PENGARUH METODE DEMONSTRASI DENGAN ALAT PERAGA LIRIL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BILANGAN REAL
Abstract
Salah satu mata pelajaran yang paling penting diajarkan di sekolah dasar adalah matematika. Hasil belajar siswa tidak sesuai dengan KKM karena banyak siswa yang menganggap berhitung itu membosankan. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui keefektifan metode pembuktian lingkaran nyata dalam pembelajaran matematika menggunakan bilangan real; (2) menentukan hasil belajar metode ini; dan (3) menentukan pengaruh metode ini. Alat Peraga Kelas V Digunakan untuk Hasil Belajar MIS Islamiyah Mustafawiyah Tarbiyah Real Circle. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya penyajian alat peraga LIRIL (Real Circle) dan hasil belajar matematika Kelas V MIS Tarbiyah Islamiyah Mustafawiyah berbeda secara signifikan.
Metrics
References
Arikunto. (2012). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan . Jakarta: Rineka Cipta. Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo persada.
Djamarah , S.B. (2000). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta
Hadi, A. (2011). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Kartu Kotif (Koin Positif Negatif) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di MI Syamsul Huda Ciganjur Jakarta. Skripsi: Jakarta
Maufur, S. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Gambar Sketsa Terhadap Hasil Belajar Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas V MIN Kota Cirebon. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 3(2), 241-252
Muhsetyo, G., ddk. (2009). Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Universitas Terbuka Riduwan. (2010). Dasar-dasar statistika. Bandung : Alfabeta .
Russefendi. (2006). Dasar-dasar Matematika Modern. Bandung: Tarsito. Sugiyono. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta. Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan . Bandung : Alf