PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MATERI CIRI KHUSUS HEWAN PADA MATA PELAJARAN IPA TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA KELAS VI
Abstract
Suprihanto. 2023. “Pengembangan Buku Pengayaan Materi Ciri Khusus Hewan pada Mata Pelajaran IPA terhadap Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Kelas VI”. Tesis. Pembimbing (1) Dr. Sumarno, M.Pd.; (2) Dr. Agus Sutono, S.Fil., M. Phil;
Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah validitas buku pengayaan ciri khusus hewan pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam siswa kelas VI SDN Kebumen?; (2) Bagaimanakah kepraktisan buku pengayaan ciri khusus hewan pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam siswa kelas VI SDN Kebumen?; (3) Bagaimanakah keefektifan buku pengayaan ciri khusus hewan pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam siswa kelas VI SDN Kebumen?. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengkarakterisasi validitas kelayakan buku pengayaan ciri khusus hewan dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Siswa kelas VI SDN Kebumen Kabupaten Batang; (2) untuk mengkarakterisasi kepraktisan buku pengayaan ciri khusus hewan dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam siswa kelas VI SDN Kebumen Kabupaten Batang; (3) untuk mengkarakterisasi keefektifan buku pengayaan ciri khusus hewan dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam siswa kelas VI SDN Kebumen Kabupaten Batang.
Populasi dari penelitian ini adalah 31 siswa kelas 6 SDN Kebumen Kecamatan Tulis Kabupaten Batang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan teknik tes dan non tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan validasi dari ahli media dan materi untuk mengetahui kelayakan penggunaannya serta uji persyaratan dan uji hipotesis yang meliputi uji regersi sederhana untuk mengetahui pengaruh penggunaan buku pengayaan ciri khusus hewan pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam siswa kelas VI dalam meingkatkan kemampuan verfikir kritis siswa kelas VI. Untuk menganalisa data menggunakan fasilitas program SPSS for Window Release 20.
Hasil penelitian dapat diketahui bahwa rata- rata skor kevalidan media adalah
Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development(R&D) dengan desain peneltian pengembangan ini merujuk pada Sugiyono (2015:409): yaitu sebagai berikut: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi produk I; (6) uji coba produk; (7) revisi produk II. Produk yang telah dikembangkan kemudian dilakukan uji validasi dan kefektifan. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah (1) Soal Uji Coba; (2) Kuisioner/angket. Data yang didapat kemudian dianalisis untuk mengetahui kelayakan dan keefektifannya.
Hasil analisa kebutuhan menunjukkan bahwa siswa dan guru
membutuhkan buku pengayaan ciri khusus hewan pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam siswa kelas VI. Hasil validasi dan keefektifan menunjukkan bahwa produk termasuk kategori valid dengan rata- rata 94 % dari validasi ahli media serta 87,5 % dari validasi ahli materi serta kelayakan dalam penggunaan oleh guru dengan nilai 89 % dan oleh siswa dengan nilai 95%. Sedangkan hasil uji keefektifan produk menunjukkan hasil efektif dengan analisis hasil pretest dan posttest dengan uji t menunjukkan adanya peningkatan hasil penggunaan buku pengayaan ciri khusus hewan pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam siswa kelas VI.
Kata kunci : kelayakan, kefektifan, kemampuan berfikir kritis siswa SD Kelas VI.
Metrics
References
Abid, Sultan. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Jakarta: Gramedia.
Agus, Cahyo. (2013). Panduan Aplikasi Teori Belajar. Jakarta. PT. Diva Press.
Ahmad Susanto. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group
pitoyo, ari, dkk. Ilmu pengetahuan alam untuk sd/mi kelas VI. Cv Teguh Karya : 2010
Prastowo, A. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press
Wahyuni, Esa Nur (2020) Motivasi belajar. DIVA Perss, Yogyakarta. ISBN 9786023919963 Editors : Rusdianto, Rusdianto
https://eprints.uny.ac.id/21859/6/BAB%20II.pdf
https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/2455
http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/14146
https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/seloka/article/view/6849