PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTUAN MEDIA KARTU KAPSUL POSITIF DAN NEGATIF TERHADAP HASIL BELAJAR DI SEKOLAH DASAR

  • Amalina Qoyyimah Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Dyah Triwahyuningtyas PGSD FIP Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Nyamik Rahayu Sesanti PGSD FIP Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
Keywords: Kata kunci: model pembelajaran NHT, kartu kapsul positif dan negatif , hasil belajar

Abstract

Permasalahan yang peneliti temukan di sekolah kelas IV SD Negeri 5 Kalirejo Kec. Lawang  adalah guru kurang memanfaatkan model dan media pembelajaran. Sehingga berdampak pada menurunnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara signifikan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) berbantuan media pembelajaran kartu kapsul positif dan negatif pada siswa kelas IV di SD Negeri 5 Kalirejo Kecamatan Lawang. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan rancangan Quasi Experimental Design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh populasi siswa kelas IV A sebanyak 23 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IV B sebanyak 21 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan tes. Teknis analisis data yag digunakan pada penelitian adalah uji homogenitas, normalitas dan uji t. Hasil penelitian menghasilan siswa lebih aktif dalam pembelajaran, dapat lebih aktif dalam mengusulkan ide-ide dalam berkelompok, aktif dalam menjawab soal yang telah diberikan. Penggunaan model Numbered Head Together (NHT) berbantuan media kartu kapsul positif dan negatif berpengaruh dalam mencapai hasil belajar siswa yang sesuai dengan KKM. Hasil belajar mengalami perubahan yang diperoleh siswa dengan menguji pretest dan posttest menggunakan model NHT berbantuan media. Hal ini terbukti dari nilai hitung pada penelitian adalah sebesar -2.320 dengan nilai sig 0,025<0,05.

 

 

Metrics

Metrics Loading ...

References

Ardani, Lola Viska. 2021. “Alat Peraga Kartu Bilangan Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V SD Lola Viska Ardani” 9 (1): 1–12.
Cahya. 2019. “MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MENJUMLAHKAN DAN MENGURANGKAN BILANGAN BULATMELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT)” 02 (02): 357–67.
Daryanto. 2011. Penelitian Tindakan Kelas Dan Penelitian Tindakan Sekolah. Edisi pert. Yogyakarta: Gava Media.
Empaykomalawati. 2018. “Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Pada Meteri Operasi Hitung Bilangan Bulat,” 151–59.
Fathurrohman, Muhammad. 2015a. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Edited by Nur Hidayah. Cetakan 1. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Fatimah. 2018. “Penggunaan Kartu Berwarna Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat,” 99–114.
Hartanti, Titin. 2012. “Penggunaan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Dalam Peningkatan Hasil Belajar Matematika Tentang Bilangan Bulat Pada Siswa Kelas IV SDN Karangsari Tahun Ajaran 2011/2012.”
Kasmadi, and Nia Siti Sunariah. 2014. Panduan Modern Penelitian Kuantitatif. Cet-2. Bandung: Alfabeta.
Khaeroni. 2015. “Ragam Permasalahan Dalam Pembelajaran Operasi Hitung Bilanagan Bulat Di SD/MI” VII, No.2: 194.
Khoiriah, Siti. 2014. “Penggunaan Kartu Berwarna Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat Di Kelas IV SD Inpres 2 Slametharjo Kecamatan Moilong” 4 (12): 1–13.
Kistian, Agus. 2018. “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER ( NHT ) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI KELAS IV SDN 4 BANDA ACEH” IX (2): 71–82.
Miftahul, Huda. 2014. Model-Model Pegajaran Dan Pembelajaran. Jogjakarta: Pustaka Belajar.
Pranata, Oyon Haki, and Resa Respati. 2019. “Pengaruh Media Kartu Bilangan Terhadap Pemahaman Siswa Mengenai Operasi Pengurangan Bilangan Bulat” 6 (1): 58–67.
Prastowo, Andi. 2011. Memahami Metode-Metode Penelitian: Suatu Tinjauan Teoritis Dan Praksis. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Putri, Malinda Sari. 2016. “Penggunaan Media Kartu Bilangan Positif Negatif Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat Siswa Kelas IV SD Negeri Delegan II Prambanan.”
Sari, Linda Kartika. 2018. “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SD NEGERI 27 BENGKULU TENGAH.” INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) BENGKULU.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Edited by Rose KR. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Soeparni. 2022. “Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat Melalui Teknik Numbered Head Together ( NHT )” 2: 212–22.
Sumidah, Edlis. 2018. “PENINGKATAN KEMAMPUAN BELAJAR MELALUI PENGGUNAAN TEKNIK KARTU BILANGAN DENGAN MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT)” 3: 28–35.
Published
2022-12-24
How to Cite
Amalina Qoyyimah, Triwahyuningtyas, D., & Rahayu Sesanti, N. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTUAN MEDIA KARTU KAPSUL POSITIF DAN NEGATIF TERHADAP HASIL BELAJAR DI SEKOLAH DASAR. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 1943 - 1952. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.501