PENGGUNAAN MODEL PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS CERITA FABEL SISWA SD

  • Dian Gustini IKIP SILIWANGI
Keywords: Picture and Picture, Membaca Pemahaman, Teks Cerita Fabel

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman teks cerita fabel pada siswa kelas 2 SD Darul Hadis Lembang dengan menggunakan model Picture and Picture. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SD kelas 2 Darul Hadis lembang yang berjumlah 16 siswa. Penelitian ini menggunakan metode mix method dengan desain Sequential Exploratory. Sumber data yang diperoleh adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Teknik pengumpulan data kualitatif  dilakukan dengan menggunakan lembar observasi sesudah menggunakan model pembelajaran Picture and picture, sedangkan data kuantitatif dilakukan dengan menggunakan pretest-posttest. Hasil penelitian menunjukkan setelah menggunakan model picture and picture dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman teks cerita fabel pada siswa kelas 2 SD Darul Hadis Lembang. Peningkatan kemampuan membaca pemahaman teks cerita fabel ditunjukkan dari hasil rata-rata nilai siswa pada awal tes (Pretest) adalah 58,75, selanjutnya hasil tes mengalami peningkatan setelah menggunakan model Picture and Picture (Posttest) dengan memperoleh hasil rata-rata nilai 85,375.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Almadiliana, Heri, H. S., & Heri, S. (2021). Hubungan antara kemampuan membaca pemahaman dengan menyelesaikan soal cerita matematika siswa kelas IV. Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 57–65. https://jurnal.educ3.org/index.php

Ambarita, R. S., Wulan, N. S., & Wahyudin, D. (2022). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman pada Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5573–5581. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3298

Amelia, M. A. (2017). Analisis Soal Tes Hasil Belajar High Order Thinking Skills (Hots) Matematika Materi Pecahan Untuk Kelas 5 Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian, 20, 123–131. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/journal-of-chemical-education/article/view/157

Aprinawati, I. (2018). Penggunaan Model Peta Pikiran (Mind Mapping) Untuk Meningkatkan Pemahaman Membaca Wacana Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 2(1), 140–147. https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i1.35

Creswell, J. W. (1991). Creswell’s appreciation of arabian architecture. In Muqarnas (Vol. 8). https://doi.org/10.1163/22118993-90000268

Hasanah, H. (2017). Teknik-Teknik Observasi (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial). At-Taqaddum, 8(1), 21. https://doi.org/10.21580/at.v8i1.1163

Hasanudin, C. (2015). Pembelajaran Membaca Permulaan dengan Menggunakan Media Aplikasi Bamboomedia Bmgames Apps Pintar Membaca Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Siswa SD Menghadapi MEA. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 5(1), 1–12. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i1.84

Hidayah, N., & Hermansyah, F. (2016). Hubungan antara motivasi belajar dan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas v madrasah ibtidaiyah negeri 2 bandar lampung tahun 2016/2017. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 3(2), 1–21. https://doi.org/10.24042/terampil.v3i2.1190

Junita, F. (2013). Penerapan Strategi Pembelajaran Peer Lesson Dengan Tahapan Learning Cycle Berbasis Inkuiri Untuk Meningkatkan Prestasi Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi Hubungan Antarmakhluk Hidup.

Laily, I. F. (2014). Hubungan Kemampuan Membaca Pemahaman Dengan Kemampuan Memahami Soal Cerita Matematika Sekolah Dasar. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 3(1). https://doi.org/10.24235/eduma.v3i1.8

Lexy J. Moleong. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. 38–50.

Mania, S. (2008). Observasi Sebagai Alat Evaluasi Dalam Dunia Pendidikan Dan Pengajaran. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 11(2), 220–233. https://doi.org/10.24252/lp.2008v11n2a7

Matondang, Z. (2009). Validitas dan Reliabilitas Suatu Instrumen Penelitian. Jurnal Tabularasa, 6(1), 87–97.

Nurhidayah, I., Mulyasari, E., & Robandi, B. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(4), 42–51.

Pratiwi, N., & Aslam, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Picture And Picture terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3697–3703. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1081

Rudyanto, H. E. (2017). Pengaruh Kemampuan Membaca Pemahaman Terhadap Prestasi Belajar Matematika Pada Pokok Bahasan Soal Cerita Kelas IV. Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 2(2), 175–182. https://doi.org/10.21154/ibriez.v2i2.34

Sudrajat, A. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Model Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas IV DI SDN RAWAMANGUN 09 PAGI PULOGADUNG JAKARTA TIMUR. Jurnal Ilmiah PGSD, 9(1), 2016. http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/26849997%0Ahttp://doi.wiley.com/10.1111/jne.12374

Widyawati, wiwik yully. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Picture And Picture Dalam Keterampilan Menulis Untuk Tingkat Universitas. Jurnal Kredo, 2(2), 226–240.

Wulan, A. R. (2007). Pengertian dan Esensi Konsep Evaluasi, Asesmen, Tes, dan Pengukuran (pp. 1–10).

Wulandari, D. (2017). Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPS Kelas II SD Negeri II Kemloko Dengan Menggunakan Model Make a Match. 01(02), 1–14.
Published
2022-12-29
How to Cite
Gustini, D. (2022). PENGGUNAAN MODEL PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS CERITA FABEL SISWA SD. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 2138 - 2149. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.515