ANALISIS RENDAHNYA KEMAMPUAN MEMBACA DAN MELAFALKAN HURUF VOKAL DAN KONSONAN PADA SISWA DI SDN CIMUNCANG CILIK

  • adina universitas sultan agung tirtayasa
Keywords: kemampuan membaca, pemecahan masalah, flash card

Abstract

Kemampuan terpenting yang harus dipelajari pada masa kanak-kanak adalah

membaca. Membaca merupakan sebuah proses yang bukan hanya sekadar

mengucapkan tulisan saja, namun juga melibatkan berbagai kegiatan visual,

psikolinguistik, berpikir, serta metakognitif. Membaca juga artinya salah satu

kegiatan untuk menerima berita termasuk isi serta pemahaman membaca, oleh

karena itu kemampuan membaca sangat penting bagi peserta didik. rendahnya

kemampuan membaca pada peserta didik dapat berpengaruh buruk terhadap

mental peserta didik maupun prestasi belajarnya. Rendahnya kemampuan siswa

dalam membaca berpengaruh terhadap rasa percaya diri sehingga motivasi

belajar menjadi rendah. Rendahnya kemampuan membaca juga terjadi di SDN

Cimuncang Cilik pada kelas 1. Solusi alternatif yang dapat digunkan dalam

permasalahan ini adalah dengan mengubah metode dalam belajar misalnya

dengan menggunakan metode bernyanyi ketika pembelajaran dan menggunkan

media flash card.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Awanisul Huduni, Lalu Hamdian Affandi,
Khairun Nisa. (2022). Analisis
Kesulitan Siswa dalam Membaca
Permulaan di Kelas 1 SD Negeri 3
Darek. Jurnal Ilmiah Profesi
Pendidikan, 394-398.
Dalman. (2014). Keterampilan Membaca.
Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Mitra Rahma , Febrina Dafit . (2021).
ANALISIS KESULITAN MEMBACA
PERMULAAN. Qalamuna - Jurnal
Pendidikan, Sosial, dan Agama, 397-
410.
Putri Nirwana Torau, Muhammad hasby,
Sehe, Edi Waluyo. (2022). Analisis
Kesulitan Membaca pada Siswa
Kelas III SD. DEIKTIS: Jurnal
Pendidikan Bahasa dan Sastra, 380-
399.
Rahim, F. (2015). Pengajaran Membaca di
Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Rahmah Kumullah, Ahmad Yulianto, Ida.
(2019). Peningkatan Membaca
Permulaan Melalui Media Flash Card
pada Siswa. Jurnal Pendidikan, 36-
42.
Somadayo, S. (2011). Strategi dan Teknik
Pembelajaran Membaca.
Yogyakarta: Graha Ilmu.
Tarigan, Henry Guntur. (2018). Membaca
sebagai Suatu Keterampilan
Berbahasa. Bandung : Angkasa.
Ulfiatul Inka Aprilia, Fathurohman, Purbasari.
(2021). Analisis Kesulitan Membaca
Permulaan Siswa Kelas I. Jurnal
Penelitian dan Pengembangan
Pendidikan, 227-233.
Zuchdi, D. (2018). Strategi Meningkatkan
Kemampuan Membaca. Yogyakarta:
UNY Press.
Published
2022-12-09
How to Cite
adina. (2022). ANALISIS RENDAHNYA KEMAMPUAN MEMBACA DAN MELAFALKAN HURUF VOKAL DAN KONSONAN PADA SISWA DI SDN CIMUNCANG CILIK. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 992 - 1001. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.427