PENERAPAN METODE REWARD DAN PUNISHMNET KELAS 4 SD DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN DISIPLIN DI SDN SERANG 11
Abstract
ABSTRACT
Education is learning and learning activities that are carried out consciously in order
to be able to develop self-potential, think, character and apply values to shape
humans to be better and have the potential to build the nation. Character building
must be supported by high motivation. In the learning process, motivation is a
necessary aspect of supporting learning activities. Good motivation can encourage
students to get good results in learning. The research method that researchers use
is descriptive qualitative research. This study used interview techniques,
observation, and implementation of lesson plans with the reward and punishment
method. The results of this study indicate that the application of the reward and
punishment method in increasing the motivation and, character of student discipline
must be adapted to the students and according to the agreement, not to use violence
in their behavior and to comply with the regulations that apply in schools.
ABSTRAK
Pendidikan adalah kegiatan belajar dan pembelajaran yang dilakukan secara
sadar agar dapat mengembangkan potensi diri, berpikir, karakter dan menerapkan
nilai – nilai membentuk manusia menjadi lebih baik dan berpotensi dalam
membangun bangsa .Pembentukan karakter harus didukung dengan motivasi yang
tinggi. Motivasi merupakan aspek yang penting dalam mendukung berjalannya
kegiatan belajar mengajar. Motivasi yang tepat dapat merangsang peserta didik
agar memperolah hasil yang baik selama belajar. Metode penelitian yang digunakan
adalah penelitian deskriptif kualitatif. Pengambilan data diperoleh dengan teknik
wawancara, observasi serta penerapan RPP dengan metode reward dan
punishment. Hasil penelitian ini menyakinkan bahwa penerapan metode reward dan
punishment yang dalam meningkatkan motivasi dan karakter disiplin peserta didik
harus disesuaikan dengan peserta didik dan sesuai kesepakatan, tidak
menggunakan kekerasan dalam pekasanaan nya dan tetap menaati peraturan yang
berlaku di sekolah.
Metrics
References
Hukum. Malang : Bagus Media
Puslitbang.
Agustin, M, & Syaodih. (2008).Bimbingan konseling untuk anak usia
dini. Jakarta: UT
Atmaja, Purwa P. 2017. Psikologi
Kepribadian dengan Perspektif
Baru. Yogjakarta: Ar- Ruzz Media.
Cetakan 2.
Herdiansyah, H. 2010. Metode
Penelitian Kualitatif untuk Ilmu
Sosial. Jakarta: Salemba Empat
Humanika.
Indonesia. UU No. 20 Tahun 2003
Tujuan Pendidikan Nasional.
Jakarta
Kompri. (2016). Motivasi Pembelajaran
Perspektif Guru dan Peserta didik.
Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Offset
Ngalim Purwanto. 2009. Evaluasi
Hasil Belajar. Yogyakarta : Pustaka
Pelajar
Nisa, Y . 2018. Peningkatkan Motivasi
Belajar dengan Pemberian Reward
dan Punishmen yang Positif .
Cirebon : Universitas Swadaya
Gunung Jati. Jilid 6
Prawira, P. Atmaja. (2017). Psikologi
Pendidikan dalam Perspektif Baru.
Jogyakarta: ArRuzz Media
Purnomo, H & khotimah, H. 2012.
MODEL REWARD DAN
PUNISHMENT Perspektif Pendidikan
Islam. Yogyakarta : Deepublish.
Slameto. 2010. Belajar dan FaktorFaktor yang Mempengaruhinya.
Jakarta: Rineka Cipta. Cet.3 Rev
Sujarweni, V. Wiratna. 2014. Metode
Penelitian: Lengkap, Praktis, dan
Mudah Dipahami. Yogyakarta:
Pustaka Baru Press.
Sutrisno, E .(2017). Manajemen
Sumber Daya Manusia. Jakarta :
Kencana.