PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS V UPT SPF SD INPRES BORONG MAKASSAR

  • Iriyanti Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Andi Sugiati Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Syamsuriadi Universitas Muhammadiyah Makassar
Keywords: Hasil Belajar ; Media Pembelajaran Audio Visual; Pendidikan Pancasila

Abstract

Berdasarkan penelitian banyak siswa mengalami kesulitan memahami materi selama proses pembelajaran sehingga mereka sering bersikap pasif yang berarti aktivitas pembelajaran tidak melibatkan respon aktif terhadap materi. Peserta didik mengatakan materi Pendidikan Pancasila sulit dipahami dan memerlukan pengulangan. Keterbatasan waktu metode ceramah tidak memungkinkan pengulangan secara menyeluruh sehingga dengan adanya sumber pendidikan yang menarik dan memiliki kemampuan untuk mengalihkan perhatian siswa ke topik yang akan dibahas. Dapat menyesuaikan media dengan materi yang akan diajarkan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan dan pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar Pendidikan Pancasila siswa kelas V UPT SPF SD Inpres Borong. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen pendekatan kuantitatif, jenis pre-Experimental design rancangan One group pretest-postpest design. Sampel penelitian siswa kelas V jumlah 30 siswa UPT SPF SD Inpres Borong Makassar. Instrumen penelitian adalah lembar observasi, tes, angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif hasil belajar siswa sebelum menggunakan media audio visual diperoleh nilai rata-rata Pretest yaitu 74,50% pada kategori rendah. Setelah menggunakan media audio visual nilai rata-rata Postest yaitu 90,50% berada pada kategori tinggi. Dan analisis statistik inferensial dengan menggunkan uji paired sampel t-test dengan bantuan SPSS menunjukkan bahwa nilai sig. (2-tailet) memperoleh 0,001 yang menunjukkan bahwa 0,001 < 0,05 atau dengan kata lain hipotesisi nol ????0 ditolak dan hipotesis alternatif (????1) diterima. Berarti terdapat pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar Pendidikan Pancasila.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar Pendidikan Pancasila siswa kelas V UPT SPF SD Inpres Borong Makassar.

 

Metrics

Metrics Loading ...

References

Abbas, N., Nadila, R., Sari, M., & Mukramin, S. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Dalam Meningkatkan Semangat Belajar Siswa di Madrasah Aliyah Unggulan Arifah Kabupaten Gowa. PIJAR: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 2(1), 65–74. https://doi.org/10.58540/pijar.v2i1.469

Afiat, A. N., Ismail, L., & Hakim, D. U. (2024). Pengaruh Media Canva Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Inpres Galangan Kapal IV. AKSIOLOGI: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 5(1), 184–193. https://doi.org/10.47134/aksiologi.v5i1.232

Ahmad, F., & Mustika, D. (2021). Problematika Guru Dalam Menerapkan Media pada Pembelajaran Kelas Rendah Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2008–2014. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1056

Aida, L. ’Ali N., Maryam, D., Febiola, F., Agami, S. D., & Fawaida, U. (2020). Inovasi Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Media Audiovisual. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 7(1), 43–50. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/terampil/index

Aisy, D. R., Abdillah, Amalia, & Santoso, G. (2022). Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membangun Jiwa Kebangsaan Bagi Generasi Muda Milenial. Jurnal Pendidikan Transformatif (Jupetra), 1(3), 164–172.

Ajami, N. (2021). Populasi Dan Sampel. 1–6.

Andyani, N., Saddhono, K., & Mujyanto, Y. (2020). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Dengan Menggunakan Media Audiovisual Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Sastra Indonesia Dan Pengajarannya, 4(2), 161–174.

Angreiny, D., Muhiddin, M., & Nurlina, N. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri Bontoramba. 4(1), 42–49.

Fauziyyah, A., Normansyah, D. A., & Cahyono. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarnegaraan. Lentera : Jurnal Kajian Bidang Pendidikan dan Pembelajaran, 4, 13–21. https://doi.org/10.56393/lentera.v4i1.2505

Firmansyah, D., & Dede. (2022). Teknik Pengambilan Sampel Umum dalam Metodologi Penelitian: Literature Review. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 1(2), 85–114. https://doi.org/10.55927

Fitri, Daulay, M. I., & NUrmalina. (2025). Indonesian Research Journal on Education. Indonesian Research Journal on Education, 5(1), 565–572.

Harahap, T. F., & Hsb, Z. E. (2024). Inovasi Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Media Audiovisual. Al-Tarbiyah : Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 2(4), 292–301. https://doi.org/10.59059/al-tarbiyah.v2i4.1468

Humardani, F. T., Miyono, N., Prima Artharina, F. P., & Mujilah. (2023). Implementasi Media Pembelajaran Audio Visual Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas I SD N Sambirejo 02. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(3), 4026–4038.

Janna, N. M., & Herianto. (2021). Konsep Uji Validitas Dan Reliabilitas Dengan Menggunakan Spss. 1–12.

Lestari, N., Akhbar, M. T., & Dedy, A. (2022). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Pkn Kelas Iii. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 468–474. https://irje.org/index.php/irje

Muslihin, H. Y., Loita, A., & Nurjanah, D. S. (2022). Instrumen Penelitian Tindakan Kelas untuk Peningkatan Motorik Halus Anak Kelas. 6(1), 99–106. https://ejournal.upi.edu/index.php/agapedia/article/view/51341/20325

Mustafa, P. S., & Masgumelar, N. K. (2022). Kajian Review: Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap, Pengetahuan, dan Keterampilan dalam Pendidikan Jasmani dan Olahraga. 8(1), 31–49. http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/FKIP

Purnama, T., Aniswita, Imammuddin, & Rahmat, T. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Geogebra terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa. Journal on Education, 06(03), 16444–16452.

Rahman, R. H. (2021). Penerapan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Akhlak Anak Sekolah Dasar Di Masa Pandemi. Jurnal Islamika: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 21(01), 46–54.

Sofwatillah, Ristina, Jaelani, M. S., & Saksitha, D. A. (2024). Tehnik Analisis Data Kuantitatif Dan Kualitatif Dalam Penelitian Ilmiah. Journal Genta Mulia, 79–91.

Suryani, N., Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Konsep Populasi dan Sampling Serta Pemilihan Partisipan Ditinjau Dari Penelitian Ilmiah Pendidikan. Jurnal Pendidikan Islam, 24–36. http://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/ihsan

Susilo, S. V. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 6(2). https://doi.org/10.31949/jcp.v6i2.2100

Tikulimbong, N. Y., Simega, B., & Fitriana, I. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Keterampilan Berbahasa Reseptif Peserta Didik Kelas VII di SMPN 2 Kesu’. Indonesian Research Journal on Education, 4(3), 812–820.

Tinambunan, T. M., & Siahaan, C. (2022). Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Komunikasi Massa Di Kalangan Pelajar. Jurnal Ilmu Komunikasi , 5(1), 14–21. www.youtube.com

Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). 7(1), 2896–2910. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/6187

Yusnarti, M., Damayanti, P. S., Asmedy, Amin, M., & Jamaah. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Ainara Journal, 3(3), 232–238. http://journal.ainarapress.org/index.php/ainj
Published
2025-03-30
How to Cite
Iriyanti, Andi Sugiati, & Syamsuriadi. (2025). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS V UPT SPF SD INPRES BORONG MAKASSAR . Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 11(01), 228 - 242. https://doi.org/10.36989/didaktik.v11i01.5652