RANCANGAN PROGRAM SEKOLAH INKLUSI DI SEKOLAH DASAR NEGERI 159 SEKEJATI KOTA BANDUNG

  • Aneka Ahmadi Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Cibiru
  • Muhammad Hanifah Magister PGSD UPI di Kampus Cibiru
  • Nenden Ineu Herawati Universitas Pendidikan Indonesia di Kampus Cibiru
Keywords: Pendidikan Inklusif

Abstract

Sekolah inklusi merupakan bentuk pemerataan dan wujud perwujudan pendidikan tanpa diskriminasi dimana anak berkebutuhan khusus dan anak pada umumnya dapat memperoleh pendidikan yang sama. Pendidikan inklusif adalah salah satu bentuk layanan pendidikan khusus yang mensyaratkan semua anak berkebutuhan khusus mendapatkan pendidikan yang sama di bangku reguler dengan teman sebayanya. Selama ini anak yang memiliki kemampuan berbeda (disabilitas) diberikan fasilitas pendidikan khusus yang disesuaikan dengan derajat dan jenis kecacatannya, yang disebut Sekolah Luar Biasa (SLB). Tanpa disadari, sistem pendidikan SLB telah membangun tembok eksklusivitas bagi anak berkebutuhan khusus. Penyelenggaraan sekolah inklusi bagi anak berkebutuhan khusus seharusnya menciptakan lingkungan yang menyenangkan, ramah dan dapat menumbuhkan rasa percaya diri siswa dengan berkebutuhan khusus untuk mendapatkan pendidikan yang layak sesuai dengan haknya. Realitas pelaksanaan sekolah inkubasi di Indonesia masih belum sesuai dengan konsep yang dikemukakan dan pedoman pelaksanaan, baik dari sisi siswa, kualifikasi guru, sarana dan prasarana, dukungan orang tua dan masyarakat. Penyelenggaraan sekolah inklusi di Indonesia masih menjadi fenomena.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Buku :
Herawati, N.I. (2021).Pendidikan Inklusif. Bandung: UPI Press

Artikel in Press :
Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus. “Proses Pembelajaran Dalam Setting Inklusi Di Sekolah Dasar. Vol. 1, No. 1, Januari 2012
Jurnal Pendidikan Khusus. Fenomena Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Vol. 7, No. 2, November 2010

Jurnal :
Alessio, S. D. ’. (2013). Inclusive education in Italy: a reply to Giangreco, Doyle and Suter (2012). In Life Span and Disability XVI (Vol. 1).
Barton, L., & Armstrong, F. (n.d.). Policy, Experience and Change: Cross Cultural Reflections on Inclusive Education INCLUSIVE EDUCATION: CROSS CULTURAL PERSPECTIVES 4. www.springer.com/series/6123
D’Alessio, S. (2011). Inclusive education in Italy. A Critical Analysis of the Policy of Integrazione Scolastica. University of London: Sense Publishers
Ianes, D., Demo, H., & Dell’Anna, S. (2020). Inclusive education in Italy: Historical steps, positive developments, and challenges. Prospects, 49(3–4), 249–263. https://doi.org/10.1007/s11125-020-09509-7
Leli Erawati, I., Margareta Sinaga, R., Universitas Lampung, F., & Soemantri Brojonegoro No, J. (2016). PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM PENDIDIKAN INKLUSIF 1). In Jurnal Studi Sosial (Vol. 4, Issue 1).
Mooij, T. & Smeets, Ed. (2006). Design, Development and Implementation of Inclusive Education. European Educational Research Journal, Volume 5, Number 2, 2006. DOI : 10.2304/eerj.2006.5.2.94
Mura, G., Alcaraz, A. O., Aleotti, F., Cobo, M. O., Rubio Gomez, M., & Diamantini, D. (2020). Inclusive Education in Spain and Italy: Evolution and Current Debate Kapsayıcı Eğitimin İspanya ve İtalya’daki Evrimi ve Güncel Tartışma. In Journal of Inclusive Education in Research and Practice.

Alessio, S. D. ’. (2013). Inclusive education in Italy: a reply to Giangreco, Doyle and Suter (2012). In Life Span and Disability XVI (Vol. 1).
Barton, L., & Armstrong, F. (n.d.). Policy, Experience and Change: Cross Cultural Reflections on Inclusive Education INCLUSIVE EDUCATION: CROSS CULTURAL PERSPECTIVES 4. www.springer.com/series/6123
D’Alessio, S. (2011). Inclusive education in Italy. A Critical Analysis of the Policy of Integrazione Scolastica. University of London: Sense Publishers
Ianes, D., Demo, H., & Dell’Anna, S. (2020). Inclusive education in Italy: Historical steps, positive developments, and challenges. Prospects, 49(3–4), 249–263. https://doi.org/10.1007/s11125-020-09509-7
Leli Erawati, I., Margareta Sinaga, R., Universitas Lampung, F., & Soemantri Brojonegoro No, J. (2016). PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM PENDIDIKAN INKLUSIF 1). In Jurnal Studi Sosial (Vol. 4, Issue 1).
Mooij, T. & Smeets, Ed. (2006). Design, Development and Implementation of Inclusive Education. European Educational Research Journal, Volume 5, Number 2, 2006. DOI : 10.2304/eerj.2006.5.2.94
Mura, G., Alcaraz, A. O., Aleotti, F., Cobo, M. O., Rubio Gomez, M., & Diamantini, D. (2020). Inclusive Education in Spain and Italy: Evolution and Current Debate Kapsayıcı Eğitimin İspanya ve İtalya’daki Evrimi ve Güncel Tartışma. In Journal of Inclusive Education in Research and Practice.
Published
2022-12-31
How to Cite
Ahmadi, A., Hanifah, M., & Ineu Herawati, N. (2022). RANCANGAN PROGRAM SEKOLAH INKLUSI DI SEKOLAH DASAR NEGERI 159 SEKEJATI KOTA BANDUNG. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 2251 - 2265. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.537