PENGARUH IKLIM SEKOLAH DAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SD NEGERI DI KECAMATAN BANCAK KABUPATEN SEMARANG

  • PRASETYO UTOMO UNIVERSITAS PGRI SEMARANG
Keywords: Iklim sekolah, supervisi, kinerja

Abstract

Prasetyo Utomo. 2020. “Pengaruh Iklim Sekolah dan Supervisi Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru SD Negeri di Kecamatan Bancak Kabupaten Semarang”. Tesis. Pembimbing: (1) Dr. Ngasbun Egar, M.Pd (2) Dr. Ngurah ayu Nyoman Murniati, M.Pd.

 

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh iklim sekolah terhadap kinerja guru; (2) mengetahui  pengaruh supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru; dan (3) mengetahui pengaruh iklim sekolah dan supervisi kepala sekolah secara bersama-sama terhadap kinerja guru SD Negeri di Kecamatan Bancak Kabupaten Semarang.

Populasi penelitian ini adalah seluruh guru SD Negeri di Kecamatan Bancak Kabupaten Semarang yang berjumlah 139 orang, sampel sebanyak 103 guru yang ditetapkan dengan teknik proportional random sampling. Analisa data yang digunakan adalah analisis diskriptif, uji prasyarat, analisis regresi tunggal dan analisis regresi ganda yang dihitung menggunakan program SPSS for Windows versi 17.

Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat pengaruh yang signifikan iklim sekolah terhadap kinerja guru yang dinyatakan dalam persamaan Ŷ = 45,019 + 0,517X1, kekuatan korelasi sebesar 0,619 dengan pengaruh sebesar 0,383 atau 38,3%; (2) terdapat pengaruh yang signifikan supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru yang dinyatakan dalam persamaan Ŷ = 55,856 + 0,466X2, kekuatan korelasi sebesar 0,610 dengan pengaruh sebesar 0,372 atau 37,2%; serta (3) terdapat pengaruh yang signifikan iklim sekolah dan supervisi kepala sekolah secara bersama-sama terhadap kinerja guru yang dinyatakan dalam persamaan Ŷ = 40,805 + 0,311X1 + 0,258X2, kekuatan korelasi sebesar 0,661 dan kontribusi sebesar 0,437 atau 43,7%.

Berdasarkan temuan hasil temuan tersebut disarankan: (1) guru menggunakan media dan sumber belajar yang inovatif,  (2) pemberian kompensasi dan reward, promosi dan karier terhadap guru;(3) pelaksanaan supervisi yang berkesinambungan.

 

Kata Kunci. Iklim sekolah, supervisi, dan kinerja.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Ahmadiansah, Reza. 2014. “Pengaruh Motivasi kerja dan Kepuasan kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah Salatiga”. Tesis. Salatiga: PPs MP UKSW Salatiga.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. ed. revisi cet-7. Jakarta: Rineka Cipta.
---------, Suharsimi. (2004). Dasar-Dasar Supervisi. Jakarta: PT Reneka Cipta.
Daryanto. 2015. Pengelolaan budaya dan iklim sekolah. Yogyakarta. Gava Media.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2010. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rinika Cipta
Fahmi, Irham. 2011. Manajemen Kepemimpinan: Teori dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta
Fattah, Hussein.2014. Perilaku Kepemimpinan dan Kinerja Pegawai. Jakarta: Elmatera
Hadiyanto. 2016. Teori dan pengembangan iklim kelas dan iklim Sekolah. Jakarta: Kencana.
Hoy, wayne K dan Cecil G. Miskel. 2014. Administrasi Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Kaswan. 2017. Psikologi Industri dan Organisasi. Bandung: Alfa Beta

Machali & Hidayat. 2016. The Hand Book of Education Management. Jakarta: Prenada Media.
Mataputun, Yulius. 2018. Kepemimpinan kepala Sekolah. Ponorogo: Uwis Inspirasi Indonesia.
Moeheriono. 2012. Indikator Kinerja Utama. Jakarta: Rajawali Pers
Muhammad, Arni. 2005. Komunikasi Organisasi. Jakarta: Bumi Aksara
Mukhtar dan Iskandar. 2009. Orientasi Baru Supervisi Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada.
Kusdi. 2011. Budaya Organisasi. Jakarta: Salemba Empat
Ngalimun. 2017. Kapita Selekta Pendidikan. Yogyakarta: Parama Ilmu
Pasolong, Harbani. 2010. Kepemimpinan Birokrasi. Bandung: Alfa Beta.
Pidarta, Made (2009). Pemikiran tentang Supervisi Pendidikan, Jakarta Bumi Aksara
Prasojo, L.D. dan Sudiyono. 2011. Supervisi Pendidikan. Yogyakarta: Gava Media.
Priansa, Donny juni. 2017. Manajemen Kinerja kepegawaian. Bandung: CV pustaka Setia.
Purwanto, M. Ngalim, 2005. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sagala, Syaiful. 2009. Budaya dan Iklim Sekolah. Bandung: alfa Beta.
Siswanto, Adhi. 2007. Pengaruh Pendidikan dan Latihan Kompetensi Kepala Sekolah dan Iklim Sekolah terhadap Mutu Sekolah di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Winong Kabupaten Pati. Tesis. Program Studi Manajemen Pendidikan Program Pasca Sarjana Universitas PGRI Semarang.
Soemowidjojo. 2015. Panduan Praktis Menyususn KPI. Bandung: Raih Asa Sukses
Sudaryono, Suryo Guritno dan Untung Rahardjo. 2011. IT Research. Yogyakarta: C.V Andi Offset
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta.
------------. 2012. Metode penelitian Kombinasi(mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Suhardan, Dadang. 2010. Supervisi Profesional (Layanan dalam Meningkatkan Mutu Pengajaran di Era Otonomi Daerah). Bandung: Alfabeta.
Suharsaputra. 2018. Supervisi Pendidikan Pendekatan Sistem Berbasis Kerja. Bandung: Refika Aditama.
Sukandarrumidi. 2012. Metodologi Penelitian: Petunjuk Praktis untuk Penelitian Semula.Yogyakarta. Gadjah Mada University Press
Sumar, Warni Tune. 2018. Strategi Pemimpin dalam Penguatan Sekolah Berbasis Budaya Kearifan Lokal. Yogyakarta: CV Budi Uama.
Sumardi. 2016. Pengembangan Profesionalisme Guru Berbasis MGMP. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Supardi. 2019. Kinerja Guru. Jakarta: Rajagrafindo Permata.
Suryadi dan Mushlih. 2018. Supervisi Pendidikan Teori dan Praktik. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Syaiful, Sagala. 2012. Supervisi Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.
Trijati, Wijonarko. 2016. “Hubungan Motivasi kerja Guru dan Kepuasan Kerja Guru Dengan Kinerja Guru SMA Negeri Kabupaten Temanggung”. Tesis. Salatiga: PPs UKSW Salatiga.

Tika, Pabundu. 2005. Budaya Organisasi dan Peningkatan Kinerja Perusahaan. Jakarta: PT Bumi Aksara
Umar, Husein. 2003. Metode Reset Perilaku Organisasi. Jakarta: PT Gramedia
Undang-Undang Republik Indonesia No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.
Uno, Hamzah dan Nina Lamatenggo. B. 2012. Teori kinerja dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Widodo, Suparno Eko. 2014. Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Pustaka Pelajar
Widoyoko, S. Eko Putro. 2015. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Wirawan. 2009. Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Jakarta: Salemba Empat.
Published
2023-05-21
How to Cite
PRASETYO UTOMO. (2023). PENGARUH IKLIM SEKOLAH DAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SD NEGERI DI KECAMATAN BANCAK KABUPATEN SEMARANG. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 1284 - 1294. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.762