PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV PADA TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU
Abstract
ABSTRACT
This study aims to improve cognitive learning outcomes of students in class IV SDN Layungsari 2 Bogor City by applying the Problem Based Learning (PBL) learning model. The research conducted was Collaborative Classroom Action Research (Collaborative PTK). This research was carried out in 2 (two) cycles and in 4 (four) stages, namely planning, implementing, observing and reflecting in each implementation of the cycle. In cycle 1, the complete learning outcomes achieved by students were 72% in the sufficient category (C) and there was an increase in cycle 2, namely the results obtained were 92% in the very good category (A). Based on this, it can be concluded that research conducted using the application of the Problem Based Learning (PBL) learning model can improve student learning outcomes in class IV SDN Layungsari 2 Bogor City on the Theme Where I Live.
Keywords: Problem Based Learning (PBL), Learning Outcomes, the theme of the area where I live
ABSTRAK
Penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik di kelas IV SDN Layungsari 2 Kota Bogor dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian yang dilakukan yaitu Peneitian Tindakan Kelas Kolaboratif (PTK Kolaboratif). Penelitian ini dilksanakan dalam 2 (dua) siklus serta dalam 4 (empat) tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refeksi dalam setiap pelaksanaan siklusnya. Pada siklus 1, ketuntasan hasil belajar yang dicapai peserta didik yaitu sebesar 72% dengan kategori cukup (C) dan terjadi peningkatan pada siklus 2 yaitu hasil yang diperoleh sebesar 92% dengan kategori sangat baik (A). Berdasarkan hal tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa penelitian yang dilakukan dengan menggunakan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) ini dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas IV SDN Layungsari 2 Kota Bogor pada Tema Daerah Tempat Tinggalku.
Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar, Tema Daerah Tempat Tinggalku
Metrics
References
Lisda, C. (2020). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MTS MUHAMMADIYAH 15 MEDAN. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: JPPP, 1(2). https://doi.org/10.30596/jppp.v1i2.5293
Rahmawati, A. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Keragaman Budaya Melalui Model Problem Based Learning di SDN Prawit 1 Surakarta. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(1). https://doi.org/10.20961/jkc.v9i1.53788
Suwaib, S., Riyanto, Y., & Subroto, W. T. (2020). PENERAPAN MODEL PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 002 SEBATIK UTARA KABUPATEN NUNUKAN. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(2). https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n2.p163-173
Zainal, N. F. (2022). Problem Based Learning pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(3). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2650