PENGARUH KEPEMIMPINAN EFEKTIF KEPALA SEKOLAH DAN IKLIM SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SD NEGERI DI KECAMATAN SURUH KABUPATEN SEMARANG
Abstract
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh kepemimpinan efektif kepala sekolah terhadap kinerja guru, pengaruh iklim sekolah terhadap kinerja guru, dan pengaruh bersama/simultan kepemimpinan efektif kepala sekolah dan iklim sekolah terhadap kinerja guru di SD Negeri di Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang.
Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik kuesioner atau angket. Populasi penelitian adalah guru-guru di Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Suruh, Kabupaten Semarang dengan metode pengambilan sampel acak, yaitu 167 sampel dari populasi 276 guru, Teknik analisis data Statistical Program for Social Science (SPSS) versi 24 meliputi analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji persyaratan dan uji hipotesis yang meliputi analisis regresi linear sederhana dan analisis regresi ganda
Hasil penelitian menunjukkan (1) Hasil uji regresi sederhana variabel X1 terhadap Y diperoleh nilai korelasi (r) = 0,710, berarti korelasi kuat, dengan Adjusted R2 = 0,501 artinya besarnya pengaruh kepemimpinan efektif kepala sekolah terhadap kinerja sebesar 50,01%. (2) Hasil uji regresi sederhana variabel X2 terhadap Y diperoleh nilai korelasi (r) = 0,676, berarti korelasi kuat, dengan Adjusted R2 = 0,454 artinya besarnya pengaruh Iklim sekolah terhadap kinerja guru sebesar 45,40%. (3) Hasil uji regresi ganda diperoleh nilai korelasi (r) = 0,732 dan nilai Adjusted R2 = 0,530, artinya besarnya pengaruh variabel X1 dan X2 terhadap Y sebesar 53%. Persamaan regresi variabel X1 dan X2 terhadap Y adalah Ŷ= 31,837 + 0,355 X1 + 0,178 X2. Simpulan penelitian terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kepemimpinan efektif kepala sekolah dan Iklim sekolah secara simultan terhadap kinerja guru.
Metrics
References
Arikunto, 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara
Engkoswara dan Aan Komariah, 2010,Administrasi Pendidikan, Bandung, Alfabeta, hal. 178
Hoy Wayne K dan Cecil G.Miskel.2014. Administrasi Pendidikan Teori, Riset, dan Praktik. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Thoha, Miftah. 2004. Perilaku Organisasi Konsep Dasar dan aplikasinya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Mangkunegara, A.A. Anwar Prabu. 2005. Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Manulang, M. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Bumi Aksara.
Mulyasa. 2007. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Mulyasa, 2009, Menjadi Guru Profesional, Bandung : Remaja Rosdakarya
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
Rahman, dkk. 2006. Peran Strategis Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu
Pendidikan. Sumedang: Alqaprint Jatinangor.
Rossow, W.B., A.D. Del Genio, and
T. Eichler, Cloud-tracked winds
from Pioneer Venus OCPP
images. J. Atmos. Sci., 47,
2053-2084, doi:10.1175/1520-
Sarwono, J. (2006). Metode Penelitan Kuntitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Saud, Udin, Syaefudin. 2010. Inovasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Sanjaya,Wina. Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. (Jakarta: Prenada Media, 2005), h. 13-14
Selznick, P. 1957. Leadership in Administration: A Sociological Interpretation. New York: Row, Petersson and Company.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukandarrumidi. 2012. Metodologi Penelitian: Petunjuk Praktis untuk Penelitian Semula.Yogyakarta. Gadjah Mada University Press
Supardi. 2019. Kinerja Guru. Jakarta: Rajagrafindo Permata.
Usman. 2008. Manajemen, Teori, Praktek dan Riset Pendidikan. Jakarta
Wahjosumidjo. 2002. Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoritis dan Permasalahannya. Jakarta: Raja Grafika
Yamin, Martinis dan Maisah. 2010. Standarisasi Kinerja Guru. Jakarta: press.
Yukl, G. 2006. Leadership in Organizations (6th ed.). Upper Saddle River New Jersey: Pearson Education, Inc.