KEMITRAAN PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN INKLUSIF DALAM MEWUJUDKAN SEKOLAH RAMAH DISABILITAS

  • Suharyanto Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Rahmat Mulyono Universitas Taman Siswa Yogyakarta
Keywords: Pola Kemitraan, Pendidikan inklusi, Sekolah Menengah Atas.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pola Kemitraan pendidikan inklusi di SMA Negeri 1 Sentolo Kabupaten Kulon Progo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dari penelitian ini dipilih secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data meliputi: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah komite sekolah, kepala sekolah, guru pendamping anak berkebutuhan khusus, anak berkebutuhan khusus, dan orang tua anak berkebutuhan khusus. Tekhnik analisis data menggunakan data collection, data reduction, data display, dan verifying. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pola Kemitraan Penyelenggaraan pendidikan inklusi di SMA N 1 Sentolo Kabupaten Kulon Progo mampu mengakomodir kebutuhan siswa berkebutuhan Khusus. Hal ini dibuktikan dengan verifikasi data dengan rubrik penilaian data, bahwa dari hasil observasi, wawancara, serta dokumentasi menunjukkan bahwa Pola Kemitraan Penyelenggaraan pendidikan inklusi di SMA N Sentolo Kabupaten Kulon Progo sangat mendukung dalam memberikan layanan pendidikan pada peserta didik disabilitas. SMA N 1 Sentolo bermitra dengan Sekolah Luar Biasa terdekat, Puskesmas Sentolo, Pusat Layanan Autis Sentolo, RS Nyi Ageng Serang Sentolo dan Pusat Keberbakatan Dinas Dikpora DIY

Metrics

Metrics Loading ...

References

Undang-undang nomor. 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional

Undang-undang nomor.35 tahun 2014 tentang perlindungan anak

Undang-undang nomo 8 tahun 2018 tentang Hak Hak Penyandang Disabilitas

Peraturan Pemerintah Nomor 32 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah
Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Pendidikan Nasional

Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2020 tentang Akomodasi Yang Layak
untuk Peserta Didik Penyandang Disabilitas

Permendiknas nomor 70 tahun2009 tentang Pendidikan Inklusi bagi peserta didik
yang memiliki kelainan dan memiliki potensi kecerdasan dan/atau bakat istimewa.

Pedoman umum Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif, Direktorat PKLK, Pendidikan Dasar Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 2011

Panduan Pelaksanaan Pendidikan Inklusif, Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan
Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementrian Pendidikan,
Kebudayaan, Riset dan teknologi Jakarta 2021

Panduan Pelaksanaan Pendidikan Inklusif, Badan Standar, Kurikulum, dan
Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan
Teknologi Republik Indonesia, 2022.

Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif di SMA, Kementerian Pendidikan
Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak
Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Sekolah Menengah
Atas Tahun 2021

sistem pendataan PKLK dinas Dikpora DIY. https:dikpora.jogjaprov.go.id/pklk/home.php
https://ip.umy.ac.id › wp-content › uploads › 2019/04 https://core.ac,uk>download>pdf
http://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/melindungi-dan-menjamin-hak-hak-anak-penyandang-disabilitas
https://spa-pabk.kemenpppa.go.id/index.php/perlindungan-khusus/anak-penyandang-disabilitas
Published
2023-02-02
How to Cite
Suharyanto, & Mulyono, R. (2023). KEMITRAAN PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN INKLUSIF DALAM MEWUJUDKAN SEKOLAH RAMAH DISABILITAS. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 3159 - 3172. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.634