UPAYA GURU DALAM PENANGANAN SISWA DISLEKSIA

  • Qisti Khaulani Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Keywords: Kata Kunci : Anak Disleksia, Upaya Guru, Kesulitan Belajar

Abstract

Setiap warga Negara memiliki hak untuk mendapatkan pendidikan yang bermutu dan baik, terlepas dari keadaannya yang berbeda dari masyarakat umum. Dalam hal ini tidak boleh adanya diskriminasi hak pelayanan pendidikan termasuk bagi anak yang mengalami kesulitan belajar termasuk anak disleksia. Permasalahan yang terjadi dalam penelitian ini yaitu terdapatnya anak disleksia di kelas atas dimana siswa disleksia mengalami kesulitan dalam membaca terutama mengeja perkalimat dan lambat dalam mengerjakan tugas. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menelaah lebih dalam upaya penanganan anak disleksia di SDN Serang 13 dengan fokus cara guru mengidentifikasi siswa sidleksia, dan strategi guru dalam menangani siswa yang mengalami gangguan disleksia. Metodologi yang digunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil yang didapatkan yaitu guru membimbing dan mengajarkan siswa disleksia untuk dapat mengetahui huruf atau berlatih membaca perkata maupun perkalimat serta memberikan tambahan waktu untuk belajar di luar jam pelajaran.

Metrics

Metrics Loading ...

References

JURNAL:
Adilah Mardhiyah, N. F. (2019). Hambatan dan Upaya Guru Dalam Penanganan Siswa Disleksia Di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Kejuruan Muda, Aceh Tamiang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan dan Konseling, 18.
Annisa’ Ni’ma Savira, R. F. (2018). Peningkatan Minat Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Ceramah Interaktif. FACTOR M, 43-46.
Ika Firma Ningsih Dian Primasari, A. S. (2021). Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Disleksia dengan Metode Multisensori di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 1800.
Langgam Firdausy, A. W. (n.d.). Studi Deskriptif Penanganan Siswa Disleksia Di Sekolah Dasar Widya Wiyata Sidoarjo. UNESA Universitas Negeri Surabaya, 3-4.
Nasution, M. K. (2017). Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa. STUDIA DIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 9-10.
Rifa Harti Astuti, E. T. (n.d.). Analisis Metode Ceramah Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Man 1 Kota Semarang. Seminar Nasional Edusaintek FMIPA UNIMUS 2019, 516.
Syifa Qurrota A’yun, E. L. (2022). Upaya Guru Dalam Identifikasi Siswa Disleksia. KOLONI:Jurnal Multidisiplin Ilmu, 470.
Wirabumi, R. (2020). Metode Pembalajaran Ceramah. Annial Conference Islamic Education and Thought ACIET, 108-109.
Yuliana, D. (2022). Strategi Guru Dalam Pembelajaran Bagi Siswa Disleksia Di Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Seduri Mojosari . AU LADA: Jurnal Pendidikan dan Perkembangan Anak , 29.
BUKU:
Sandu Siyoto, A. S. (2015). Dasar Metodologi Penelitian . Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Published
2022-12-08
How to Cite
Khaulani, Q. (2022). UPAYA GURU DALAM PENANGANAN SISWA DISLEKSIA . Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 893 - 902. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.432