PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE TTW (THINK TALK WRITE) DI KELAS IVA SDIT CAHAYA HATI PAUH KAMBAR

  • Nur Azizah Universitas Negeri Padang
  • Mai Sri Lena Universitas Negeri Padang
Keywords: TTW (Think Talk Write), Hasil Belajar, Tematik Terpadu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe TTW (Think Talk Write) di Kelas IVA SDIT Cahaya Hati Pauh Kambar. Jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilaksanakan sebanyak dua siklus. Rancangan penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan 25 peserta didik kelas IV A SDIT Cahaya Hati Pauh Kambar. Teknik pengumpulan data melalui observasi, tes dan penilaian RPP. Hasil penelitian pengamatan RPP siklus I memperoleh rata-rata 88% dengan kategori baik (B) meningkat pada siklus II menjadi 100% kategori amat baik (AB). Pelaksanaan pada aspek guru siklus I memperoleh rata-rata 91% meningkat pada siklus II yaitu 100% dengan kategori amat baik (AB). Pelaksanaan pada aspek peserta didik siklus I memperoleh rata-rata 93% meningkat pada siklus II yaitu 100% dengan kategori amat baik (AB). Pada aspek pengetahuan pada siklus I memperoleh rata-rata 77,8 dengan kategori baik (B) meningkat pada siklus II menjadi 92,4 dengan kategori sangat baik (SB). Sedangkan pada aspek keterampilan pada siklus I memperoleh rata-rata 81,94  dengan kategori baik (B) meningkat pada siklus II menjadi 93,48 dengan kategori sangat baik (SB).

Metrics

Metrics Loading ...

References

Angriani, Andi Dian. 2016. Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah melalui Pembelajaran Kooperatif Think-Talk-Write pada Peserta Didik Kelas VIII MTsN Model Makassar. Jurnal Matematika dan Pembelajaran. 4(1).

Arikunto. (2011). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, dkk. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Faisal. (2014). Sukses Mengawal Kurikulum 2013 di SD (Teori dan Aplikasi). Yogyakarta: Diandra Creative.

Kemendikbud. (2014). Maia Manajteri Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Lena, M. S., Netriwati, Aini, N. R. (2019) Metode Penelitian. Purwokerto: CV IRDH.

Majid, Abdul. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. 2014. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Prastowo, Andi. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Yogjakarta: DIVA Press.

Syaifuddin, M. (2017). Implementasi Pembelajaran Tematik di Kelas 2 SD Negeri Demangan Yogyakarta. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 2(2), 139. https://doi.org/10.24042/tadris.v2i2.2142

Uno, Hamzah B, dkk. (2012). Menjadi Peneliti PTK yang Profesional. Jakarta: Bumi Aksara.

Widyastono, Herry. (2015). Pengembangan Kurikulum di Era Otonomi Daeah. Jakarta: Bumi Aksara.

Zainudin. M., Sutansi, Fatih. M., & Perdana. R. K. (2019). Bimbingan Teknis Penyusunan Rencana Pembelajaran Berbasis Karakter Aplikasi Kurikulum 2013 Di Blitar Raya. Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Nusantara (JPPNu). 1(1), Juli 2019, 2685-3884. http://journal.unublitar.ac .id/jppnu
Published
2022-12-09
How to Cite
Nur Azizah, & Sri Lena, M. (2022). PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE TTW (THINK TALK WRITE) DI KELAS IVA SDIT CAHAYA HATI PAUH KAMBAR. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 1309 - 1323. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.442