PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI TEKS EKSPLANASI KELAS V SDN 2 POLISI
Abstract
Hasil belajar di SDN Polisi 2 Bogor masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang yang rendah, dan pembelajaran yang masih konvensional, sehingga mengakibatkan peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah menggunakan model pembelajaran Project Based Learning untuk meningkatkan hasilbelajar peserta didik kelas V SDN Polisi 2 Bogor semester II Tahun ajaran 2022/2023. PTK ini terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdapat empat tahap yaituperencanaan, pelakasanaan, observasi, dan refleksi. Penellitian ini melibatkan 30 peserta didik sebagai partisipan. Alat pengumpulan data berupa tes, observasi, dandokumentasi. Berdasarkan temuan penelitian penelitian, Model Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik, hasil belajar pada siklus I 40% dan meningkat pada siklus II 86.7%.
Metrics
References
Mudjiono, D. D. (2009). Belajar Dan Pembalajaran. Jakarta: Rineka Cipta .
Mulyadi. (2010). Evaluasi Pendidikan Pengembangan Model Evaluasi Pendidikan Agama Di Sekolah. Lampung: UIN-Maliki Press,.
Nurfitriyanti. (2016). Model Pembelajaran Project Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 6(2), 1.
Sundari, L. N. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Game Ular Tangga Digital . Jurnal Basicedu Volume 4 Nomor 3 Tahun , 716 - 724.