IMPLEMENTASI SEKOLAH RAMAH ANAK DI SEKOLAH DASAR NEGERI GUNTUR 1 KECAMATAN GUNTUR KABUPATEN DEMAK

  • Sri Dhesy Ekowati UNIVERSITAS PGRI SEMARANG
Keywords: Implementasi, Sekolah Ramah Anak

Abstract

Dhesy Ekowati. 2023. “Implementasi Sekolah Ramah Anak di Sekolah Dasar Negeri Guntur 1 Kecamatan Guntur Kabupaten Demak”. Tesis. Pembimbing: (1) Dr. Ngasbun Egar, S.Pd.,M.Pd; (2) Dr. Yuliejantingsih, M.Pd.

            Permasalahan dalam penelitian di SD Negeri Guntur 1 Kecamatan Guntur Kabupaten Demak adalah (1) pelaksanaan kurikulum sekolah ramah anak, (2) pendidik dan tenaga kependidikan terlatih hak-hak anak dalam pelaksanaan sekolah ramah anak, (3) sarana dan prasarana yang mendukung program sekolah ramah anak, (4) partisipasi orang tua dalam program sekolah ramah anak.

            Tujuan dari penelitian yang dilaksanakan di SD Negeri Guntur 1 Kecamatan Guntur Kabupaten Demak ini adalah (1) untuk mengetahui dan mendeskripsikan pelaksanaan kurikulum terkait pelaksanaan sekolah ramah, (2) mengetahui dan mendeskripsikan mengenai pendidik dan tenaga kependidikan terlatih hak-hak anak dalam pelaksanaan sekolah ramah anak, (3) untuk mengetahui dan mendeskripsikan mengenai sarana dan prasarana yang mendukung program sekolah ramah anak, (4) untuk mengetahui dan mendeskripsikan mengenai partisipasi orang tua siswa terkait dengan program sekolah ramah anak.

            Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Peneliti sebagai instrument atau alat penelitian. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan instrument penelitian, data penelitian, dan hasil penelitian.

            Hasil penelitian yaitu (1) kurikulum yang digunakan adalah kurikulum 2013, tidak ada kurikulum khusus tentang sekolah ramah anak, materi diintegrasikan dalam pembelajaran program adiwiyata di semua mata pelajaran, (2) pendidik dan tenaga kependidikan terlatih hak-hak anak dengan mengadakan sosialisasi terkait konvensi hak-hak anak yang dilaksanakan bersama sosialisasi sekolah ramah anak, (3) sarana dan prasarana yang mendukung program sekolah ramah anak di sekolah rintisan sekolah ramah anak sudah memenuhi standard sekolah ramah anak, sarana penunjang akademik dan nonakademik memberikan kenyamanan, keamanan, partisipasif, dan memadai, (4) partisipasi orang tua dalam program sekolah ramah anak, meningkatkan kemampuan akademik dan membantu menurunkan kekerasan dan menelantarkan anak, pengembangan keterampilan anak, mengurangi penyalahgunaan zat aditif, dan pengadaan gizi sehat.

            Berdasarkan temuan, dapat direkomendasikan, (1) dikembangkan kebijakan maupun kegiatan yang mendukung program sekolah ramah anak, (2) perlu pendampingan dan pelatihan dari seluruh stakeholder sekolah secara terus menerus.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Percontohan di SD Negeri Pekunden 01 Kota Semarang sebagai Upaya untuk Mendukung Program Kota Layak Anak (KLA)”. Universitas Diponegoro.
Farida Rahmawati. Manajemen Program Sekolah Ramah Anak dalam Meningkatkan Pendidikan Karakter Siswa Madrasah Aliyah. ISBN: 978‐602‐53231‐3‐3. Magister Manajemen Pendidikan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.
Hasibuan, Malayu S. P. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.
Haq, M.I. Quo Vadis. Partisipasi Masyarakat dalam5 Kebijakan Kabupaten Layak Anak (KLA) Sleman. Jurnal Aplikasi Ilmu-ilmu Agama. 16 (2): 86.
Husaini. Usman, 2011. Manajemen. Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. Bumi Aksara. Jakarta. Hasibuan, Malayu S. P. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.
Intruksi Presiden No. 5. 2019. Tentang Gerakan Nasional Anti Kejahatan Seksual terhadap Anak.

JPMI: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Volume 1 Nomer 3 Juli 2019. Jurnal Administrasi Pendidikan 27 (1) (2020) 170-183.
Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. 2015, Panduan /sdfg hhl;Sekolah Ramah Anak. Jakarta. Deputi Tumbuh Kembang Anak.

Khasanah. 2020. “Implementasi Program Sekolah Ramah Anak di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jombang” Univeritas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malan.

Kristanto, Khasanah, I., dan Karmila, M. “Identitas Model Sekolah Ramah Anak (SRA) Jenjang Satuan Pendidikan Anak Usia Dini se-Kecamatan Semarang Selatan”, Jurnal Penelitian PAUDIA, Volume 1 no 1. 2011.

Moleong, Lexy J. 2017. Metode Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung.
Milles and Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif. Jakarta : Universitas Indonesia Remaja Rosdakarya.

Peraturan Bupati Demak Nomor 09 Tahun 2014 Tentang RAD-KLA, Kabupaten Demak.
Peraturan Bupati Demak Nomor 8. 2018. Tentang Kabupaten Layak Anak.
Peraturan Menteri Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak No.8 Tahun 2016. Perlindungan Anak.

Radarkudus.jawapos.com/pendidikan/17/01/2022/pentingnya-mewujudkan-
sekolah-ramah-anak-s

Ratnasari Diah Utami (Tesis: 2017) Implementasi Penerapan Sekolah Ramah Anak Pada Penyelenggaraan Pendidikan Sekolah Dasar.Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Syafi’, A. “Upaya Kepala Sekolah dalam Mewujudkan Sekolah Ramah Anak di SDIT Nur Hidayah Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017”. Skripsi. Surakarta: IAIN Surakarta.2017.
Utari, R.E. “Implementasi Program Sekolah Ramah Anak di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tempuran Kabupaten Magelang”. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Yogyakarta.2016.
Utami, R.D., Saputri, M.K.D., dan Kartikasari, F.N. “Implementasi PenerapanSekolah Ramah Anak pada Penyelenggaraan Pendidikan
Sekolah Dasar,” 18 Februari 2017.

Undang-undang No. 12. 2017. Tentang Pengesahan ASEAN Convention
Against.

Sukma. 2019. Implementasi Pendidikan Ramah Anak Madrasah di MI Tarbiyatul Ulum Batu Malang.JPMI: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Volume 1 Nomor 3 Juli 2019. ISSN: 5122-3584.
Kurniawan (2020) Implementasi Program Sekolah Ramah Anak Pada Sekolah Menengah Atas, Program Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia, Jurnal Administrasi Pendidikan 27 (1) (2020) 170-183.
Peraturan Pemerintah No. 78. 2021. Tentang Perlindungan Khusus bagi Anak.
Published
2023-05-21
How to Cite
Sri Dhesy Ekowati. (2023). IMPLEMENTASI SEKOLAH RAMAH ANAK DI SEKOLAH DASAR NEGERI GUNTUR 1 KECAMATAN GUNTUR KABUPATEN DEMAK. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 1319 - 1325. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.758