ANALISIS PERANAN WALI KELAS DALAM PENDAMPINGAN BIMBINGAN DAN KONSELING SERTA DAMPAKNYA TERHADAP PENANGANAN SISWA BERMASALAH

  • Ade Chita Putri Harahap UIN Sumatera Utara
  • Ella Salsabilla Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Sri Rahayu Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Natasya Husna Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Zahrani Ramadhita Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • M.Farhan Syahreza Ginting Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Keywords: Kata kunci: Peran Wali Kelas, Bimbingan dan Konseling, Siswa Bermasalah.

Abstract

Wali kelas dapat menjadi relasi utama konselor dalam menghadapi siswa bermasalah, karena wali kelas memiliki tanggung jawab penuh dalam menangani permasalahan siswa di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjawab pertanyaan penelitian, peran wali kelas dalam penyelenggaraan bimbingan dan konseling di sekolah dan dampaknya terhadap siswa bermasalah di kelas binaan. Kajian ini dapat menghasilkan model dan program pendidikan berbasis siswa bermasalah. Desain penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pendekatan yang digunakan adalah studi kasus deskriptif, dengan key informan dalam penelitian ini adalah wali kelas MAS AL ULUM Medan Tanah Datar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran wali kelas dalam penyelenggaraan bimbingan dan konseling masih lemah. Hal ini disebabkan: (1) kurangnya pemahaman tentang bimbingan dan konseling wali kelas, (2) kurangnya komunikasi fungsional antara konselor dan wali kelas, (3) kurangnya layanan publik bimbingan dan konseling, 4) tidak ada upaya pembinaan insentif dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru bimbingan konseling, (5) tidak ada waktu kelas yang diberikan kepada pembimbing, dan (6) adanya referensi buku peraturan di sekolah sebagai acuan standar dalam menghadapi siswa bermasalah. Konsekuensinya, penanganan siswa bermasalah di sekolah cenderung menggunakan pendekatan disiplin dalam upaya yang diringankan. Kata kunci: Peran Wali Kelas, Bimbingan dan Konseling, Siswa Bermasalah

Metrics

Metrics Loading ...

References

Depdiknas, 2004. Pedoman Khusus Bimbingan dan Konseling di SMA. Jakarta:

Yin. Robert K. 2008. Studi Kasus; Desain dan Metode. Terjemahan oleh M. Djauzi Mudzakir. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Depdiknas. Yusuf. A. Muri. 2013. Metode Penelitian;
Glading, Samuel T. 2012. Konseling Profesi yang
Menyeluruh. Terjemahan oleh Winarno Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian
Gabungan. Padang: UNP Press.
dan Lilian Yuhono. Jakarta: PT. Indeks. Yusuf. A. Muri. 2011. Asesmen dan Evaluasi
Emzir. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif; Pendidikan:Pilar Penyedia Informasi dan

Analisis Data. Jakarta: Rajawali Press.
Moleong. Lexy J. 1998. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Natawidjaja. Rochman 1988. Peranan Guru dalam Bimbingan di Sekolah. Bandung: Abardin.
Nurihsan. A. Juntika. 2007. Bimbingan dan Konseling Dalam Berbagai Latar Kehidupan. Bandung: Refika Aditama
Prayitno. 2010. Modul Kedua Pendidikan Profesi Pendidik: Pendidik Profesional, Padang: UNP Press.
---------. 2010. Modul Ketiga Pendidikan Profesi Pendidik: Aktivasi Energi Pembelajaran, Padang: UNP Press.
---------. 2012. Seri Panduan Layanan dan Kegiatan Pendukung Konseling. Padang. UNP Press.
Published
2023-05-18
How to Cite
Chita Putri Harahap, A., Salsabilla, E., Rahayu, S., Husna, N., Ramadhita, Z., & Syahreza Ginting, M. (2023). ANALISIS PERANAN WALI KELAS DALAM PENDAMPINGAN BIMBINGAN DAN KONSELING SERTA DAMPAKNYA TERHADAP PENANGANAN SISWA BERMASALAH. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 868 - 882. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i1.681