PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING.

  • Erdi Pebrian Hardiansyah PPG Universitas Pakuan
  • Elly Sukmanasa PGSD Universitas Pakuan
  • Riksa Suci Imaniah SDN Polisi 2 Bogor
Keywords: Hasil Belajar, Project Based Learning, Siklus

Abstract

Hasil belajar di SDN Polisi 2 Bogor masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang yang rendah, dan pembelajaran yang masih konvensional, sehingga mengakibatkan peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas 5 SDN Polisi 2 Bogor semester II Tahun ajaran 2022/2023. PTK ini terdiri dari dua siklus dan setiap sikls terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelakasanaan, observasi, dan refleksi. Penellitian ini melibatkan 30 peserta didik sebagai partisipan. Alat pengumpulan data berupa tes, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan temuan penelitian penelitian, Model PjBL dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik, hasil belajar mengalami kenaikan yang lebih baik dari sebelum Tindakan hanya 56% murid yang tuntas. Namun setelah tindakan terjadi kenaikan hasil belajar pada siklus I 73% dan meningkat pada siklus II 86%.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Arikunto, Suharsimi. Suhardjono. Supardi. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Abdi Rizka.2016 .Skripsi.Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Kelas 5 Sd.UIN Sunan Kalijaga.
Bayu G, Stefanus C, Agustina T “Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Dan Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Kelas V SD”, JTIEE, Vol 2 No 1, 2 May 2018
Hafizhah Lukitasari.2015.Skripsi. Penerapan Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan Mind Map Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Siswa Kelas Iv SDN 01 Pekalongan Kecamatan Bojongsari Kabupaten Purbalingga. UIN Sunan Kalijaga.
Indra S, Agus P, Nurratri K “Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar”, Jurnal DIKDAS BANTARA, Volume 2, Nomor 2 Agustus 2019, hal.81
Mahanal. 2009. Pembelajaran. Gava Media. Model-model Yogyakarta:
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Guruan Guruan Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi. Suhardjono. Supardi. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Alfabeta.
Syaiful B, Arwan Z, “Strategi Belajar Mengajar”, Jakarta:Rineka Cipta, 2002, Hlm 120
Published
2023-05-19
How to Cite
Pebrian Hardiansyah, E., Sukmanasa, E., & Suci Imaniah, R. (2023). PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 884 - 892. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i1.751