PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DIGITAL BERBASIS ARTICULATE STORYLINE PADA SUBTEMA PEMANFAATAN KEKAYAAN ALAM DI INDONESIA

  • Nabila Wihardini Bilaw Universitas Pakuan
  • Teti Rostikawati PGSD Universitas Pakuan
  • Dendy Saeful Zen. M.F. PGSD Universitas Pakuan
Keywords: Articulate Storyline, Multimedia Interaktif, Digital, Tematik SD

Abstract

Berdasarkan hasil analisis penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa produk yang dihasilkan dari pengembangan media interaktif ini dinyatakan layak dan mampu menarik perhatian siswa yang berdampak pada penilaian kemampuan kognitif. Hal ini dibuktikan dengan hasil validasi ahli tiga dosen dan tiga guru kelas IV memperoleh rata-rata 97% dengan klasifikasi “Sangat Layak” diperkuat dengan perolehan N-Gain mencapai persentase 74% pada kategori “Tinggi” kategori serta angket respon siswa. dan guru mendapatkan hasil yang baik dengan prosentase 93,1% untuk respon siswa dan 94% respon guru dengan kriteria “Sangat Layak” Berdasarkan keterangan diatas maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline pada Tema 9 Kayanya Negeriku Subtema 2 Pemanfaatan Sumber Daya Alam di Indonesia pembelajaran 5 memenuhi kriteria valid dan sangat layak digunakan dalam pembelajaran di kelas IV Sekolah Dasar (SD).

Kata Kunci: Articulate Storyline, Tematik SD, Media Pembelajaran.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Rohman, S.N. (2020) ‘Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam untuk Kelas V Madrasah Ibtidaiyah’, Repository UIN Raden Intan Lampung, p. 64.
Suardi, N.P. (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline Pada Kelas VI Tema 9 Subtema 2 di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Iman Pematang Gajah, Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin.
Published
2022-12-19
How to Cite
Bilaw, N. W., Teti Rostikawati, & Dendy Saeful Zen. M.F. (2022). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DIGITAL BERBASIS ARTICULATE STORYLINE PADA SUBTEMA PEMANFAATAN KEKAYAAN ALAM DI INDONESIA. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 1859 - 1867. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.469