PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KURIKULUM MERDEKA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI KELAS IV SEKOLAH DASAR

  • Nevi Novelita Universitas Negeri Padang
  • Darmansyah Program Studi Pendidikan Dasar, Universitas Negeri Padang, Sumatera Barat
Keywords: Aktivitas, Hasil Belajar, Kurikulum Merdeka, Problem Based Learning.

Abstract

Penelitian ini berawal dari refleksi guru tentang kurikulum merdeka di sekolah dasar. Dalam proses pembelajaran terlihat bahwa aktivitas siswa dalam belajar kurikulum merdeka di kelas IV SDN 23 Malabur masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengumpulkan data dan informasi mengenai aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 23 Malabur dengan menerapkan model Problem Based Learning. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN 23 Malabur sebanyak 20 orang. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus. Rancangan penelitian ini meliputi, (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) tindakan dan pengamatan, dan (4) refleksi. Data dikumpulkan dengan observasi dan melakukan tes hasil belajar siswa. Analisis data dilakukan dengan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan aktivitas belajar siswa sebesar 24% dan begitu pula peningkatan hasil belajar sebesar 15%. Dengan demikian, model Problem Based Learning terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 23 Malabur.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Anwar, Z. (2012). Pelaksanaan pembelajaran matematika di sekolah dasar. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 5(2).
Arini, F. D., Choiri, A. S., & Sunardi, S. (2016). The Use of Comic As A Learning Aid To Improve Learning Interest of Slow Learner Student. European Journal of Special Education Research.
Ashcraft, M. H., & Guillaume, M. M. (2009). Chapter 4 Mathematical Cognition and the Problem Size Effect. Psychology of Learning and Motivation - Advances in Research and Theory (Vol. 51). https://doi.org/10.1016/S0079-7421(09)51004-3
Fauzan, A., Armiati, A., & Ceria, C. (2018). A Learning Trajectory for Teaching Social Arithmetic using RME Approach. In IOP Conference Series: Materials Science and Engineering (Vol. 335, p. 12121).
Fauzan, A., & Yerizon, Y. (2013). Pengaruh Pendekatan RME dan Kemandirian Belajar Terhadap Kemamampuan Matematis Siswa. Prosiding SEMIRATA 2013, 1(1).
Fauzan, A., & Yezita, E. (2016). Pengembangan Alur Belajar Topik Perbandingan dengan Pendekatan RME. Prosiding Konaspi VIII Di Jakarta Tahun 2016.
Fauziah, P. (2016). PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF CERDAS BELAJAR BACA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN (Studi Eksperimen Dengan Desain Single Subject Research Terhadap Siswa Tunagrahita Ringan Kelas III SDLB C Cinta Asih). UNIK (Jurnal Ilmiah Pendidikan Luar Biasa), 1(1).
Husen, S. D., Anggraeni, F., & Sari, R. (2019). Penggunaan Media Kartu Angka Untuk Peningkatan Kemampuan Pengenalan Numerik Pada Anak Autis. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 3(2), 15–24.
Ilmi, R., & Bentri, A. (2019). RME Approach and Mind Map Methode to Enhance Mathematical Cognition of Elementary School Students. Journal of Physics: Conference Series, 1387(1), 5–10. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1387/1/012138
Kusuma, D. A. C., & Rejeki, S. (2019). Analisis Pembelajaran Matematika untuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di Sekolah Inklusi SMK Negeri 9 Surakarta. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Li, M. F., & Yang, D. (2010). Development and validation of a computer‐administered number sense scale for fifth‐grade children in Taiwan. School Science and Mathematics, 110(4), 220–230.
Marlina. (2019). Asesmen Kesulitan Belajar (I). Jakarta: Prenada Media Gruop.
Marta, H., Fitria, Y., Hadiyanto, H., & Zikri, A. (2020). Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning Pada Pembelajaran Ipa Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 149–157. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.334
Muawanah, A. (2019). PROBLEMATIKA PENYELESAIAN MATEMATIKA OLEH SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS SLOW LEARNER. University of Muhammadiyah Malang.
Subandi. (2014). Pengembangan Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar.
Suwardana, H. (2018). Revolusi Industri 4. 0 Berbasis Revolusi Mental. JATI UNIK : Jurnal Ilmiah Teknik Dan Manajemen Industri. https://doi.org/10.30737/jatiunik.v1i2.117
Vivi, L., Fitria, Y., Miaz, Y., & Ahmad, Z. (2020). Pembelajaran IPA Dengan Strategi Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu.
Published
2022-12-15
How to Cite
Novelita, N., & Darmansyah. (2022). PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KURIKULUM MERDEKA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 1538 - 1550. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.446