PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PEMBAGIAN SISWA SEKOLAH DASAR

  • Aida Nur Sya'adah IKIP Siliwangi
  • Asep Samsudin PGSD FKIP IKIP Siliwangi
Keywords: discovery learning, pemahaman konsep, pembagian

Abstract

Kesulitan siswa dalam memahami konsep pembagian dalam mata pelajaran matematika menjadikan perlu adanya penelitian yang dapat meningkatkan kemampuan yang dimaksud. Penggunaan model pembelajaran yang tidak tepat dan cenderung membosankan menjadi salah satu penyebab banyak dari siswa mempelajari matematika dengan sistem hafalan yang ujungnya siswa kesulitan menyelesaikan pemecahan masalah yang lebih kompleks di kehidupan sehari-hari. Dalam beberapa penelitian membuktikan model pembelajaran discovery learning mampu meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan peningkatkan yang signitifikan. Adapun tujuan penelitian yang hendak dicapai adalah mendeskripsikan 1) Proses pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep pembagian; 2) Peningkatan kemampuan pemahaman konsep pembagian dalam pembelajaran discovery learning; dan 3) Keeftifan discovery learning dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep pembagian. Dalam penelitian ini metode penelitian yang digunakan adalah mix method dengan desain sequential explanatory design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SD Darul Hadis Lembang dengan jumlah 15 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran discovery learning mampu meningkatkan kemampuan pemahaman konsep pembagian siswa kelas II SD. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar pretest dan posttest, dimana pada pretest rata-rata nilai 65 dan pada posttest rata-rata meningkat menjadi 90 dan n-gain keefektifan 0,69 dengan representasi. Ini menjadikan model discovery learning dapat menjadi alternatif model pembelajaran yang berorientasi meningkatkan pemahaman konsep.

Kata Kunci: discovery learning, pemahaman konsep, pembagian

Metrics

Metrics Loading ...

References

Ana, N. Y. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajaran Siswa Di Sekolah Dasar. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 18(2), 56. https://doi.org/10.24036/fip.100.v18i2.318.000-000
Asnila, Z., Deswita, H., & Nurrahmawati. (2016). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning ( PBL ) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas X SMAN 3 Tambusai. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 1–3.
Aulia, U. (2022). Desain Penelitian Mixed Method Desain Penelitian Mixed Method Editor: Nanda Saputra (Issue November).
Fadlilah, N. (2015). Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Volume Prisma Dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (Pmri). Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2). https://doi.org/10.22342/jpm.8.2.1864.20-32
FAJRI, Z. (2019). Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Sd. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 7(2), 1. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v7i2.478
Febriyanto, B. (2019). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematis Melalui Penggunaan Media Kantong Bergambar Pada Materi Perkalian Bilangan di Kelas II Sekolah Dasar. 4(2).
Fenti, A. (2014). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Binangun Pada Materi Bilangan Bulat. 1–5.
Fitrianingtyas, A., & Radia, A. H. (2017). Peningkatan hasil belajar IPA melalui model discovery learning siswa kelas iv SDN Gedanganak 02. Mitra Pendidikan, 1(6), 708–720. https://e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/141/65
Harmony, J. (2012). Pengaruh Kemampuan Spasial Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 9 Kota Jambi. 02(April), 11–19.
Isomudin, I. (2019). Analisis Sequential Explanatory Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Ditinjau Dari Disiplin, Minat Belajar, Dan Kecerdasan Emosional. Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(2), 113. https://doi.org/10.32678/geneologipai.v6i2.2335
Kamarullah, K. (2017). Pendidikan Matematika Di Sekolah Kita. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 21. https://doi.org/10.22373/jppm.v1i1.1729
Kejora, M. T. B. (2020). The Use of Concrete Media in Science Learning in Inquiry to Improve Science Process Skills for Simple Machine subject. MUDARRISA: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 12(1), 1–17. https://doi.org/10.18326/mdr.v12i1.1-17
Kesumawati, N. (2008). Pemahaman Konsep Matematik dalam Pembelajaran Matematika. 229–235.
Khasinah, S. (2021). Discovery Learning: Defnisi, Sintaksis, Keunggulan, dan Kelemahan. MUDARISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 11(3), 402–413.
Kristanti, F., & Isnarto. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa dalam Pembelajaran Flipped Classroom berbantuan Android. Seminar Nasional Pacasarjana, 618–625.
Marisya, A., & Sukma, E. (2020). Konsep Model Discovery Learning pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Menurut Pandangan Para Ahli. Jurnal Pendidikan Tambusa, 4(3), 2191.
Nopiyanti, E. (2017). Saintifik Pembelajaran Literasi Sains Di Sekolah Dasar. Saintifik Pembelajaran Literasi Sains Di Sekolah Dasar, 43–55.
Permendiknas. (2006). Peraturan menteri pendidikan nasional republik indonesia 2006. La Sociedad de La Sociedad, 3, 5–65.
Rosarina, G., Sudrajat, A., & ... (2022). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah Dan Hasil Belajar Ipa Materi Perubahan Wujud Benda. JESA-Jurnal Edukasi …, 1(1), 371–380. https://ejournal.unsap.ac.id/index.php/jesa/article/view/230%0Ahttps://ejournal.unsap.ac.id/index.php/jesa/article/download/230/152
Surur, M., Oktavia, S. T., Prodi, D., Ekonomi, P., Prodi, M., & Ekonomi, P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning. Jurnal Pendidikan Edutama, 6(1), 11–18.
Trianingsih, A., Husna, N., & Prihatiningtyas, N. C. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa pada Materi Persamaan Lingkaran di Kelas XI IPA. Variabel, 2(1), 1. https://doi.org/10.26737/var.v2i1.1026
Widhiarso, W. (2011). Mengaplikasikan Uji-t untuk Membandingkan Gain Score antar Kelompok dalam Eksperimen. Fakultas Psikologi UGM, 1(1), 1–4.
Published
2022-12-31
How to Cite
Nur Sya’adah, A., & Samsudin, A. (2022). PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PEMBAGIAN SISWA SEKOLAH DASAR. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 2241 - 2250. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.519