PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA TEMA 9 SUBTEMA 3
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar pada tema 9 subtema 3 menggunakan media gambar berseri dan media video animasi pada peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri Cibening 01 Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor. Jenis penelitian ini adalah eksperimen kuasi. Populasinya terdiri dari kelas V-A dan V-B yang terdiri dari 77 orang. Penelitian dilakukan sebanyak tiga kali pertemuan di setiap kelompok kelasnya. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Data penelitian dikumpulkan menggunakan tes kelampuan awal (pretest) dan tes kemampuan akhir (posttest). Analisis data yang dilakukan dengan uji n-gain, uji normalitas, dan uji homogenitas sebagai uji prasyarat sebelum melakukan uji hipotesis (uji t). hasil analisis data diperoleh t-hitung (2,155) > t-tabel (1,992) untuk signifikansi 5%. Berdasarkan kriteria pengujian, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar..
Metrics
References
Binomial, 1(1), 35–49.
Gatot, Wahyu. 2016. Penilaian dan Evaluasi Proses dan Hasil Belajar. Direktorat Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan
Ikrimah. 2020. Analisis Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Sekolah Dasar. 29–38
Isrok’atun & Rosmala.A. 2018. Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta: Bumi Aksara. Jusmawati, dkk. 2021. Model – Model Pembelajaran Inovatif Di Sekolah Dasar. Yogyakarta:
Samudra Biru
Nurdyansyah dan Fahyuni, Eni Fariyatul. 2016. Inovasi Model Pembelajaran. Sidoarjo: Nizamial Learning Center
Putri, K.D.Y. 2016. Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan. Bandung: Unpas
Ramdoni, A. 2017. Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa
Sadapotto, Andi. Hanafi. M., & Usman 2021. Evaluasi Hasil Belajar. Bandung: Media Sains Indonesia
Saputra, H. D., Ismet, F., & Andrizal, A. 2018. Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 18(1), 25–30.
Setiawan, Edi, dkk. 2020. Model-Model Pembelajaran Dalam Pendidikan Jasmani. Bandung: Alfabeta
Supardi. 2015. Penilaian Autentik. Jakarta: Rajawali Pers
Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Perpustaka Belajar
Susanti, P. D. A. 2018. Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Pada Siswa Kelas V SDN Purwasari III Kabupaten Karawang. Prosiding Seminar Dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar, 495–500.
Syamsidah & Suryani.H. 2018. Buku Model Problem Based Learning (PBL) Mata Kuliah Pengetahuan Bahan Makanan. Yogyakarta: Budi Utama.
Tampubolon, Rina. Sumarni, Woro. Utomo, U. 2021. Pengaruh Pembelajaran Daring dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3125– 3133.