PENGARUH GAME BASED LEARNING (GBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI SDN 060811 MEDAN

  • Fani Anggita Lubis Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Khoirun Nisa Lubis PGMI FITK Universitas Negeri Sumatera Utara
  • Nirwana Anas PGMI FITK Universitas Negeri Sumatera Utara
Keywords: Kata Kunci: Berpikir Kritis, Pendidikan, GBL

Abstract

Berpikir kritis ialah salah satu bagian dari hasil yang didapatkan oleh peserta didik dalam proses pembelajaran pada tahapan aspek kognitifnya. Pengunaan model pembelajaran untuk mempengaruhi tingkat berpikir kritis peserta didik harus yang efektif dan menaraik. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk  melihat pengaruh pengunaan GBL terhadap berpikir kritis siswa-siswi di mata pelajaran IPA materi Gaya di SDN 060811. Jenis penentian yang dipakai adalah penelitian kuantitatif dengan jenis Eksperimen dan bentuk Quasi Eksperimental Design. Instrument yang dipakai dipenelitian ini berbentuk tes uraian. Pada penelitian ini melakukan perlakukan yang berbeda diantara kelas ekperimen dengan kelas kontol. Subyeknya yaitu kelas IVA dan IVB SDN 060811. Masing-masing kelas kontrol dan eksperimen berjumlah 35 orang dan akan sama-sama melawati soal pretest dan postest. Penelitian ini memakai analisis data uji t, dengan hasil terdapat pengaruh positif  terhadap perlakuan pada model pembelajaran Game Based Learning.

 

 

Metrics

Metrics Loading ...

References

Aqib, Z. (2017). Model-model dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.
Aslan, S. (2018). The Relationship Between Critical Thinking Skills and Democratic Attitudes of 4th Class Primary School Students. International Journal of Progressive Education, 14(6), 61–69. https://doi.org/10.29329/ijpe.2018.179. 5
Crawford, A., Saul, W., Mathews, S. R., & Makinster, J. (2005). Teaching And Learning Strategies For The Thinking Classroom. New York: The International Debate Education Association.
Fadila, A. N., & Slameto. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Pemecahan Masalah Matematika Melalui Problem Based Learning berbasis Critical Thinking. Jurnal Publikasi Pendidikan, 8(3), 201–205.
Kemendikbud. Peraturan PerintahUse the "Insert Citation" button to add citations to this document.
N0 65 Tahun 2013.
Kunandar. (2014). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Nasir, M. A. D., & Buhaerah. (2017). Model pembelajaran berpikir kritis yang terintegrasi nilai-nilai Islam. Prosiding Seminar Nasional Integrasi Matematika Dan Nilai Islam, 1(1).
Rofiah, E., Aminah, S., & Ekawati, E. Y. (2013). Penyusunan Instrumen Tes Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Fisika Pada Siswa SMP. 1(2), 17–22.
Saefuddin, A., & Berdiati, I. (2016). Pembelajaran Efektif. Bandung: Remaja Rosdakarya. Sani, R. A. (2019). Pembelajaran Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills). Tangerang: Tira Smart.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Thapaliya, M. P. (2013). Teaching Short Story through Critical Thinking (CT) Strategies. Journal of NELTA, 17(1– 2), 93–103. https://doi.org/10.3126/nelta.v17i1- 2.8101
Zuchdi, D., Zuhdan, K. P., & Muhsinatun, S. (2013). Model Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Multi Persindo
Published
2023-01-17
How to Cite
Anggita Lubis, F., Nisa Lubis, K., & Anas, N. (2023). PENGARUH GAME BASED LEARNING (GBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI SDN 060811 MEDAN. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 2816 - 2826. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.585