DAMPAK MODEL QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPS PESERTA DIDIK

  • Vani Qhairum Nisa Utami Universitas Negeri Padang
  • Firman Universitas Negeri Padang
  • Desyandri Universitas Negeri Padang
Keywords: Learning Outcomes, Thematic, Quantum Teaching Model

Abstract

This research is a quantitative study that aims to determine the impact of the Quantum Teaching learning model on student learning outcomes conducted at SD Negeri 09 Bandar Buat 2022/2023. The method used is descriptive method. The population of this study were all fourth grade students of SD Negeri 09 Bandar Buat consisting of one class with 30 students. The results showed that the Quantum Teaching model was in the good category with an average of 80.7, the correlation coefficient of 0.705 means (0.705) rhitung rtabel (0.361) then ha is accepted. Hypothesis testing shows thitung > ttabel namely 6.363 ≥ 1.697, thus stating that ha is accepted.

 

Metrics

Metrics Loading ...

References

Aris Shoimin. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.
Badar. 2015. Mendesain model Pembelajaran. Medan: Bumi Aksara.
Bobbi De Porter. 2014. Quantum Teaching Mempraktekkan Quantum Learning Di Ruang-Ruang Kelas. Bandung: Kaifa.
Ediyanto, E., Gistituati, N., Fitria, Y., & Zikri, A. (2020). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Materi Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 203-209.
Fathurrohman. 2015. Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: AR-RUZZ Media.
Fitria, Yanti, dkk. 2019. Pengaruh Pendekatan Realistic Matematics Educations dan Self Efficasy Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kerjasama Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas IV SD.
http://www.jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/27/26

Gaol, R. L., & Simarmata, E. J. 2019. Efektivitas Bahan Ajar Tematik Sekolah Dasar Berbasis Budaya Lokal Melalui Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Aktivitas Belajar Siswa. Guru Kita, 3(4), 342–348.
Hamalik. 2018. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara. Huda. 2017. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hidayani & Juliani (2014) Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Zat dan Wujud di Kelas VII Semester I SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan.Jurnal Inpafi(Volume 2 No 2)93
Isjoni. 2018. Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta: PT Pustaka Pelajar.
Istarani. 2015. Model pembelajaran inovatif. Medan: Media Persada.
Juliana. 2020. Pengaruh Pendekatan Saintifik dan Aktivitas Siswa terhadap Kemampuan Menulis Deskripsi Siswa di Kelas V SDS Gracia Sustain Medan. Jurnal Tunas Bangsa, 7(2), 295–309.
Karo, T. B., Anzelina, D., Sembiring, N., & Tanjung, D. S. 2021. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Spider Webbed pada Pembelajaran Tematik. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(4), 2108–2117.
Marta, F., Simorangkir, A., & Tanjung, D. S. 2019. Pendekatan Multiple Intelligences Berbasis Budaya. 7(4), 302–304.
Miaz, Y. (2012). Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS Dengan Menggunakan Metode Problem Solving di Sekolah Dasar. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 12(2), 87-89.
Nainggolan, M., Tanjung, D. S., & Simarmata, E. J. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran S AVI terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2617–2625.
Saragih, L. M., Tanjung, D. S., & Anzelina, D. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Open Ended t erhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tem atik. Jurnal Basicedu, 5(4), 2644–2652.
Simorangkir, F. M. A., & Tanjung, D.S. 2019. Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Tematik dengan Pendekatan Multiple Intelligencesberbasis Budaya Batak Angkola untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Education and Development, 7(4), 302–304.
Simorangkir, F. M. A., & Tanjung, D. S. 2019. Implementation of Multiple Intelligences Approach Based On Batak Angkola Culture in Learning Thematic For Class IV SD Negeri 100620 Pargarutan Julu South Tapanuli District. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 2(4), 547–551. https://doi.org/10.33258/birle.v2 i4.538
Ngalimun. 2017. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Pulungan, I. 2019. Ensiklopedi pendidikan. Medan: Media Persada. Reardon. 2019. Quantum Teaching. Bandung: Raja Grafindo Persada. Rusman. 2019. Model-model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sagala. 2018. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Shoimin. 2019. Model Pembelajaran. Depok: AR-RUZZ Media.
Slameto. 2016. Belajar dan Faktor- faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: RINEKA CIPTA.
Susanto. 2017. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.
Syaiful. 2018. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Tanjung, D. 2016. meningkatkan hasil belajar IPS siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe time gemes tournament (TGT) di kelas V SDN 200111 Padang sidempuan. IV.
Tarigan, E. B., Simarmata, E. J., Abi, A. R., & Tanjung, D. S. 2021. Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Problem Based Learning pada Pembelajaran Tematik. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(4), 2294–2304.
Wasliman. 2019. Belajar dan Faktor- faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rineka cipta.
Wena. 2016. Hasil Belajar dan Makna Pembelajaran. Jakarta: Media.
Published
2023-01-17
How to Cite
Qhairum Nisa Utami, V., Firman, & Desyandri. (2023). DAMPAK MODEL QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPS PESERTA DIDIK. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 2899 - 2907. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.602

Most read articles by the same author(s)