PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPBOOK MATERI EKOSISTEM
Penelitian Research & Development (R&D) Pada Siswa Kelas V di Sekolah Dasar Negeri Sukasari Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022
Abstract
Dalam pendidikan sekolah memiliki tugas penting dalam mengembangkan dan menumbuhkan pengetahuan pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Berhasil atau tidaknya proses pendidikan bukan hanya karena siswanya, namun juga tergantung pada ketepatan guru dalam memilih media dan model pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran. Oleh sebab itu, perlu adanya pengembangan media pembelajaran agar siswa mendapatkan media pembelajaran yang tepat dan bervariasi. Penelitian pengembangan ini menggunakan metode ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu analyze, design, development, implementation, dan evalution. Tempat pengamatan dilakukan di SDN Sukasari Kota Bogor. Pengumpulan informasi dilakukan dengan cara wawancara dan penilaian angket dari ahli media, ahli bahasa, ahli materi, dan angket respon dari siswa. hasil pengembangan produk merupakan media pembelajaran flipbook materi ekosistem. Hasil riset validasi ahli didapatkan persentase 100% dengan kategori “sangat layak”. Pada tahap uji terbatas sebanyak 29 siswa memperoleh respon yang sangat baik dengan persentase 92% dengan kategori “sangat layak”. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran flipbook dalam penelitian ini terbukti valid, menarik, mudah digunakan, dan sangat layak diaplikasikan untuk dijadikan sarana pembelajaran.
Metrics
References
Andi Rustandi, dan Rismayanti. 2021. “Penerapan Model ADDIE dalam Pengembangan Media Pembelajaran di SMPN 22 Kota Samarinda.” Jurnal Fasilkom 11(2):57–60. doi: 10.37859/jf.v11i2.2546.
Andriyani, Lia, Zainal Arifin, dan Ferina Agustini. 2018. “Pengembangan Media Papi Semar Berbasis Model Quantum Teaching Materi Jenis-Jenis Pekerjaan Kelas III SDN 02 Teguhan Gobogan.” Jurnal Sekolah (JS) 2(3):253–58.
Arsyad, Azhar. 2019. Media Pembelajaran. 21 ed. diedit oleh A. Rahman. Depok: PT RAJAGRAFINDO PERSADA.
Munawaroh, Siti, Intan Fathimah Ahmadah, dan Mayang Purbaningrum. 2021. “E-Magmath Berbasis Flipbook Pada Materi Himpunan Di Kelas Vii Smp/Mts.” Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif 4(1):45–54. doi: 10.22460/jpmi.v4i1.45-54.
Novianti, Desti Ayu, dan Joni Susilowibowo. 2015. “PENGEMBANGAN MODUL AKUNTANSI ASET TETAP BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK SEBAGAI PENDUKUNG IMPLEMETASI K-13 DI SMKN 2 BUDURAN.” Jurnal Pendidikan 03(01):1–9.
Nurhidayati, Alipah, Setiadi Cahyono Putro, dan Triyanna Widiyaningtyas. 2018. “Penerapan Model Pbl Berbantuan E-Modul Berbasis Flipbook Dibandingkan Berbantuan Bahan Ajar Cetak Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Pemrograman Siswa Smk.” Teknologi dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya 41(2):130–38. doi: 10.17977/um031v41i22018p130.
Nuryani, Ni Luh, Ida Bagus, dan Gede Surya. 2021. “Media Pembelajaran Flipbook Materi Sistem Pernapasan Manusia pada Muatan IPA Siswa Kelas V SD.” Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran 5:247–54.
Pratama, Putra Adre, H. Bachtiar S. Bachi, dan M. Pd. 2018. “Pengembangan Media Pembelajaran Computer Assisted Instruction Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Materi Degrees Of Comparison Pada Kelas VIII Di SMP Islam Terpadu Shafta Surabaya PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION PADA MATA PELA.” Jurnal Teknologi Pendidikan 0(01):1–4.
Pratiwi, Rikha Ari, Ery Tri Djatmika, dan Sulton Sulton. 2018. “Buku Ajar Tematik Berbentuk Cerita Anak dengan Permainan Teka-teki Silang.” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan 3(11):1483–87.
Sar, Widya Nindia, dan Mubarak Ahmad. 2021. “Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Digital di Sekolah Dasar.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 3(5):2819–26. doi: 10.31004/edukatif.v3i5.970.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan. 27 ed. Bandung: Alfabeta.
Yuanta, Friendha. 2020. “Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Sekolah Dasar.” Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar 1(02):91–100. doi: 10.30742/tpd.v1i02.816.