PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI TEKS EKSPLANASI KELAS V SDN 2 POLISI

  • Annisa Fitri Khaerani PPG Prajabatan Universitas Pakuan
  • Riksa Suci Imaniah PGSD Universitas Pakuan
  • Elly Sukmanasa3 SDN Polisi 2 Bogor
Keywords: Hasil Belajar, Project Based Learning, Siklus

Abstract

Hasil belajar di SDN Polisi 2 Bogor masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang yang rendah, dan pembelajaran yang masih konvensional, sehingga mengakibatkan peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah menggunakan model pembelajaran Project Based Learning untuk meningkatkan hasilbelajar peserta didik kelas V SDN Polisi 2 Bogor semester II Tahun ajaran 2022/2023. PTK ini terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdapat empat tahap yaituperencanaan, pelakasanaan, observasi, dan refleksi. Penellitian ini melibatkan 30 peserta didik sebagai partisipan. Alat pengumpulan data berupa tes, observasi, dandokumentasi. Berdasarkan temuan penelitian penelitian, Model Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik, hasil belajar pada siklus I 40% dan meningkat pada siklus II 86.7%.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Hamalik, O. (2007). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara. Model Pembelajaran Project Based Learning, Tujuan, Sintak dan Contohnya. (2021, Oktober). Diambil kembali dari https://www.quipper.com/id/blog/i nfo-guru/project-based-learning/
Mudjiono, D. D. (2009). Belajar Dan Pembalajaran. Jakarta: Rineka Cipta .
Mulyadi. (2010). Evaluasi Pendidikan Pengembangan Model Evaluasi Pendidikan Agama Di Sekolah. Lampung: UIN-Maliki Press,.
Nurfitriyanti. (2016). Model Pembelajaran Project Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 6(2), 1.
Sundari, L. N. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Game Ular Tangga Digital . Jurnal Basicedu Volume 4 Nomor 3 Tahun , 716 - 724.
Published
2023-05-21
How to Cite
Fitri Khaerani, A., Suci Imaniah, R., & Sukmanasa3E. (2023). PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI TEKS EKSPLANASI KELAS V SDN 2 POLISI. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 1178 - 1186. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.756