PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR
Abstract
Kemampuan komunikasi matematis siswa SDN Gugus VI Kecamatan Lubuk Basung masih rendah sehingga ini menjadi alasan untuk melakukan penelitian ini. Siswa cendrung pasif dan tidak memahami soal terlebih dahulu serta tidak membuat perencanaan dalam menyelesaikan soal dengan langsung menulis jawaban. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS).Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Gugus VI Kecamatan Lubuk Basung. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 57 Anak Air Kumayan dan siswa kelas V SDN 57 Anak Air Kumayan Kecamatan Lubuk Basung. Data penelitian diperoleh dari hasil tes dan angket. Analisis data menggunakan uji T dan anova dua arah.Hasil penelitian menunjukkan: 1) Kemampuan komunikasi matematis siswa yang belajar dengan model TPS lebih baik dari yang menggunakan pendekatan konvensional. 2) Kemampuan komunikasi matematis siswa dengan motivasi belajar tinggi dan rendah yang mengikuti pembelajaran dengan model TPS lebih baik dari yang menggunakan pendekatan konvensional. 3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi belajar dalam mempengaruhi kemampuan komunikasi matematis.
Metrics
References
Dessy, Noor Ariani. (2017). Strategi Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SD/MI. Muallimuna Jurnal Madrasah Ibtidaiyah Volume 3 No 1
Eviyanti, Cut Yuniza, dkk. (2017). Improving the Students’ Mathematical Problem Solving Ability by Applying Problem Based Learning Model in VII Grade at SMPN 1 Banda Aceh Indonesia. International Journal of Novel Research in Education and Learning. 4, Issue 2, pp: (138-144).
Lenny, Zahora, Firman, Desyandri. (2018). The Effect of Using Quantum Teaching and Motivation in Learning Toward Student Achievement. Jurnal Aplikasi Iptek Indonesia, vol 2 no 4
Lestari, Puji A. 2013. Peningkatan motivasi belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) dalam pembelajaran IPS kelas IV Sekolah Dasar. JPGSD Volume 01 nomor 02 tahun 2013,0-126:1.
Marlina, Hajidin, M. Ihksan. 2014. Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Di SMA Negeri 1 Bireuen. Jurnal Didadik Matematika ISSN: 2355. 4185 Vol 1 No 1 : 83-93
Muslimin Ibrahim. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Semarang: University Press
Nuraini, Fatimah. 2015. Implementasi Cooperative Learning Tipe Think Pair Share Dalam Pembelajaran Bercerita Di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Humaniora Vol. 16, No 2 Agustus 2015: 90-98
Rahayu, Riska dan Surya, E,. 2017. Peningkatan Kemampuan Komunikasi Dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Ar-Rahman Percut Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievment (STAD). Jurnal Pendidikan Matematika PARADIKMA, Vol. 7 Nomor 1
Sagala, Syaiful. (2009). Konsep dan Makna Pembelajaran untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta
Wahyuni, Tri. 2012. Implementasi Cooperative Learning Tipe Think Pair Share Pada Pembelajaran IPS. Journal Of Education Social Studies 1 (2) (2012) ISSN 2252 - 6390