ANALISIS KESULITAN MEMBACA PADA ANAK KELAS TINGGI SEKOLAH DASAR

  • Siti Halilah Hufinah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Keywords: Kata Kunci: kesulitan membaca, kelas tinggi

Abstract

Penelitian ini untuk mendeskripsikan hasil kesulitan membaca siswa kelas tinggi dan faktor yang menghambat pembaca kelas tinggi. Subjek yang digunakan adalah siswa kelas V/A. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada 3 anak dari kelas V/A yang mengalami kesulitan membaca. Faktor penyebab terjadinya kesulitan membaca diantaranya kurangnya perhatian guru dikelas dalam mengajar, kurangnya minat-motivasi membaca serta kurangnya dukungan dari orang tua. Oleh karena itu solusi yang dapat dilakukan oleh guru dan orang tua ialah memberikan perhatian kepada anak dengan melatih membaca terus menerus secara konsisten.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Abdurrahman, Mulyono. 2009. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT.Rineka Cipta.
Albi Anggito & Johan Setiawan, S. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.
Amitya Kumara, A. Jayanti Wulansari & L. Gayatri Yosef. 2014. Perkembangan Kemampuan Membaca (hlm. 1-26), dalam Amitya Kumara, dkk. Kesulitan Berbahasa pada Anak. Yogyakarta: PT Kanisius.
Dalman. (2014). Keterampilan Membaca. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Fitria Cindrakasih, Epa Paujiah (2021). Analisis Kesulitan Anak Kelas Tiga Sekolah Dasar dalam Membaca Permulaan. Jurnal Pendidikan, 10-16.
Henry Guntur Tarigan. 2008. Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Jamaris, Martini. 2014. Kesulitan Belajar: Perspektif, Asesmen, dan Penanggulangannya. Bogor: Ghalia Indonesia.
Margono, S. (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Nana Syaodih Sukmadinata. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nenden Wulansari. 2010. Hubungan Antara Dukungan Orangtua Dalam Belajar Membaca dengan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 2 SDN Bakti Jaya 3 Depok. Skripsi. Tidak diterbitkan. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Priyanto, A. (2012). Diagnosis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa SD/MI Melalui Analisis Reading Readiness.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kualitatif dan R & D. Bandung.Alfabeta.
Tarigan, Henry Guntur. (2018). Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa.
Widyorini, Endang. & Julia Maria van Tiel. (2017). Disleksia: Deteksi, Diagnosa, Penanganan di Sekolah dan di Rumah. Jakarta: Prenad.
Winarsih. 2013. "Upaya Guru dalam mengatasi kesulitan belajar membaca, menulis, berhitung pada siswa kelas 1 di SD negeri jatiroto, kulonprogo". Diaksespada 21 Desember 2015 (http://eprints.uny.ac.id/11036/)
Published
2022-12-08
How to Cite
Hufinah, S. H. (2022). ANALISIS KESULITAN MEMBACA PADA ANAK KELAS TINGGI SEKOLAH DASAR. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 788 - 885. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.437