PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN TRUE OR FALSE TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SD INPRES 5/81 PASSIPPO KECAMATAN PALAKKA KABUPATEN BONE

  • Satriani DH Universitas Negeri Makassar
  • Rosmalah Universitas Negeri Makassar
  • Nur Amalia Zafira Universitas Negeri Makassar
Keywords: Strategi Pembelajaran True Or False, Hasil Belajar, IPAS

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi True Or False terhadap hasil belajar IPAS siswa SD Inpres 5/81 Passippo. Desain penelitian yang digunakan adalah One-Group Pretest-Postest Design. Populasi dalam penelitian ini yatiru seluruh siswa kelas IV SD Inpres 5/81 Passippo dengan sampel sebanyak 20 siswa yang dipilih berdasarkan teknik sampel jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes untuk mengetahui hasil belajar IPAS siswa sebelum dan setelah perlakuan strategi True Or False. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan inferensial. Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif diperoleh rata-rata pretest 42,5, sedangkan rata-rata posstest 78,5. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan uji paired sample t-test dengan taraf signifikansi 5%. Dari hasil analisis data diperoleh thitung 20,429 > ttabel 2, 093. Jadi thitung > ttabel maka H0 ditolak. Demikian, dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran True Or False  berpengaruh terhadap hasil belajar IPAS siswa IV  SD Inpres 5/81 Passippo Kecamatan Palakka Kabupaten Bone.

 

Metrics

Metrics Loading ...

References

Erikalisdiana. (2016). Pengaruh Penggunaan Strategi True or False Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Materi Perubahan Kenampakan Bumi dan Benda Langit. Jurnal Pena Ilmiah, 1, 09–10.
Juremi. (2016). “Penerapan Metode True or False dalam Meningkatan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) Tentang Sistem Pemerintahan Republik Indonesia Pada Peserta didik Kelas VI SDN Beganjing, Japah, Blora.” 33, 1.
Noer, F. D., Jaya, W. S., & Juwantara, R. A. (2023). Menggunakan Strategi Pembelajaran True Or False Pada Materi Pelajaran Ppkn Kelas Iii Sd Egeri 2 Gedong Air Bandar Lampung 2022 / 2023. 1.
Nuraini, & Slam, Z. (2020). Pembelajaran Ilmu Pendidikan Sosial Untuk Sd/Mi. Elementar (Elementary of Tarbiyah): Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 1–21.
Permendikbud. (2021). Permendikbud RI No 57 tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan (Issue 102501).
Rukayah, Rosmalah, & Sari, R. (2023). Pengaruh Penggunaan Strategi Stratta Terhadap Kemampuan Menulis Narasi Siswa Kelas V Sd Inpres 6/75 Selli Kabupaten Bone. 2(3), 337–344.
Satriani DH, Muin, W., & Kasmira, M. (2023). Penerapan Strategi Pembelajaran Poster Session Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA SD. 3(2), 280–287.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Suhelayanti, Z, S., & Rahmawati, I. (2023). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Sosial (IPAS). In Penerbit Yayasan Kita Menulis.
Wiyatno, H. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Sifat-Sifat Bangun Datar Dan Bangun Ruang Melalui Strategi True Or False Pada Siswa Kelas VI Semester Genap SDN 009 Bonai Darussalam Kabupaten Rokan Hulu. Science and Education Journal (SICEDU), 3(1), 190–196.
Wulandari. (2021). Kajian Teori Hasil Belajar. Pgri, 1-2-3.
Published
2025-03-30
How to Cite
Satriani DH, Rosmalah, & Nur Amalia Zafira. (2025). PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN TRUE OR FALSE TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SD INPRES 5/81 PASSIPPO KECAMATAN PALAKKA KABUPATEN BONE. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 11(01), 128 - 138. https://doi.org/10.36989/didaktik.v11i01.5718