KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI NUMERIK PESERTA DIDIK DI KELAS V SDN WONOKERSO 01

  • Akhmad Air Puji universitas pgri semarang
  • Agus Sutono Program Studi Magister Pendidikan Dasar Program Pascasarjana Universitas PGRI Semarang
  • Iin Purnamasari Program Studi Magister Pendidikan Dasar Program Pascasarjana Universitas PGRI Semarang
Keywords: model flipped classroom, pendekatan kontekstual, literasi numerik

Abstract

ABSTRAK

 

Puji,Akhmad Air. 2023. “Keefektifan Model Pembelajaran Flipped Classroom dengan Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Literasi Numerik Peserta Didik di Kelas V SDN Wonokerso 01”. Tesis. Pembimbing (1) Dr. Agus Sutono, M.Phil; (2) Dr. Iin Purnamasari, M.Pd.

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) apakah pembelajaran dengan model flipped classroom dengan pendekatan kontekstual efektif untuk meningkatkan keaktifan peserta didik di kelas V SDN Wonokerso 01?, (2) apakah pembelajaran model flipped classroom dengan pendekatan kontekstual efektif untuk meningkatkan literasi numerik peserta didik di kelas V SDN Wonokerso 01?. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) membuktikan keefektifan pembelajaran dengan model flipped classroom dengan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan keaktifan peserta didik di kelas V SDN Wonokerso 01, (2) membuktikan keefektifan pembelajaran model flipped classroom dengan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan literasi numerik peserta didik di kelas V SDN Wonokerso 01.

Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN Wonokerso 01 tahun pelajaran 2022/2023 sebagai kelas eksperimen sebanyak 24 peserta didik, diperoleh sampel sebanyak 5 peserta didik dari hasil pretes dengan ketentuan 1 peserta didik dengan nilai tertinggi, 1 peserta didik pada nilai kuartil pertama (Q1), 1 peserta didik pada nilai median (Q2), 1 peserta didik pada nilai kuartil ketiga (Q3), dan 1 peserta didik dengan nilai terendah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif untuk mengukur tingkat keaktifan peserta didik, uji validasi  dan uji reliabilitas terhadap soal tes yang digunakan, serta  uji gain untuk mengukur peningkatan kemampuan literasi numerik dari hasil tes. Untuk menganalisis data menggunakan fasilitas program SPSS for Window Release 20.

Dari hasil uji validitas butir soal pretes/postes menunjukkan 100% valid dengan nilai rxy dinyatakan lebih besar dari 0,361. Sedangkan uji reliabilitas soal diperoleh nilai Cronbach's Alpha adalah  0,892, dengan nilai r tabel N= 32 dan signifikansi 5% maka diperoleh L tabel 0,349. Jika nilai Cronbach's Alpha 0,892 > 0,349 maka soal pretes/postes dinyatakan reliabel. Dari hasil analisis deskriptif diperoleh rata-rata skor angket keaktifan peserta didik dalam pembelajaran adalah 3,92 dengan kategori “baik”. Hasil observasi terhadap keterampilan literasi numerik peserta didik menunjukkan peningkatan dengan rata-rata skor 3,6 dan rata-rata gain ternormalisasi 2,0. Hasil peningkatan kemampuan literasi numerik peserta didik kelas eksperimen dengan kriteria sedang sebesar 62,50% dan kriteria tinggi sebesar 37,50%. Secara rata-rata diperoleh nilai gain ternormalisasi untuk kelas eksperimen sebesar 0,65 atau peningkatannya termasuk pada kategori sedang. Pada kelas kontrol diketahui sebagian besar peserta didik mengalami peningkatan pada kategori rendah sebesar 66,67%, kategori sedang sebesar 33,33%. Rata-rata gain kelas kontrol sebesar 0,26 atau kategori rendah.

.

Kata kunci : model flipped classroom, pendekatan kontekstual, literasi numerik

Metrics

Metrics Loading ...

References

Dasna Wayan I, dkk. (2015). Desain dan Model Pembelajaran Inovatif dan Interaktif. Jakarta: Penerbitan Universitas Terbuka.
Depdiknas. (2008). Pedoman KTSP 2008. Jakarta: Depdiknas.
Karmila. (2018). Deskripsi Kemampuan Literasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Gender. Pedagogy, Volume 3 Nomor 1, h. 126-155.
Kemdikbud. (2016). Analisis Aplikasi Nilai Universal Di Sekolah (Suatu Penilaian Peserta Didik Pada Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa di Sekolah). Jakarta: Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan.
Muhsetyo G.t, dkk. (2008). Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Penerbitan Universitas Terbuka.
Nasution, S., & Harahap, M. (2019, October 30). Efetivitas Model Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Jurnal Mathedu (Mathematic Education Journal), 2(3), 96 - 102.
retrieved from http://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/view/1053
Nurkamilah, M., Nugraha, F., Sunendar, A. (2018). Mengembangkan Literasi Matematika Siswa Sekolah Dasar melalui Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics) Vol. 2 No. 2, 70-79.
OECD, (2009a). learning Mathematics for live: A View Perspekctive from PISA. Diunduh pada tanggal 8 Oktober 2021, dari situs Word Wide Web http://www.oecd.org/dataoecd/11/40/44455820.pdf
OECD, (2009b). PISA. 2009.Assessment Framework. Diunduh pada tanggal
8 Oktober 2021, dari situs Word Wide Web: http://www.oecd.org/pisa/pisaproducts/44455820.pdf
OECD, (2013). PISA 2012 Results: What Students Know and Can Do: Studen Performance in Mathematics, reading and Scince. (Volume 1). Diunduh pada tanggal 8 Oktober 2021, dari situs Word Wide Web: http://www.oecd.org/pisa/pisaproducts/44455820.pdf
OECD (2019), PISA 2018 Assessment and Analytical Framework, PISA, OECD Publishing, Paris, Diunduh pada tanggal 8 Oktober 2021 dari situs Word Wide Web https://doi.org/10.1787/b25efab8-en
Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang Kemdikbud (Puspendik). (2012). Determinants of Learning Outcomes TIMSS 2011: Final Report. Jakarta: Pusat Penilaian Pendidikan.
Ratna, S. (2014). Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, Vol 3, No. 2. Diunduh pada tanggal 8 Oktober 2021, dari situs World Wide Web: http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/infinity/article/view/60
Siswoyo, D. (2011). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Suyono dan Hariyanto. (2015). Implementasi Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Wardani, I.G.A.K. (2015). Filsafat Pendidikan Dasar. Jakarta: Penerbitan Universitas Terbuka.
Published
2023-05-20
How to Cite
Air Puji, A., Sutono, A., & Purnamasari, I. (2023). KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI NUMERIK PESERTA DIDIK DI KELAS V SDN WONOKERSO 01. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 962 - 970. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.771