ANALISIS RENDAHNYA KEMAMPUAN MEMBACA DAN MELAFALKAN HURUF VOKAL DAN KONSONAN PADA SISWA DI SDN CIMUNCANG CILIK
Abstract
Kemampuan terpenting yang harus dipelajari pada masa kanak-kanak adalah
membaca. Membaca merupakan sebuah proses yang bukan hanya sekadar
mengucapkan tulisan saja, namun juga melibatkan berbagai kegiatan visual,
psikolinguistik, berpikir, serta metakognitif. Membaca juga artinya salah satu
kegiatan untuk menerima berita termasuk isi serta pemahaman membaca, oleh
karena itu kemampuan membaca sangat penting bagi peserta didik. rendahnya
kemampuan membaca pada peserta didik dapat berpengaruh buruk terhadap
mental peserta didik maupun prestasi belajarnya. Rendahnya kemampuan siswa
dalam membaca berpengaruh terhadap rasa percaya diri sehingga motivasi
belajar menjadi rendah. Rendahnya kemampuan membaca juga terjadi di SDN
Cimuncang Cilik pada kelas 1. Solusi alternatif yang dapat digunkan dalam
permasalahan ini adalah dengan mengubah metode dalam belajar misalnya
dengan menggunakan metode bernyanyi ketika pembelajaran dan menggunkan
media flash card.
Metrics
References
Khairun Nisa. (2022). Analisis
Kesulitan Siswa dalam Membaca
Permulaan di Kelas 1 SD Negeri 3
Darek. Jurnal Ilmiah Profesi
Pendidikan, 394-398.
Dalman. (2014). Keterampilan Membaca.
Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Mitra Rahma , Febrina Dafit . (2021).
ANALISIS KESULITAN MEMBACA
PERMULAAN. Qalamuna - Jurnal
Pendidikan, Sosial, dan Agama, 397-
410.
Putri Nirwana Torau, Muhammad hasby,
Sehe, Edi Waluyo. (2022). Analisis
Kesulitan Membaca pada Siswa
Kelas III SD. DEIKTIS: Jurnal
Pendidikan Bahasa dan Sastra, 380-
399.
Rahim, F. (2015). Pengajaran Membaca di
Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Rahmah Kumullah, Ahmad Yulianto, Ida.
(2019). Peningkatan Membaca
Permulaan Melalui Media Flash Card
pada Siswa. Jurnal Pendidikan, 36-
42.
Somadayo, S. (2011). Strategi dan Teknik
Pembelajaran Membaca.
Yogyakarta: Graha Ilmu.
Tarigan, Henry Guntur. (2018). Membaca
sebagai Suatu Keterampilan
Berbahasa. Bandung : Angkasa.
Ulfiatul Inka Aprilia, Fathurohman, Purbasari.
(2021). Analisis Kesulitan Membaca
Permulaan Siswa Kelas I. Jurnal
Penelitian dan Pengembangan
Pendidikan, 227-233.
Zuchdi, D. (2018). Strategi Meningkatkan
Kemampuan Membaca. Yogyakarta:
UNY Press.