IDENTIFIKASI FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS IV SD NEGRI 02 KARANG TENGAH

  • Siti Syarah Sarmila Universitas Nusa Putra Sukabumi
  • Dhea Adela PGSD Universitas Nusa Putra Sukabumi
Keywords: Faktor Kesulitan, Pembelajaran Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab kesulitan belajar matematika yang dialami oleh isswa kelas IV SD Negri 02 Karang Tengah. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriftif. Sumber data penelitian ini adalah guru kelas dan siswa kelas IV SD Negri 02. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tiga teknik yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor keselitan belajar dapat di lihat dari dua faktor, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yang menyebebkan kesulitan belajar matematika yaitu minat dan semangat, motivasi dan sikap saat belajar. Sedangkan faktor eksternalnya adalah kondisi lingkungan siswa yaitu lingkungan sekolah, keluarga dan masyarakat. Upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar matematika yaitu dengan memberikan bimbingan khusus kepada siswa, menambahkan media dan bahan ajar sebagai saran penunjang dalam kelas

Metrics

Metrics Loading ...

References

Amallia, N., & Unaenah, E. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Attadib Journal Of Elementary Education, 3(2), 123–133. https://doi.org/10.47353/bj.v2i1.48
Ananda, E. R., & Wandini, R. R. (2022). Analisis Perspektif Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4173–4181. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2773
Asriyanti, F. D., & Purwati, I. S. (2020). Analisis Faktor Kesulitan Belajar Ditinjau dari Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 29(1), 79–87. https://doi.org/10.17977/um009v29i12020p079
Astriani, Y., & Purnomo, H. (2021). PERAN ORANG TUA DALAM MEMOTIVASI ANAK UNTUK BELAJAR DI SD N 2 TAMBAKREJA KECAMTAN LAKBOK KABUPATEN CIAMIS PROVINSI JAWA BARAT. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 7(01),73-84
Darimi, I. (2016). Diagnosis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Aktif Di Sekolah. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 2(1), 30. https://doi.org/10.22373/je.v2i1.689
Fitria, A., & Untari, MFA (2022). HUBUNGAN KEMAMPUAN MEMAHAMI BACAAN DENGAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN SOAL CERITA MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGRI 2 PENDANARAN. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 2022, 8.1: 192-204
Hamidah, N., & Ain, S. Q. (2022). Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 4(1), 321–332. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v4i1.1331
Handayani, N. F., & Mahrita, M. (2021). Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika pada Siswa Kelas IV di SDN Jawa 2 Martapura Kabupaten Banjar. Jurnal PTK Dan Pendidikan, 6(2). https://doi.org/10.18592/ptk.v6i2.4045
Kholil, M., & Zulfiani, S. (2020). Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Matematika Siswa Madrasah Ibtidaiyah Da’watul Falah Kecamatan Tegaldlimo Kabupaten Banyuwangi. EDUCARE: Journal of Primary Education, 1(2), 151–168. https://doi.org/10.35719/educare.v1i2.14
Malini, H., Sofiyan, & Putra, A. (2019). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Kurangnya Minat Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 10 Langsa Tahun Pelajaran 2018/2019. Journal of Basic Education Studies, 2(2), 10–22.

Putri, B. B. A., Muslim, A., & Bintaro, T. Y. (2019). Analisis Faktor Rendahnya Minat Belajar Matematika Siswa Kelas V Di Sd Negeri 4 Gumiwang. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 5(2), 68–74. https://doi.org/10.31949/educatio.v5i2.14
Rizky utari, D., Yusuf Setia Wardana, M., & Tika Damayanti, A. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 534–540.
Published
2022-12-31
How to Cite
Siti Syarah Sarmila, & Adela, D. (2022). IDENTIFIKASI FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS IV SD NEGRI 02 KARANG TENGAH. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 2296 - 2305. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.516