MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SOSIOLOGI KELAS VIII. 4 DI SMPN 3 BARRU DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAM GAMES TOURNAMEN)
Abstract
Banyak fakta menunjukkan bahwa siswa tidak terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran, hal ini disebabkan karena metode pembelajaran yang dipakai kurang menarik minat dan motivasi siswa, padahal kegiatan belajar yang berpusat pada siswa dianggap dapat membantu mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mengetahui penggunaan metode pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SMP Negeri 3 Barru pada mata pelajaran sosiologi. Subjek penelitian ini adalah kelas VIII.4 SMP Negeri 3 Barru yang berjumlah 25 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan dua siklus yang tahap pelaksanaannya melalui tindakan, observasi dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Siswa kurang terlibat aktif selama proses pembelajaran di kelas: 2) Siswa memiliki. kemampuan berfikir kritis yang rendah sehingga harus diasah; 3) Metode teamt games ournament membantu siswa untuk terlibat aktif selama proses pembelajaran: 4) Penerapan metode team games tournament menunjukkan peningkatan ketuntasan belajar siswa; 4) hasil ketuntasan belajar siswa ditunjukkan dalam rincian yaitu siklus I hanya terdiri 10 siswa, dan siklus II semua siswa sudah mengalami ketuntasan dalam belajar mata pelajaran sosiologi
Metrics
References
Allung, M., & Ohan, F. (2023), Global Journal Teaching Professional Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (Tgt) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar (Vol. 2). https://jurnal.sainsglobal.com/ind ex.php/gpp
Amalia, S., Irfani Lindawati, Y., & Agus Hardiansyah, M. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI pada Mata Pelajaran Sosiologi di SMA Negeri 1 Caringin.
Dwi, M., Rizqi, A., Mulyawati, I., Muhammadiyah, U., Hamka, J. H., Ahyar, N., 25 Kota, J., & Timur, I. (2023). Pengaruh model pembelajaran TGT (team games tournament) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV pada mata pelajaran PPKn materi keragaman sosial dan budaya di SDN Jatiranggon II. Journal of Elementary Education, 06.
Fuji Astuti, N., Suryana, A., Suaidi, Eh., Nasional Laa Roiba Bogor, 1., & Jamiat Kheir Jakarta, I. (2022). Tarbiatuna: Journal of Islamic Education Studies Model Rancangan Pembelajaran Kooperatif Learning Team Game Tournament (TGT) pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar.
Handayani, L. P., & Nurlizawati, N. (2022a). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Tournament) Games untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Sosiologi Kelas XI IPS 1 SMAN 1 Lubuk Basung. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 1(3), 363-368.
https://doi.org/10.24036/nara.vli 3.57
Handayani, L. P., & Nurlizawati, N. (2022b). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Tournament) Games untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Sosiologi Kelas XI IPS 1 SMAN 1 Lubuk Basung. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 1(3), 363-368. https://doi.org/10.24036/nara.vli 3.57
Ismah, Z., & Emawati, T. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Viii Smp
Ditinjau Dari Kerjasama SISWA. Jumal Pijar Mipa, 13(1), 82-85. https://doi.org/10.29303/jpm.v13i 1.576
MUKHADIMAH, D. A. N. (2015). Komparasi Metode Team Group Tournament (Tgt) Dan Metode Think Pair Share (Tps) Terhadap Hasil Belajar Sosiologi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri Kebakkramat. SOSIALITAS: Jurnal Ilmiah Pend. Sos Ant, 6(2).
Nur Anisa, F., Turmuzi, M., & Wahyu Triutami, T. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Journal of Classroom Action Research, 6(1). https://doi.org/10.29303/jppipa.v6 11.6719
Nurfadilah, T., Guru, P., & Dasar, S. (2023). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (Tgt) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Kelas V Sdn 60 Ponrang Kecamatan Ponrang Kabupaten Luwu.
Nurlizawati, 418). (2024). Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament Berbantuan Question Card dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas XI Sosiologi 4 SMA Negeri 7 Padang. Naradidik: Journal Pedagogy. of Education 3(4), & 411-418. https://doi.org/10.24036/nara.v3i 4.265
Pertiwi, P. I., Agustini, S., & Nurhakim, Y. F. (2022). Analisis Pengaruh Inovasi Pembelajaran Team Games Tournament (Tgt) Terhadap Pembelajaran Sekolah Dasar Pada Revolusi Industri 4.0. Di Era Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Humaniora, 13(2), 818. https://doi.org/10.26418/j-psh.v1312.54637
Pramukti, H. S. (2013). Komparasi Pengaruh Penggunaan Metode Ceramah Dan Team Game Tournament (Tgt) Terhadap Restasi Belajar Sosiologi Siswa Kelas XI IPS DI SMA Negeri 1 Teras Boyolali. Sosialitas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Sosiologi-Antropologi, 13652.
Riri Anggia Rovi, Supratman Zakir, Darul limi, & Iswantir M. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Berbatuan Crossword Puzzle Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Materi Pendidikan Agama Islam di SMP N 3 Koto Baru Kabupaten Dharmasraya. Ta'rim: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 4(4), 120-127. https://doi.org/10.59059/tarim.v4i 4.525
Rizani, N. K., & Nurlizawati, N. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantu Quizizz dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Sosiologi Kelas XI IPS 2 SMAN 1 Lubuk Sikaping. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 3(3), 318-327. https://doi.org/10.24036/nara.v3i 3.226
Suryani, T. (2022). Upaya meningkatkan hasil belajar ppkn menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe teams game tournament (TGT) siswa. Wahana Didaktika: Jumal Ilmu Kependidikan, 20(1), 68-81.
Susilowati, D. (2018). Penelitian Tindakan Kelas (Ptk) Solusi Alternatif Problematika Pembelajaran (Vol. 02, Issue 01). Widayati, A. (2008), Tindakan Kelas.