PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS I SD

  • Yulia Werisa Rakam IKIP SILIWANGI
  • Asep Samsudin Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan( IKIP) siliwangi - Cimahi
Keywords: Kata kunci: Kemampuan membaca permulaan , model Picture and Picture ,kelas I sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SD Pelita Fajar dengan menggunakan model pembelajaran Picture and Picture Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SD kelas I SD Pelita Fajar yang berjumlah 15 siswa.Penelitian ini menggunakan Mixed Metdhods dengan desain Sequential Explanatory. Sumber data yang diperoleh adalah data kuantitatif dan data kualitatif .Tehnik pengumpulan data kuantitatif dilakukan dengan menggunakan Pretest-postest, ,sedangkan data kualitatif diperoleh dengan menggunakan angket respon siswa dan lembar observasi.Sebelum menggunakan model pembelajaran Picture and Picture hasil rata rata nilaii siswa (pretest) adalah 65,4 Selanjutnya hasil nilai rata rata tes (post test) kemampuan membaca permulaan siswa pada test bacaan menguunakan model Picture and Picture  adalah 75,8.Berdasarkan hasil uji N-gain diperoleh score g = 0,28 dengan kategori sedang.Dilihat dari persentase efektivitas N-gain diperoleh score 28,40 % dengan taksiran cukup efektif .Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pemebelajaran Picture and Picture meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas I SD Pelita Fajar cukup efektif untuk digunakan.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Bahasa dan Sastra Indonesia_ MEMBACA PERMULAAN dan MEMBACA LANJUTAN dalam MEMBACA. (n.d.).
Dunda, A. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Gambar Pada Siswa Kelas I SDN 5 Bulango Selatan. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(3), 1179. https://doi.org/10.37905/aksara.7.3.1179-1184.2021
Ernalis, -, Syahrudin, D., & Abidin, Y. (2016). Optimalisasi Penerapan Model Pembelajaran Reading Aloud With Comprehension (RAC) untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 7(1), 1–10. https://doi.org/10.17509/eh.v7i1.2783
Guntara, Y. (2021). Normalized Gain Ukuran Keefektifan Treatment. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, March, 1–3. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.27603.40482
Harianto, E. (2020). “Keterampilan Membaca dalam Pembelajaran Bahasa.” Jurnal Didaktika, 9(1), 1–8. https://jurnaldidaktika.org/
Hidayah, N. (2015). Penanaman nilai-nilai karakter dalam pembelajaran bahasa Indonesia di Sekolah Dasar 190. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar Volume 2 Nomor 2 Desember 2015 P-ISSN 2355-1925 PENANAMAN, 2, 190–204.
Kharis, A. (2019). Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Model Pembelajaran Picture and Picture Berbasis IT pada Tematik. Mimbar PGSD Undiksha, 7(3), 173–180. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/download/19387/11458
Muchlison, A. (2022). Implementasi Supervisi Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru dalam Menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal ( KKM ) Pada Guru Bidang Studi SD Negeri 1 Pucanglaban Tulungagung Semester Genap Tahun Pelajaran 2018 / 2019. Jurnal Pembelajaran Dan Riset Pendidikan, 2(1), 1–10. https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jprp
Nana Syaodih Sukmadinata, A. &. (2010). Pengembangan Model Pembelajaran Terpadu Berbasis Budaya Untuk Meningkatkan Apresiasi Siswa Terhadap Budaya Lokal. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 2(2), 189–203. https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.339
Patiung, D. (2016). Membaca Sebagai Sumber Pengembangan Intelektual. Al Daulah : Jurnal Hukum Pidana Dan Ketatanegaraan, 5(2), 352–376. https://doi.org/10.24252/ad.v5i2.4854
Pendidikan, J., Pendidikan, G., Usia, A., Konseling, J. B., Pendidikan, J., Sekolah, G., & Ganesha, U. P. (n.d.). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE MELALUI MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA ANAK TAMAN KANAK-KANAK.
Rahman, B., & Haryanto, H. (2014). Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Media Flashcard Pada Siswa Kelas I Sdn Bajayau Tengah 2. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 127. https://doi.org/10.21831/jpe.v2i2.2650
Ridwan M. (2018). Metode Membaca (p. 97). https://books.google.co.id/books?id=rI7eDwAAQBAJ&pg=PA7&dq=metode+membaca&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwidorrIgcDsAhU24HMBHe-NCiEQ6AEwAXoECAUQAg#v=onepage&q=metode membaca&f=false
Saadah, V. N., & Hidayah, N. (2013). Pengaruh Permainan Scrabble Terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca Anak Disleksia. Jurnal Fakultas Psikologi, 1(1), 39–52.
Subagyo, A. (2020). Aplikasi Metode Riset: Praktik Penelitian Kualitatif, Kuantitatif & Mix Methods (Issue June).
Suriani, S., B, S., & Efendi, E. (2016). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 SDN Ginunggung Melalui Media Kartu Huruf Kec. Galang. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4(10), 62–77. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/3633
Syafridawaty. (2020). Model Pembelajaran Cooperative Learning - UNIVERSITAS RAHARJA. https://raharja.ac.id/2020/11/18/model-pembelajaran-cooperative-learning/
Tarigan, S. (2021). Meningkatkan keterampilan berbahasa Indonesia siswa melalui penerapan pembelajaran berbasis proyek. Indonesian Journal of Educational Development, 2, 148–157. https://doi.org/10.5281/zenodo.4781878
Wulandari, T., Rahmawati, A., & Syamsuddin, M. M. (2019). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Picture Word Inductive Model Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Kumara Cendekia, 7(4), 416. https://doi.org/10.20961/kc.v7i4.35758



Bahasa dan Sastra Indonesia_ MEMBACA PERMULAAN dan MEMBACA LANJUTAN dalam MEMBACA. (n.d.).
Dunda, A. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Gambar Pada Siswa Kelas I SDN 5 Bulango Selatan. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(3), 1179. https://doi.org/10.37905/aksara.7.3.1179-1184.2021
Ernalis, -, Syahrudin, D., & Abidin, Y. (2016). Optimalisasi Penerapan Model Pembelajaran Reading Aloud With Comprehension (RAC) untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 7(1), 1–10. https://doi.org/10.17509/eh.v7i1.2783
Guntara, Y. (2021). Normalized Gain Ukuran Keefektifan Treatment. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, March, 1–3. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.27603.40482
Harianto, E. (2020). “Keterampilan Membaca dalam Pembelajaran Bahasa.” Jurnal Didaktika, 9(1), 1–8. https://jurnaldidaktika.org/
Hidayah, N. (2015). Penanaman nilai-nilai karakter dalam pembelajaran bahasa Indonesia di Sekolah Dasar 190. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar Volume 2 Nomor 2 Desember 2015 P-ISSN 2355-1925 PENANAMAN, 2, 190–204.
Kharis, A. (2019). Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Model Pembelajaran Picture and Picture Berbasis IT pada Tematik. Mimbar PGSD Undiksha, 7(3), 173–180. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/download/19387/11458
Muchlison, A. (2022). Implementasi Supervisi Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru dalam Menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal ( KKM ) Pada Guru Bidang Studi SD Negeri 1 Pucanglaban Tulungagung Semester Genap Tahun Pelajaran 2018 / 2019. Jurnal Pembelajaran Dan Riset Pendidikan, 2(1), 1–10. https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jprp
Nana Syaodih Sukmadinata, A. &. (2010). Pengembangan Model Pembelajaran Terpadu Berbasis Budaya Untuk Meningkatkan Apresiasi Siswa Terhadap Budaya Lokal. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 2(2), 189–203. https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.339
Patiung, D. (2016). Membaca Sebagai Sumber Pengembangan Intelektual. Al Daulah : Jurnal Hukum Pidana Dan Ketatanegaraan, 5(2), 352–376. https://doi.org/10.24252/ad.v5i2.4854
Pendidikan, J., Pendidikan, G., Usia, A., Konseling, J. B., Pendidikan, J., Sekolah, G., & Ganesha, U. P. (n.d.). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE MELALUI MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA ANAK TAMAN KANAK-KANAK.
Rahman, B., & Haryanto, H. (2014). Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Media Flashcard Pada Siswa Kelas I Sdn Bajayau Tengah 2. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 127. https://doi.org/10.21831/jpe.v2i2.2650
Ridwan M. (2018). Metode Membaca (p. 97). https://books.google.co.id/books?id=rI7eDwAAQBAJ&pg=PA7&dq=metode+membaca&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwidorrIgcDsAhU24HMBHe-NCiEQ6AEwAXoECAUQAg#v=onepage&q=metode membaca&f=false
Saadah, V. N., & Hidayah, N. (2013). Pengaruh Permainan Scrabble Terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca Anak Disleksia. Jurnal Fakultas Psikologi, 1(1), 39–52.
Subagyo, A. (2020). Aplikasi Metode Riset: Praktik Penelitian Kualitatif, Kuantitatif & Mix Methods (Issue June).
Suriani, S., B, S., & Efendi, E. (2016). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 SDN Ginunggung Melalui Media Kartu Huruf Kec. Galang. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4(10), 62–77. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/3633
Syafridawaty. (2020). Model Pembelajaran Cooperative Learning - UNIVERSITAS RAHARJA. https://raharja.ac.id/2020/11/18/model-pembelajaran-cooperative-learning/
Tarigan, S. (2021). Meningkatkan keterampilan berbahasa Indonesia siswa melalui penerapan pembelajaran berbasis proyek. Indonesian Journal of Educational Development, 2, 148–157. https://doi.org/10.5281/zenodo.4781878
Wulandari, T., Rahmawati, A., & Syamsuddin, M. M. (2019). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Picture Word Inductive Model Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Kumara Cendekia, 7(4), 416. https://doi.org/10.20961/kc.v7i4.35758
Published
2022-12-28
How to Cite
Rakam, Y. W., & Samsudin, A. (2022). PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS I SD. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 2058 - 2070. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.512