PENTINGNYA KETERAMPILAN VARIASI MENGAJAR GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA

  • Ilma Siti Salamah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Arya Chandra Wiguna Universitas Pendidikan Indonesia
  • Devyanne Oktari Universitas Pendidikan Indonesia
  • Jessica Angeline De Eloisa Tobing Universitas Pendidikan Indonesia
  • Prihantini Universitas Pendidikan Indonesia
Keywords: Keterampilan Guru, Minat Belajar, Variasi Mengajar.

Abstract

Seorang guru perlu menguasai dan menerapkan keterampilan mengajar khususnya keterampilan variasi mengajar. Minat belajar siswa saat ini cenderung rendah dikarenakan ada beberapa faktor penyebab hal tersebut terjadi, salah satunya kurang nya guru dalam menguasai keterampilan mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pentingnya keterampilan mengajar guru dalam meningkatkan minat belajar siswa, dengan menggunakan metode kualitatif yang menghasilkan data deskriptif dengan melaksanakan kegiatan observasi dan wawancara pada salah satu sekolah Dasar di Kota Bandung. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa keterampilan variasi mengajar guru dapat berpengaruh pada minat belajar siswa, karena tanpa adanya keterampilan variasi yang dikuasai guru, pembelajaran akan cenderung monoton dan membosankan sehingga siswa kurang memahami materi yang disampaikan karena mereka merasa pembelajaran yang dilaksanakan kurang menarik baginya.

Metrics

Metrics Loading ...

References

DAFTAR PUSTAKA
Fadhila, S. (2019). Hubungan Keterampilan Mengajar Guru dengan Minat Belajar Siswa Kelas V Di SD Islam Al Fatih Desa Ciburuy Kabupaten Bogor (Bachelor's thesis, Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah).
Purba, H., Sitepu, A., & Silaban, P. (2020). Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 242-247.
Jannah, R. M., & Fathoni, A. (2018). Keterampilan Variasi Mengajar Guru dalam Mengoptimalkan Motivasi Belajar Siswa Kelas 2 di SD Negeri Dari 1 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Lestyorini, R. D. (2018). Hubungan Keterampilan Mengajar Guru dengan Minat Belajar Siswa SD Negeri Pagirikan Kecamatan Pasekan Kabupaten Indramayu. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 4(2), 60-70.
Muliani, S., Hasan, H., & Mahmud, M. (2018). Kemampuan Guru dalam Menggunakan Keterampilan Variasi Mengajar di SD Negeri 2 Mata IE Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(4).
Nasional, D. P. (2005). Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005, Tentang Guru Dan Dosen. Jakarta: Depdiknas.
Samson, V. R., & Vyjayanthi, S. (2013). Pre-University Teachers Teaching Skills. Journal Of Education And Practice , 5, 90-96.
Risqi Saputra, E. (2020). Analisis Keterampilan Dasar Mengajar Guru Dalam Penerapan Budaya Sekolah Islam (Busi) Di Sd Islam Sultan Agung 3 Semarang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Sultan Agung).
Setiono, I., Djuwati, P., & Dalifa, D. (2020). Studi Deskriptif Keterampilan Variasi Gaya Mengajar Guru Pada Proses Pembelajaran Di Kelas Ii Sd Negeri 68 Kota Bengkulu. PRIMARY EDUCATION JOURNAL SILAMPARI, 2(2), 1-11.
Sijabat, B. (2019). Hubungan Keterampilan Mengajar Guru Dengan Motivasi Belajar Siswa Di Sd Negeri 101766 Bandar Setia TA 2018/2019(Doctoral dissertation, UNIMED).
Widiyasmurni, Y., & Fathoni, A. (2017). Peran Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Keterampilan Mengajar Guru Pada Pelaksanaan Kurikulum 2013 di SD N Bedoro 2 Sragen(Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Iskandar (2012), Psikologi Pendidikan, Ciputat: Gaung Persada Press.
Pamela, I. S., Chan, F., Fauzia, V., Susanti, E. P., Frimals, A., & Rahmat, O. (2019). Keterampilan guru dalam mengelola kelas. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 23-30.
Sabri. Ahmad. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Ciputat: Quantum Teaching.
Usman. Uzer. 2011. Menjadi Guru Professional. PT. Remaja Rosdakarya.
Rasto. (2015). Pembelajaran Mikro Mengembangkan Keterampilan Mengajar Guru Profesional. Bandung: Alfabeta.
Reber, Arthur S., Emily S. Reber. 2010. Kamus Psikologi. Penerjemah Yudi Santoso, S. Fil. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Hasibuan, J.J dan Moedijono, Proses Belajar mengajar. Bandung, Remaja Rosdakarya, 2012
Ullah, S. Z., Farooq, M. S., & Memon, R. A. (2008). Effectiveness of teacher Education Programmes in developing teaching skills for secondary level. Journal of Quality and Techonology Management , 33-38.
Uno, H. B. (2009). Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Nazir, Moh. (2014). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.
Published
2022-12-28
How to Cite
Ilma Siti Salamah, Arya Chandra Wiguna, Devyanne Oktari, Jessica Angeline De Eloisa Tobing, & Prihantini. (2022). PENTINGNYA KETERAMPILAN VARIASI MENGAJAR GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 2045 - 2057. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.513