PENGEMBANGAN BUKU SAKU BERBASIS MIND MAPPING MATERI RANGKAIAN LISTRIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KELAS VI

  • Siti Khotimah universitas pgri semarang
Keywords: buku saku, mind mapping, hasil belajar IPA

Abstract

Siti Khotimah, 2023: “Pengembangan Buku Saku Berbasis Mind Mapping Pada Materi Rangkaian Listrik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas VI: (1) Dr. Joko Siswanto,M.Pd.,(2) Dr. Ngatmini., M.Pd.

Tujuan penelitian pengembangan ini untuk mengetahui kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan buku saku berbasis mind mapping pada materi rangkaian listrik untuk meningkatkan hasil belajar IPA kelas VI SD Karanggeneng 01 Kecamatan Kandeman Kabupaten Batang. Jenis penelitian ini mengacu pada model pengembangan Sugiyono yang dimodifikasi menjadi 9 langkah sebagai berikut: (1) potensi dan masalah (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi desain (5) revisi produk I (6) uji coba produk (7) revisi produk II (8) uji coba produk skala besar (9) produk final dan (10) produksi masal. Penelitian ini hanya sampai tahap produk final karena keterbatasan waktu dan dana. Hasil penelitian yang dikembangkan berupa buku saku berbasis mind mapping.1) hasil uji kevalidan buku saku berbasis mind mapping mendapat nilai 96,84% dengan kategori “sangat valid”. 2) hasil uji keefektifan berdistribusi normal berdasarkan data hasil pretest sebesar Sig 0,560 dan postest nilai Sig 0,064, uji N- gain sebesar 0,43 yang artinya ada peningkatan hasil belajar dengan kategori sedang, selanjutnya uji t-test dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,00 maka 0,00<0,05 , maka sesuai dengan pengambilan keputusan dalam uji paired sample test dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya ada perbedaan rata- rata antara hasil belajar IPA materi rangkaian listrik sebelum dan sesudah menggunakan buku saku berbasis mind mapping.3) hasil uji kepraktisan diketahui berdasarkan respon atau tanggapan yang diberikan oleh peserta didik dengan rata – rata persentase sebesar 94% dengan kategori "sangat praktis". Dari hasil respon guru, didapatkan rata-rata persentase 96,29% dengan kategori “sangat praktis”. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan buku saku berbasis mind mapping materi rangkaian listrik terbukti valid, efektif, dan praktis sehingga layak digunakan dalam pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar IPA Kelas VI .

 

Kata kunci: buku saku, mind mapping, hasil belajar IPA

Metrics

Metrics Loading ...

References

Anni, Catharina Tri. 2006. Psikologi Belajar. Semarang:Unnes Press Arikunto,
Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta:Rineka Cipta
. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta:Bumi
Aksara Arsyad, A. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta:Raja Grafindo Persada
Buzan, Tony. 2006. Buku Pintar Mind Map. Jakarta:Gramedia Pustaka Utama
. Mind Map untuk Meningkatkan Kreativitas. 2006. Jakarta:Gramedia Pustaka Utama
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung:Pustaka Setia
Herlina, Lina dan Yuliani, Fahtria. 2015. Pengembangan Buku Saku Materi Pemanasan Global untuk SMP. Unnes Journal of Biology Education. Volume 4(1):104-110
Huda, Miftahul.2015.Model-Model Pengajaran dan Pembelajaan.
Yogyakarta:Pustaka Pelajar.
Irham, Muhammad dan Wiyani, Novan Ardy. 2014. Psikologi Pendidikan: Teori dan Aplikasi dalam Proses Pembelajaran. Jogjakarta:Ar-Ruzz Media
Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia.
Jakarta:Balai Pustaka
Keles, Ozgul. 2012. Elementary Teachers; Views on Mind mapping. Macrothink Institute. Volume 4(1):93-100
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.2018.Tema 3: Tokoh dan Penemuan, Buku Tematik terpadu Kurikulum 2013 untuk Guru SD/MI Kelas VI Edisi Revisi 2018, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.2018.Tema 3: Tokoh dan Penemuan, Buku Tematik terpadu Kurikulum 2013 untuk Peserta didik SD/MI Kelas VI Edisi Revisi 2018, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Komalasari, Kokom. 2014. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi.
Bandung:PT Refika Aditama

Kustandi, Cecep dan Sutjipto, Bambang. 2013. Media Pembelajaran. Bogor:Ghalia Indonesia
Lestari, Karunia Eka dan Yudhanegara, Mokhammad Ridwan. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung:Refika Aditama
Musfiqon.2012.Pengembangan Media danSumberPembelajaran.Jakarta:Prestasi Pustakarya
Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013
Permendiknas Nomor 2 Tahun 2008 tentang Buku

Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
Pitoyo, Ari dkk.2010.Ilmu Pengetahuan Alam SD/MI Kelas VI. Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional.
Poerwanti, Endang. 2008. Asesmen Pembelajaran SD. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Depdiknas
Prastowo, Andi. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif.
Jogjakarta:Diva Press
Radix, Cathy Ann dan Abdool, Azim. 2013. Using Mind Maps for the Measurement and Improvement of Learning Quality. Caribbean Teaching Scolar. Volume 3(1):3-21
Rahmawati, Nurul Laili, dkk. 2013. Pengembangan Buku Saku IPA Terpadu Bilingual dengan Tema Bahan Kimia dalam Kehidupan Sebagai Bahan Ajar di MTs. Unnes Science Education Journal. Volume 2(1):157-164
Retno, Ardina Titi Purbo, dkk. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Buletin dalam Bentuk Buku Saku Berbasis Hirarki Konsep untuk Pembelajaran Kimia Kelas XI Materi Hidrolisis Garam. Jurnal Pendidikan Kimia. Volume 4(2):74-81

Riduwan; Warsiman. Skala pengukuran variabel-variabel penelitian / Riduwan ; editor, Warsiman. Bandung :: Alfabeta,, 2008.

Rifa’i, Achmad dan Chatharina Tri Anni. 2010. Psikologi Pendidikan. Semarang:Unnes Press
Schulz, Wolfram, dkk. 2009. Initial Findings from the IEA International Civic and Citizenship Education Study. Amsterdam: ICCS
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung:Tarsito
Sudjana, Nana dan Rivai Ahmad. 2011. Media Pengajaran. Bandung:Sinar Baru Algensindo

Sugiyono. 2012. Statistika untuk Penelitian. Bandung:Alfabeta

. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung:Alfabeta

Sulistyani, Nurul Hidayati Dyah, dkk. 2013. Perbedaan Hasil Belajar Peserta didik Antara Menggunakan Media Pocket Book dan Tanpa Pocket Book pada Materi Kinematika Gerak Melingkar Kelas X. Jurnal Pendidikan Fisika. Volume 1(1):164-172
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta:Permada Media Group
Tim Badan Standar Nasional. 2014. Instrumen Penilaian Buku Teks Pelajaran Tahun 2014. http://bsnp-indonesia.org/id?p=1340 (diakses tanggal 16
Desember 2022)

Thobroni, Muhammad dan Mustofa, Arif. 2011. Belajar dan Pembelajaran.
Jogjakarta:Ar-Ruzz Media

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Winataputra, Udin, dkk. 2007. Teori Belajardddan Pembelajaran.
Jakarta:Universitas Terbuka
Windura, Susanto. 2008. Mind Map for Business Effectiveness. Jakarta:Gramedia
https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/17965 (diakses 5 April 2023)
https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/jurnalkependidikan/article/view/2842 (diakses 5 April 2023)
Published
2023-05-20
How to Cite
Siti Khotimah. (2023). PENGEMBANGAN BUKU SAKU BERBASIS MIND MAPPING MATERI RANGKAIAN LISTRIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KELAS VI. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 1058 - 1070. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.774