MENINGKATKAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN KOLASE MENGGUNAKAN CANGKANG TELUR PADA ANAK KELOMPOK B TK FLAMBOYAN SARITA DESA PUNTI KECAMATAN SOROMANDI BIMA (NTB)

  • Kusmiati PGPAUD Unismuh Makassar
  • Nur Alim Amri PGPAUD FKIP Universitas Muhammadiyah Makassar
Keywords: Fine Motoric, Collage Activities, Using Eggshells

Abstract

Improving Fine Motorics Through Collage Activities Using Eggshells in Group B Children of the Flamboyan Sarita Kindergarten, Punti Village, Soromandi Bima District (NTB). Thesis. The main problem in this study is how to improve fine motor skills through collage activities using eggshells for children in Group B Kindergarten Flamboyan Sarita, Punti Village, Soromandi District, Bima (NTB). This study aims to improve fine motor skills through collage activities using eggshells in group B children at the Flamboyan Sarita Kindergarten, Punti Village, Soromandi Bima District (NTB). This type of research is class action research (Classroom Action Research) which consists of two cycles where each cycle is held in two meetings. Research procedures include planning, implementation of action, observation and reflection. The subject of this study was Group B Kindergarten Flamboyan Sarita, Punti Village, Soromandi Bima District (NTB). The results showed that there was an increase in fine motor skills through collage activities using eggshells in group B children at the Flamboyan Sarita Kindergarten, Punti Village, Soromandi Bima District (NTB). Improving fine motor skills in collage activities using egg shells which includes 3 indicators, drawing patterns, sticking egg shells on patterns, cutting the collage results according to patterns. Based on the results of the research above, it can be interpreted that the ability to improve fine motor skills through collage activities using eggshells in group B children at the Flamboyan Sarita Kindergarten, Punti Village, Soromandi Bima District (NTB). Increased.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Taznidaturrohmah et al. (2022). Keahlian motorik halus bekerja dengan mengaitkan otot kecil pada bagian badan motorik halus berpengaruh besar terhadap keahlian anak secarar akademik pada pembelajaran dasar.
Fitriani rohyana, (2018). Perkembangan fisik motorik anak usia dini. Jurnal golden agen hamzanwadi university, 3 (1), 25-34
Dadan suryana. (2818). Stimulasi dan aspek perkembangan anak, Jakarta: kencana.
Fitriani annisa, (2018). Peningkatan kemampuan motorik halus anak usia dini melalui kegiatan kolase media daun ketepeng”, jurnal aulad 1 (1):9.
Arifah, R. 2014. Mengembangkan kemampuan motorik halus melalui teknik mozaik pada anak kelompok A Di TK ABA Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Arikunto, dkk. 2011. Penelitian tindakan kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara
Dadan suryana. (2018) stimulasi dan aspek perkembangan anak, Jakarta: kencana
Decaprio, R. 2013. Aplikasi teori pembelajaran motorik di sekolah. Jogjakarta: DIVA Press
Fitri annisa. (2018). Peningkatan kemampuan motorik halus anak usia dini melalui kegiatan kolase media daun ketepeng”, jurnal aulad 1 (1):9.
Ibrahim, H. tampa tahun. Meningkatkan kreativitas anak melalui kegiatan kolase pada kelompok B Di TK Herlina kecamatan tilango kabupaten gorontalo. Skripsi. Tidak diterbitkan. Gorontalo: Universitas gorontalo
Madiarti, H. 2013. Peningkatan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan kolase dengan menggunakan media berbantuan bahan alam di PAUD Melati kabupaten lebong. Skripsi. Tidak diterbitkan. Bengkulu: Univesitas Bengkulu.
Maisyaroh, N. 2016. Peningkatan kemampuan motorik halus anak kelompok A melalui kegiatan kolase di raudhotul Athfal Miftahul Ulum Sukorejo Pasrujambe Kabupaten Lumajang Tahun Pelejaran 2015/2016. Skripssi Jember: Univesitas Jember
Mudrikah, s. 2015. Meningkatkan kemampuan motorik halus melalui kegiatan kolase dengan daun kering pada anak kelompok B TK Dharma wanita pulotondo kecamatan tulunggung. Skripsis. Tidak diterbitkan. Kediri: universitas nusantara PGRI Kediri.
Muharrar. S dan Verayanti. S. Kreasi kolase, montase, mozaik sederhana. Jakarta: erlangga
Nur, A. 2016. Pengaruh kegiatan bermain kolase terhadap kemampuan motorik halus anak kelompok B di TK Al-Hazhar 7 natar lampung selatan tahun pelajaran 2015/2016. Skripsi. Tidak diterbitkan. Bandar lampung: Universitas lampung
Pamadi, H, dkk. 2014. Seni keterampilan anak. Tangerang selatan: Universitas terbuka
Rahyubi, H. 2012. Teori-teori belajar dan aplikasi pembelajaran motorik. Bandung: Nusa Media.
Rochmawati, F. 2014. Kolase dapat meningkatkan motorik halus pada anak ikelompok B TK Krebet kecamatan masaran kabupaten srangen tahun 2013/2014. Skripsi. Tidak di terbitkan. Srangen: Universitas Muhammadiyah Sukarta
Sujiono, dkk. 2014. Metode pengembangan fisik. Tanggerang selatan: Universitas Terbuka
Published
2022-12-20
How to Cite
Kusmiati, & Alim Amri, N. (2022). MENINGKATKAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN KOLASE MENGGUNAKAN CANGKANG TELUR PADA ANAK KELOMPOK B TK FLAMBOYAN SARITA DESA PUNTI KECAMATAN SOROMANDI BIMA (NTB). Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 1916 - 1923. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.498