PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP BOOK PADA MATERI BANGUN RUANG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 064976 MEDAN TA 2024/2025
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis validitas kelayakan, praktikalitas, serta efektivitas media pembelajaran Pop-Up Book pada materi Bangun Ruang dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di SDN 064976 Medan pada tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan dengan model ADDIE yang mencakup lima tahap, yaitu analyze, design, develop, implement, dan evaluate.Subjek penelitian ini terdiri dari 21 siswa kelas V SD Negeri 064976 Medan. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, skala penilaian, serta tes, dengan analisis data secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil validasi oleh ahli materi menunjukkan persentase 80% dengan kategori “layak,” sedangkan validasi media memperoleh persentase 95% dengan kategori “sangat layak.” Penilaian oleh praktisi pendidikan mencapai 98%, dikategorikan sebagai “sangat praktis”.Efektivitas media diukur berdasarkan hasil belajar siswa melalui pre-test dan post-test yang dianalisis menggunakan perhitungan N-Gain Score, menghasilkan persentase 65,24% dalam kategori “Efektif.” Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran pop-up book pada materi Bangun Ruang tergolong sangat layak, sangat praktis, dan efektif untuk diterapkan dalam proses pembelajaran di kelas.
Metrics
References
Komunikasi Matematika. Pekalongan: PT. Nasya Expanding Management. Fardani, Zuhur, Edy Surya, Prodi Pendidikan, Matematika Pascasarjana, Universitas Negeri Medan, Sumatera Utara, Model Problem, Based Learning, Sekolah Menengah,
Zuhur Fardani, and Edy Surya. 2017. “Jurnal Pendidikan Matematika Paradikma.” 2018. Neolaka, Amos. Grace Amialia A.
Neolaka.(2017). Landasan Pendidikan Dasar.Pengenalan Diri Sendiri Menuju Perubahan Hidup. Depok: Kencana,
Suryani, N., Setiawan, A dan Putria, A. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. PT. Remaja Rosdakarya.Setiyanigrum,
Rahma. 2020. “Media Pop-Up Book Sebagai Media Pembelajaran Pascapandemi.” Seminar Nasional Pascasarjana 2020 (2016):2016–20.