa data menggunakan fasilitas program SPSS for Window Release 20.
Hasil penelitian dapat diketahui bahwa rata- rata skor validasi media oleh ahli media menunjukkan skore 94 %,, validasi ahli materi 87,5% . Saat diujicobakan dari respon guru mencapai skor 89% dan nilai rata- rata dari respon siswa mencapai 95% sehingga dapat dikategorikan sangat layak.Untuk uji keefektifan dengan menggunakan soal pretest dan posttest pada analisis prasyarat menunjukkan data berdistribusi normal dan homogeny. Dari uji hipotesis diketahui Sig. (2-tailed) adalah sebesar 0,000039 maka 0,000039 < 0,05 , maka Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya ada perbedaan positifdari rata- rata antara hasil belajar pretest dengan posttest.Sehingga penggunaan media digital book berbasis android efektif meningkatkan hasil belajar siswa SD kelas 5 pada pembelajaran tematik tema 4. Sehat Itu Penting Subtema 1 Peredaran Darahku Sehat.
Kata kunci : pengembangan media digital book berbasis android, layak, dan efektif
Metrics
References
Anwas, O. M. (2016). Model Buku Teks Pelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Jurnal Kwangsan, 4(1), 17. (https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v4n1.p17--32 diakses 27 Maret 2022)
Prasetyo, S. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Ipa Berbasis Android Untuk Siswa Sd/Mi. JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education), 1(1), 122–141. ( https://doi.org/10.32934/jmie.v1i1.29 diakses 29 Maret 2022)
ASMARANI, D. (2020). “ PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SD/MI BERBASIS ANDROID” . Disertasi UIN Raden Intan Lampung).
ULFA, E. H. (2020). “ PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SD/MI”. Disertasi, UIN Raden Intan Lampung).
Kurniyawati, S. U., & Nugraheni, A. S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Gawai Pada Pembelajaran PPKn Kelas 3 SD/MI Di Masa Pandemi Covid-19. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 5(2), 159-171.
Haryati, S. (2012). Research and Development (R&D) Sebagai Salah Satu Model Penelitian dalam Bidang Pendidikan. Research And Development (R&D) Sebagai Salah Satu Model Penelitian Dalam Bidang Pendidikan, 37(1), 11–26.
Azhar Arsyad. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Pers
Yudhi Munadi. 2008. Media Pembelajran; Sebuah Pendekatan Baru, Gaung Persada Press: Ciputat
Sutjiono TWA. 2005. Pendayagunaan media pembelajaran. Jurnal Pendidikan Penabur 4 (4):76-84.
Rayandra Asyar. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajran. Jakarta: Gaung Persada Press.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Setyosari Purnaji. (2016). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan.Jakarta: Kencana
Ahmad, Abdul Karim H. 2007. Media Pembelajara. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.
Mulyaningsih, N. N., & Saraswati, D. L. (2017). Penerapan Media Pembelajaran Digital book Dengan Kvisoft Flipbook Maker. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 25. https://doi.org/10.24127/jpf.v5i1.741 diakses 5 April 2022
Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2010). Model Penelitian Pengembangan Pendidikan.
ESJ (Elementary School Journal) Volume 11 No. 2 Juni 2021 134 PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI ANDROID UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA Fatmawati1 , Yusrizal2 , Ainul Marhamah Hasibuan3