PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI ENERGI DAN PERUBAHANNYA

  • Anna Ulfah Arbani PPG Prajabatan Univrsitas Pakuan
  • Riksa Suci Imaniah PGSD Universitas Pakuan
  • Elly Sukmanasa SDN Polisi 2 Bogor
Keywords: Hasil Belajar, Project Based Learning, Penelitian Tindakan Kelas

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar peserta didik kelas III–C SD Negeri Polisi 2 Bogor belum mencapai nilai kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang sudah ditetapkan sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning pada peserta didik kelas III–C di SDN Polisi 2 Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas III–C SD Negeri Polisi 2 Bogor yang berjumlah 20 peserta didik. Penelitian terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan ketuntasan belajar peserta didik pada siklus I mencapai 45% dengan nilai rata-rata 66. Sedangkan ketuntasan hasil belajar pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 90% dengan nilai rata-rata 81,2. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas III–C SD Negeri Polisi 2 Bogor.

 

Kata Kunci: Hasil Belajar, Project Based Learning, Penelitian Tindakan Kelas

Metrics

Metrics Loading ...

References

Arikunto, Suharsimi, dkk. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Asriningtyas, Nandhita, & Anugraheni. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 5(1), 23–32.
Hakim, A. R., Hairunisa. (2022). Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) Dalam Pembelajaran Tematik di SDN Inpres Lewidewa. Jurnal Ilmiah, 3(3), 606–613.
Juita, Ratna. (2022). Peningkatan Penguatan Karakter Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Tema Energi dan Perubahannya Melalui Pendekatan Saintifik Model Project Based Learning Metode Pemberian Tugas Di Kelas Iii Sd N 06 Kubang Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Matematika, 7(2), 176–187.
Natty, R. A., Kistin, F., Anugraheni, I. (2019). Peningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 1082–1092.
Nurhaedah, Supriadi, Satriani. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Pembelajaran Abad 21 Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Di Kabupaten Gowa. Algazali International Journal Of Educational Research, 3(1), 65–74.
Putri, R. H., Wardani, N. S. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Melalui Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Daring Siswa Kelas IV SD. Jurnal Mimbar Ilmu, 26(1), 138–148.
Sappaile, B. Intang, dkk. (2021). Hasil Belajar dari Perspektif Dukungan Orangtua dan Minat Belajar Siswa. Sulawesi Selatan: Global RCI.
Saputra, Nanda, dkk. (2021). Penelitian Tindakan Kelas. Aceh: Yayasan Muhammad Zaini.
Saputra, Y. A., Susilowati, A. R. (2021). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah PGSD, 5(2), 96–103.
Sulisworo, Dwi. (2019). Konsep Pembelajaran Project Based Learning. Semarang: Alprin.
Surya, A. Putri. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kreativitas Siswa Kelas 3 SDN Sidorejo Lor 01 Salatiga. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 41–54.
Suryani, Esti. (2017). Best Practice Pembelajaran Inovasi Melalui Model Project Based Learning. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Sutisnawati, dkk. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Konstruktivis Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Keterampilan Literasi Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1604–1615.
Yani, L. I., Taufik, T. (2020). Penerapan Model Project Based Learning Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas V Sekolah Dasar (Studi Literatur). Jurnal Inovasi Pembelajaran SD, 8(9), 70–82.
Published
2023-05-19
How to Cite
Ulfah Arbani, A., Suci Imaniah, R., & Sukmanasa, E. (2023). PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI ENERGI DAN PERUBAHANNYA. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 933 - 940. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i1.769