Implementasi Program Pojok Baca Sebagai Upaya Menumbuhkan Minat Baca Siswa di SDN Sawahlega

  • Nur Falah islam Universitas Nusa Putra Sukabumi
  • Dhea Adela PGSD Universitas Nusa Putra Sukabumi
Keywords: Pojok baca, Minat baca, Pendidikan Dasar.

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan program pojok baca di Sekolah Dasar Negeri Sawahlega, mulai dari pelaksanaan, faktor pendukung dan penghambat, dampak serta evaluasinya. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah guru dan siswa di SDN Sawahlega. Implementasi program pojok baca di SDN Sawahlega melalui tiga tahapan, yaitu tahap sosialisasi, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Berdasarkan kegiatan tersebut dapat diketahui bahwa pelaksanaan pojok baca dilakukan 15 menit sebelum memulai pelajaran, para siswa diminta untuk melakukan kegiatan literasi yakni membaca buku dan menceritakan kembali buku yang sudah dibacanya. Jenis buku yang dibaca adalah buku fiksi maupun non fiksi yang terdapat di pojok baca. Selain itu, siswa juga banyak memanfaatkan pojok baca di waktu-waktu tertentu seperti saat jam istirahat ataupun setelah selesai pelajaran. Hasil penelitian menunjukkan dengan adanya pojok baca di setiap kelas, siswa memiliki kebiasaan membaca buku juga terampil dalam berbicara dan menceritakan kembali isi bacaan buku yang sudah dibaca. Penerapan pojok baca menjadi salah satu solusi dalam menumbuhkan minat baca siswa.

 

 

Metrics

Metrics Loading ...

References

Anugrah, dkk. “PERAN POJOK BACA DALAM MENUMBUHKAN MINAT BACA MASYARAKAT DUSUN NGRANCAH,” Jurnal Pustaka Budaya Vol. 9 No 2, Juli 2022
Elendiana, Magdalena, “Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar,” JURNAL PENDIDIKAN dan KONSELING Research & Learning in Primary Education., Vol. 2 No.1, 2020
Farid Ahmadi,.” Meningkatkan Minat Membaca Siswa Sekola Dasar Dengan Metode Glenn Doman Berbasis Multimedia” Jurnal Penelitian Pendidikan. Vol. 27 No. 1, 2010.
Farida rahim, pengajaran membaca di sekolah dasar, (Jakata: Bumi Aksara, 2018).
Herman Wahadaniah, Perpustakaan Sekolah Sebagai Sarana Pengembangan. Minat dan Kegemaran Membaca, (Jakarta: DEPDIKBUD, 2017)
Kemendikbud, 2018. Pengertian Pojok Baca
P. R. ANGGRAENI, “Implementasi Kebijakan Literasi Sekolah Guna Peningkatan Karakter Gemar Membaca,” Indones. J. Sociol. Educ. Dev., vol. 1, no. 1, 2019.
R. Kurniawan, S. Hayati, and J. Riskayanti, “Peranan Pojok Baca dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar The Role Of The Reading Corner In FosteringElementary School Students ’ Interest In Reading,” J. Inov. Pendidik. DAN PEMBELAJARAN Sekol. DASAR, vol. 3, pp. 48–57, 2019.
Setiawati and M. E. Mahmud, “STUDI ANALISIS PROGRAM POJOK BACA DALAM MENSTIMULASI MINAT BACA SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH DARUL DA’WAH WAL IRSYAD TANI AMAN TAHUN AJARAN 2019-2020,” J. Tarb. Ilmu Kegur. Borneo, vol. I, no. 2, 2020.
Y. Wandasari, “IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) SEBAGAI PEMBENTUK PENDIDIKAN BERKARAKTER,” JMKSP J. Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidik., vol. 1, no. 1, pp. 325–343, 2017.
UNESCO. (2003). The Prague Declaration “Towards an Information Litterate Society.” Information Litteracy Meeting of Experts, 29. Retrieved from http://www.unesco.org/new/fileadmin/MULTIMEDIA/HQ/CI/CI/pdf/themes/info_lit _meeting_prague_2003.pdf
Wiedarti, P. dkk. (2016). Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta: Dirjen Dikdasmen Kemendikbud RI.
Published
2023-01-16
How to Cite
islam, N. F., & Adela, D. (2023). Implementasi Program Pojok Baca Sebagai Upaya Menumbuhkan Minat Baca Siswa di SDN Sawahlega. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 2762 - 2769. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.587