PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIS, PELATIHAN DAN PERKEMBANGAN KARIER TERHADAP KINERJA GURU NEGERI SE KECAMATAN BATANG
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogis terhadap kinerja guru, untuk mengetahui pengaruh pelatihan terhadap kinerja guru, untuk mengetahui pengaruh perkembangan karier terhadap kinerja guru, untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogis, pelatihan, dan perkembangan karier terhadap kinerja guru. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dan jenis diskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SD Negeri di Kecamatan Batang Kabupaten Batang. Besar populasi dalam penelitian ini adalah 505 orang guru di SD Negeri di Kecamatan Batang Kabupaten Batang. Teknik pengambilan sampel adalah simple random sampling dengan rumus sloving diperoleh 100 sampel. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket. Analisis data yang digunakan analisis deskriptif, uji persyaratan dan uji hipotesis yang meliputi analisis regresi linear sederhana dan analisis regresi ganda. Untuk menganalisis data digunakan program SPSS for windows versi 25. Hasil penelitian diperoleh bahwa : 1) ada pengaruh kompetensi pedagogis guru terhadap kinerja guru (Y) pada Guru SD Negeri se kecamatan Batang diperoleh thitung (2,803> ttabel (1,66071)., 2) ada pengaruh pelatihan terhadap Kinerja Guru (Y) pada Guru SD Negeri se Kecamatan Batang diperoleh thitung (2,501> ttabel (1,66071), 3) ada pengaruh perkembangan Karier terhadap Kinerja Guru (Y) pada Guru SD Negeri se Kecamatan Batang perhitungan diperoleh thitung (9,589) > ttabel (1,66071). 4) Nilai F hitung lebih besar dari F tabel yakni 162,667 > F tabel 2,70 dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05, artinya bahwa model regresi yang dihasilkan adalah fit dan signifikan, sehingga model regresi tersebut layak untuk digunakan. Saran dalam penelitian ini guru dan kepala sekolah dapat meningkatkan pelaksanaan pembelajaran dengan meningkatkan pembelajaran yang lebih inovatif dan kreatif dengan sehingga anak-anak dapat meningkatkan hasil belajarnya.
Metrics
References
Afandi. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia Teori Konsep dan Indikator. Pekanbaru: Zanafa Publishing.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Daryanto. 2013. Administrasi dan Manajemen Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Bangun, Wilson. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Erlangga.
Ghozali. 2010. Dasar-dasar Statistika.
Bandung: Alfabeta.
Hamzah, B. Uno. 2014. Profesi Kependidikan Problema, Solusi dan Reformasi Pendidikan di Indonesia. Jakarta: PT. PRestasi Pustakarya.
Hasan, Z. 2017. Upaya Pengembangan Karir Guru melalui Peningkatan Kualifikasi Akademik dan Profesionalisme (Studi pada Guru- guru SMP di Kabupaten bengkalis). Jurnal Akademika. 13 (2), 129-137.
Hasibuan, Malayu S.P. 2019. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Herayati, Y & Mumuh 2014. Manajemen Sumber Daya Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Herayati, Y & Mumuh, M. 2014. Manajemen Sumber Daya Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Indrafachrudi, S. 2016. Bagaimana Memimpin Sekolah yang Efektif. Bogor: Ghalia Indonesia.
Jasmani & Mustofa, Syaiful. 2013. Supervisi Pendidikan: Trobosan Baru dalam Kinerja Peningkatan Kerja Pengawas Sekolah dan Guru. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Kasmir. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia Teori dan Praktik. Jakarta: Rajawali Press.
Kurniasih, I., dan Sani, B. 2017. Kupas Tuntas Kompetensi Pedagogik: Teori dan Praktik. Jakarta: Kata Pena.
Kompri. 2015. Manajemen Pendidikan Komponen-komponen Elementer Kemajuan Sekolah. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media.
. 2018. Manajemen Pendidikan Komponen-komponen Elementer Kemajuan Sekolah. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media.
Kunandar. 2007. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Mangkunegara, A. A. A. P. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Musfah, Jejen. 2015. Peningkatan Kompetensi guru: Melalui Pelatihan dan Sumber Belajar Teori dan Praktik. Bogor: Kencana Prenada Media Group.
Mulyadi. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: In Media.
Mulyasa, 2013. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, 2013. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung:; Remaja Rosdakarya.
Munandar, A. S. 2014. Psikologi Industri dan Organisasi. Jakarta: Universitas Indonesia.
Munandar, A. S. 2014. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Universitas Indonesia.
Poerwadarminta. 2011. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.
Purwanto Ngalim. 2016. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 101 Tahun 2000 tentang Pendidikan dan Pelatihan Jabatan Pegawai Negeri Sipil.
Priansa, D. J. 2018. Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jogjakarta: Alfabeta.
Purwanto Ngalim. 2016. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Purwanto Ngalim. 2016. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya