EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA RAMAH ANAK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERBAHASA AWAL SISWA SDN 02 GEJLIG

  • Nurkhasani universitas pgri semarang
  • Sumarno Program Studi Magister Pendidikan Dasar Program Pasca Sarjana Universitas PGRI Semarang
  • Muhtarom Program Studi Magister Pendidikan Dasar Program Pasca Sarjana Universitas PGRI Semarang
Keywords: Efektivitas, Model Pembelajaran Tutor Sebaya Ramah Anak, Kemampuan Berbahasa Awal, Motivasi Belajar

Abstract

Nurkhasani. 2023. "Efektivitas Kegiatan Model Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Kemampun Berbehasa Awal dan Motivasi Beelajar Siswa SDN 02 Gejlig". Tesis. Pembimbing : (1) Dr. Sumarno, M.Pd; (2) Dr. Muhtarom, M.Pd

Dalam kegiatan belajar mengajar guru perlu menenerapkan inovasi model pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan sehingga anak dapat mengikuti proses pembelajaran dengan sebaik-baiknya. Upaya yang dilakukan dalam meningkatkan kemapuan berbahasa awal dan motivasi siswa dengan upaya tercapai pelaksanaan model pembelajaran tutor sebaya ramah anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran tutor sebaya ramah anak terhadap kemampuan berbahasa awal dan motivasi siswa di SDN 02 Gejlig serta pencapaian pelaksanaannya. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa siswa SDN 02 Gejlig Kecamatan kajen kabupaten Pekalalongan yang memiliki karakteristik siswa baru disekolah umur 6-7 th dengan  jumlah siswa 16 anak dalam 1 kelas dibagi menjadi 4 kelompok dengan masing-masing kelompok 4 anak terdiri dari 1 tutor dan 3 resipien. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah kuantitatif. Pengujian penelitian terdiri dari uji validitas dan reliabilitas instrument, uji prasyarat, dan uji hipotesis yang meliputi uji normalitas, uji t, uji manova, dan uji N-gain score. Untuk menganalisis data menggunakan bantuan program komputer SPSS 16.0 for windows dan microsoft excel.

Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa ada pengaruh model pembelajaran tutor sebaya ramah anak untuk meningkatkan kemampuan berbahasa awal dan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Hasil uji hipotesis ditemukan bahwa uji manova pada tabel box's M test diperoleh nilai signifikannya 0,208 yaitu kovarian kelompok data adalah sama, tabel multivariate test dan test of between subject effect diperoleh nilai signifikannya 0,000 yaitu menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran tutor sebaya ramah anak untuk meningkatkan kemampuan anak berbahasa awal dan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, serta uji N- gain score berada pada kategori cukup efektif terhadap kemampuan berbahasa awal dengan N-gain score senilai 0,67 dan kategori efektif terhadap motivasi belajar siswa dengan N-gain score senilai 0,79. Hasil pencapaian pelaksanaan tutor sebaya ramah anak  berkategori baik ditunjukkan dari hasil rata-rata prosentase dari rekap nilai ketercapaina pelaksanaan model pemeblajaran tutor sebaya senilai 92,57 %. .Semoga dengan adanya penelitian ini sebagai bahan masukan bagi guru dan calon guru untuk memilih metode pembelajaran yang tepat terhadap kemempuan berbahasa awal dan motivasi belajar siswa sehingga perkembangan yang dicapai dapat maksimal.

Kata Kunci : Efektivitas, Model  Pembelajaran Tutor Sebaya Ramah Anak, Kemampuan Berbahasa Awal, Motivasi Belajar

Metrics

Metrics Loading ...

References

Abineno dan YR Rowa. (2019). YO Jagom - ASIMTOT: Jurnal. journal.unwira.ac.id
Ade Gunawan. 2003, Analisis Consumer Decision Model Untuk Pengukuran Efektivitas Periklanan,Jurnal Ilmiah “Manajemen & Bisnis” Program StudiManajemen Fakultas Ekonomi.Universitas MuhammadiyahSumatra Utara
Ahdiyat. (2015) - Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan. journal.lppmunindra.ac.id
Ahmad, Susanto. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Kencana.
Ali Muhidin, et al. 2009. Analisis korelasi, Regresi, dan Jalur dalam Penelitian. Bandung :CV Pustaka Setia
Ali Muhidin Sambas. 2009, Konsep Efektivitas Pembelajaran, Pustaka Setia,Bandung.
Amaliya, shinta (2018) efektivitas model pembelajaran tutor sebaya dalam meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam kelas viii di mts nu hasyim asy’ari bangsri jepara. undergraduate thesis, iain kudus.
Anita Lie, 2004, Cooperative Learning, Jakarta, Grasindo.
Arjanggi, R.&Suprihatin, T. 2010. “Metode Pembelajaran Tutor Teman Sebaya Meningkatkan Hasil Belajar Berdasar Regulasi-Diri”. Makara, Sosial Humaniora, 14 (2),91-97.Retrieved from http://hubsasia.ui.ac.id/old/index.php/hubsasia/article/view/666/53
Aria, Djalil, dkk. Pembelajaran Kelas Rangka, Jakarta: Depdikbud, 1997
Dalman, D. (2014). Ketrampilan Membaca. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Darmiyati Zuchdi & Budiasih. (1996). Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Rendah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.
Dardjowidjojo, Soenjono. (2010). Psikolinguistik: Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta: Yayasan Obor
Depdiknas .(2006). Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Jakarta : Depdiknas
Depdiknas. (2006). Pembelajaran Tematik Kelas Awal Sekolah Dasar.Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pengembangan Departemen Pendidikan Nasional.
Depdiknas. 2007.Program Pembelajaran Sekolah Dasar/Madrasah IbtidaiyahKurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Kelas 1 Semester 1 & 2. BP. Karya Mandiri
Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta:
RhinekaCipta
Febianti. (2014). Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi. fkip-unswagati.ac.id
Fleiss, J. L. (1975). Measuring agreement between two judges on the presence or absence of a trait. Biometrics, 31(3), 651. https://doi.org/10.2307/2529549
Fitriyanti. (2018). Keefektifan Metode Tutor Sebaya dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Rakyat Peserta Didik kelas VII SMP Negeri 1 Pandaan Tahun Pelajaran 2017. Journal.unesa.ac.id
Gunawan, Fera. (2015). Efektivitas Penggunaan Ashraf & BCL Sebagai Celebrity Endorser DalamIklan Televisi Line Let's Get Rich Dengan Menggunakan Model TEARS. VOL 3. NO.2 TAHUN 2015
Hakim, S. N. & Mustamiroh, N. (2018). kesiapan anak memasuki sekolah dasar ditinjau dari tingkat pendidikan orang tua. jecie (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 1(1), 9-20.
Hamalik, Oemar. (2011). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi
Aksara.
Hastari dan Abdimas. (2019). Jurnal Pengabdian Masyarakat. jurnal.unmer.ac.id
Herlina. (2019). Membaca Permulaan Untuk Anak Usia Dini Dalam Era Pendidikan 4.0. JURNAL PIONIR. jurnal.una.ac.id
Hidayati, Anita Lie, (2014). Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo
Ilyas, ASW Asti. (2016). Aplikasi Montessori Inspired Activity dalam Pembelajaran Membaca Permulaan di Areta Amata School. Makassar: Seminar Nasional LP2M UNM - ojs.unm.ac.id
Jamaris, Martini. (2014). Kesulitan Belajar: Perspektif, Asesmen, dan Penanggulangannya. Bogor: Ghalia Indonesia.
Janet, Kay. (2006). Pendidikan Anak Usia Dini. Kanisius: Yogyakarta
Kementrian P3A (2015) : Panduan Sekolah Ramah Anak : Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak
Kendeou, P., White, Mary J., Broek, P., Lynch,J. 2009. Predicting ReadingComprehension in Early Elementary School The Independent Contributions ofOral Language and Decoding Skills.Journal of Educational Psychology. USA:American Psychological Association
Lerner,J. (1988). Learning Disabilities: Theories, Diagnosis, and Teacing Strategies.New Jersey: Houghton Mifflin Company.
(2010). Diagnosis Kesulitan Belajar & Bimbingan Terhadap Kesulitan Belajar Khusus.Yogyakarta: Nuha Litera.
Lestari PI dan Elizabeth Prima (2015) : Implementasi Permainan Anak Tradisional dalam upaya peningkatan motivasi belajar anak usia dini : universitas dhyana pura
Moenir, 2006.Manajemen pelayanan umum di Indonesia. Bumi Aksara. Jakarta
Mustamiroh, N. (2012). Studi komparasi kesiapan anak memasuki Sekolah Dasar (SD) pada anak-anak yang mengikuti pendidikan Taman Kanak-kanak (TK) program full day ditinjau dari tingkat pendidikan orang tua. Surakarta: Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta
Malik, N. I, Rehman, G. Hanif, R (2012) Effect of AcademicInterventions onThe Developmental Skills ofSlow Learners. PakistanJournal of PsychologicalResearch. Vol 27 No 135-151.
Mulyadi (2010). Diagnosis Kesulitan Belajar & Bimbingan Terhadap Kesulitan Belajar Khusus.Yogyakarta: Nuha Litera.
Mulyasa. 2005. Menjadi Guru Profesional, Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset
Muntasir, M.S. (1985). Pengajaran Terprogram. Jogjakarta: Karya Anda.
Munthe. (2015). JURNAL HANDAYANI PGSD FIP UNIMED. jurnal.unimed.ac.id
Nurmala, Sukayasa Paloloang. (2016). Jurnal Kreatif Tadulako. caritulisan.com
Priatna, Asep dan setyarini, Ghea. (2020). pengaruh model pembelajaran role playing terhadap keterampilan berbicara siswa kelas iv sd pada pembelajaran bahasa indonesia.
Rahmat & Irfan Dedi. (2019). Rancang bangun media pembelajaran interaktif komputer dan jaringan dasar di smk. Jurnal Vokasional Teknik Elektronika Dan Informatika, 7(1)
Rofi’udin, Ahmad & Darmiyati Zuchdi (1999). Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Proyek Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Sardiman, A. M. (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Bandung: In Rajawali Pers
Sarifudin, Evendi. (2020). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Penjas Siswa Kelas VIIa SMPN 4 Kragilan Menggunakan Model Problem Based Learning. e-Jurnal Mitra Pendidikan, 2020 - e-jurnalmitrapendidikan.com
Siberrnen,Mel. (2001) 101 Strategi Pembelajaran Aktif(Active Learning), terj. Sarjuli dan Azfat Ammar, Jakarta: Yakpendis.
Sinambela. (2015). Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA. journal.lppmunindra.ac.id
Slameto, 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta
Suciati. 2018. Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal. journal.iainkudus.ac.id Yusuf, Syamsu. (2009). Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Bandung: Rizqi
Suharsimi Arikunto, 2002, Pengelolaan Kelas dan Siswa, Jakarta,
Rajawali.
Suhirman, Yusuf. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kreatifitas Berpikir dan Literasi Sains Siswa SMAN 1 Gerung Tahun 2018/2019. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi. - ejournal.umm.ac.id
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian & Pengembangan. Bandung: Alafabeta.\
Sugiyono. (2019b). Metode Penelitian Kuantitatif (Setiyawami (ed.); Kedua).
Alfabeta.
Sukmadinata,N.S. (2004). Landasan Psiko-logis Proses Pendidikan. Jakarta: Re-maja Rosdakarya.
Sukmadinata, N.S.,Ayi, N.J.,Ahman. (2007). Pengendalian Mutu Pendidikan Sekolah Menengah (konsep, prinsip, dan Instru-men). Bandung : PT. Refika Aditama
Surya, Muhammad. 2015. Strategi Kognitif dalam Proses Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Suryabrata, Sumardi, Drs.2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo
Tampubolon (2015) Kemampuan Membaca. Bandung: Angkasa Kelas
Tarigan, Henry Guntur, dkk. 2015. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.Tarigan, Henry Guntur,dkk. 2011. Membaca dalam Kehidupan. Bandung: Angkasa.Zuchdi, Darmiyati. 2001. Strategi Meningkatkan Kemampuan Membaca. Yogyakarta: UNY Press.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Tujuan Pendidikan Nasional. Jakarta: Ar-mas Duta Jaya.
Tomoliyus, T., & Sunardianta, R. (2020). Validity and reliability of reactive agility test instrumens table tennis. Jurnal Keolahragaan UNY, 8(2), 148–157
Uno B. Hamzah. (2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Utami, Ratnasari Dyah, dkk. 2017. Implementasi Penerapan Sekolah Ramah Anak Pada Penyelenggaraan Pendidikan Sekolah Dasar. Urecol Proceeding. Yogyakarta: UAD
Yulianto, A. (2016). Pendidikan Ramah Anak: Studi Kasus SDIT Nur Hidayah Surakarta. Volume. 1, No. 2.
Yusuf, Syamsu. (2009). Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Bandung: Rizqi
Yuwana, A. (2012). Penggunaan Model Tutor Sebaya Upaya untuk Meningkatkan Hasil Belajar dalam Pembelajaran Pengoperasian Alat Hitung Siswa Kelas X-1 Program Keahlian Pemasaran di SMK Negeri 1 Salatiga. Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana.
Wardani, I.G.A.K. (1995).PengajaranBahasaIndonesia bagiAnakBerkesulitan Belajar.Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan TinggiProyek Pendidikan Tenaga Guru
Wardani, I.G.A.K. (1995).PengajaranBahasaIndonesia bagiAnakBerkesulitan Belajar.Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan TinggiProyek Pendidikan Tenaga Guru
Wakit. (2016). Jurnal Edukasi dan Sains Matematika (JES-MAT). journal.uniku.ac.id
Winkel. 2005. PsikologiPengajaran. Jogjakarta: Media Tama.
Winkel, W.S. (1991). Bimbingan dan Konseling di Sekolah Menengah. Jakarta: PT. Grasindo.
Winkel, W.S, (1991). Bimbingan dan Konseling di Sekolah Menengah. Jakatra : PT. Grasindo.
Zubaidah, Enny.(2003) Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini. Yogyakarta: FIP UNY
Published
2023-05-21
How to Cite
Nurkhasani, Sumarno, & Muhtarom. (2023). EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA RAMAH ANAK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERBAHASA AWAL SISWA SDN 02 GEJLIG. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 1248 - 1259. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.766