IMPLEMENTASI PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA MELALUI PROGRAM KEMUHAMMADIYAHAN/KEAISYIYAHAN DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL Vl MANGGALA KOTA MAKASSAR

  • Nur Alim Amri PGPAUD FKIP Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Reni Putri Pratiwi PGPAUD FKIP Universitas Muhammadiyah Makassar
Keywords: Projects to Strengthen the Profile of Pancasila students, Kemuhammadiyahan/ Keaisyiyahan.

Abstract

This study aims to find out how the implementation of the project to strengthen the Pancasila student profile through the Muhammadiyah/Keaisyiyahan program at TK Aisyiyah Bustanul Athfal VI Manggala, Makassar City. This research was carried out at Aisyiyah Bustanul Athfal V1 Manggala Kindergarten, Makassar City. The informants in this study were school principals and teachers in group B1 Aisyiyah Kindergarten Bustanul Athfal V1 Manggala Makassar City. The method of data collection in this study is qualitative data collection, namely observation, interviews, and documentation as well as data analysis techniques are descriptive qualitative. The results showed that the implementation of the project to strengthen the profile of Pancasila students through the Kemuhammadiyahan/keaisyiyahan program at TK Aisyiyah Bustanul Athfal VI Manggala Makassar City is in accordance with the dimensions of the Pancasila student profile, one of which is faith, piety to the One and Only God and has noble character which is carried out with habit. perform dhuha prayers, recite the Koran, and pray every day before starting learning or after the end of learning. So, after the implementation of the project to strengthen the profile of Pancasila students in Muhammadiyah/Aisyiyah activities, the implementation is still the same as before the project was implemented to strengthen the profile of Pancasila students.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).
Baidarus, B., Hamami, T., Suud, F. M., & Rahmatullah, A. S. 2020. Al-Islam dan kemuhammadiyahan sebagai basis pendidikan karakter. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 4(1), 71-91.
Diputera, A. M., Damanik, S. H., & Wahyuni, V. (2022). Evaluasi Kebijakan Pendidikan Karakter Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Prototipe untuk Pendidikan Anak Usia Dini. JURNAL BUNGA RAMPAI USIA EMAS, 8(1), 1-12.
Fadliati, F. 2012. Pola Berpikir Siswa Berdasarkan Teori Bruner pada Tahapan Simbolik terkait Materi Bangun Ruang Kelas VA MI Miftahul Huda Tawarejo Wonodadi Blitar.
Fadlillah, M., Kristiana, D., & Fadhli, M. (2020). Pendidikan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan pada Anak Usia Dini di Bustanul Athfal Aisyiyah Ponorogo. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 384-394.
Indikator Kurikulum 2013 PAUD Terintegrasi Dengan Al-Islam Kemuhammadiyahan/Ke’aisyiyahan: Yogyakarta
Latif, M., Zubaidah, R., & Afandi, M. 2014. Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini: Teori dan Aplikasi
Marlina,S., Pransiska, R.,& Qalbi, Z.2021.Analisis Kurikulum Pendidikan Islam Di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Padang.Obsesi:Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini,6(2),844-855.
Nazir, M. 1988. MetodePenelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Nurmala, A. 2018. PENGARUH PENGELOLAAN KELAS OLEH GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Survey Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas XI SMA Nasional Bandung) (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).
Nuryana, Z. 2017. Revitalisasi pendidikan al-Islam dan Kemuhammadiyahan pada perguruan muhammadiyah. Tamaddun: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Keagamaan, 18(1), 1-11.
Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. 2022. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Impelementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3613-3625.
Rahayu, Kis, dkk. 2015. Panduan Materi Pagi: Yogyakarta
Rahayu, Kis., Harianto A. Fauzi. 2014. Aku Cinta Muhammadiyah: Yogyakarta. Naila Media Belia
Rahmawati, D. K. 2022. Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Melalui Metode Demonstrasi Pada Anak Kelompok B Di RA Muslimat NU 113 Bajang Mlarak Ponorogo (Doctoral dissertation, IAIN PONOROGO).
Rohdinia, U. 2018. Pelaksanaan Pembelajaran Kemuhammadiyahan/Keaisyiyahan Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal 21 Rawamangun Jakarta Timur. Permata: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 133-139.
Soetjiningsih, C. H. 2018. Seri psikologsi perkembangan: perkembangan anak sejak pembuahan sampai dengan kanak-kanak akhir. Kencana.
Sugiyono. 2000. Statistika Dan Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sulistyati, D.M. 2021. Proyek Profil Pelajar Pancasila. Jakarta: Pusat Kurikulum Dan Pembukuan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Risat, Dan Teknologi
Suriani. 2021.Penerapan Nilai-nilai Karakter Al Islam Kemuhammadiyahan TK Aisyiyah Mamajang.Skripsi.Universitas Muhammadiyah Makassar.
Suryawati, E. A., & Akkas, M. 2021. Buku panduan guru capaian pembelajaran elemen dasar-dasar literasi dan STEAM untuk satuan PAUD.
Susilawati, E., Sarifudin, S., & Muslim, S. 2021. Internalisasi nilai Pancasila dalam pembelajaran melalui penerapan Profil Pelajar Pancasila berbantuan Platform Merdeka Mengajar. Jurnal Teknodik, 155-167.
Utami, J., Pratiwi, W. D., Nurhasanah, E., & Setiawan, H. 2022. Analisis Pemerolehan Bahasa Pada Anak Usia 2 Tahun 11 Bulan Dengan Menggunakan Teori Brown. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(1), 222-228.
Published
2023-01-15
How to Cite
Alim Amri, N., & Putri Pratiwi, R. (2023). IMPLEMENTASI PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA MELALUI PROGRAM KEMUHAMMADIYAHAN/KEAISYIYAHAN DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL Vl MANGGALA KOTA MAKASSAR. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 2703 - 2718. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.597