PENGEMBANGAN SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) MELALUI APLIKASI PROPROFS PADA TEMA 7 SUBTEMA 1 PB 3 UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

  • Andi Wibowo Universitas Islam Raden Rahmat Malang
Keywords: Pengembangan, Soal HOTS, Aplikasi Proprofs.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan berpikir siswa dalam mengerjakan Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) kelas IV SDN Kebobang 02. Penelitian bertujuan untuk: (1) dapat mengembangkan soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) melalui aplikasi Proprofs pada Tema 7 Subtema 1 PB 3 Kelas IV Sekolah Dasar (2) mengetahui Valid dan reliabel dalam soal pilihan ganda (3) kelayakan pada instrumen soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) (4) dapat mengetahui respon guru dan siswa terhadap kepraktisan pada pengembangan soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) dengan menggunakan aplikasi Proprofs. Penelitian ini menggunakan model pengembangan R&D (Research and Development) metode ADDIE. Adapun langkah ADDIE yang yaitu: (1) analisis (analyze), (2) perancangan (design), (3) pengembangan (development),(4) implementasi (implementation), dan (5) evaluasi (evaluation). Hasil penelitian pada pengembangan soal soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) melalui aplikasi Proprofs layak digunakan karena memudahkan siswa dalam mengerjakan soal sekaligus memudahkan guru dalam mengoreksi soal. Dari hasil yang didapat pada ahli materi memperoleh nilai presentase 100% dan ahli media memperoleh nilai presentase 93% di kategorikan “Sangat Layak” untuk hasil respon guru pada kepraktisan pengembangan soal pada pengembangan soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) dengan menggunakan aplikasi Proprofs yaitu 100% kategori “Sangat Praktis”. Hasil uji coba kelompok besar 93,8% kategori “Sangat Layak”.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Aeni. (2022). Pemanfaatan Website Proprofs Brain Game Untuk Mengukur Pemahaman Siswa Dalam Pembelajaran PAI Kelas V SD. https://journal.uniku.ac.id. Diakses pada tanggal 13 Mei 2022.
Arifin, Z. (2009). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja
Rosdakarya.
Arikunto, S. (2003). Prosedur penelitian, Suatu Praktek. Jakarta: Bina Aksara
BSNP. (2018). Asesmen Nasional Sebagai Sebagai Pilihan Evaluasi Sistem Pendidikan. https://jurnal.dpr.go.id. Diakses pada tanggal 13 Mei 2022
Depdiknas. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 3. Jakarta: Depdiknas.
Hestiana. (2017). Pengembangan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) Pada Mata Pelajaran IPA dikelas V SD. https://repository.unsri.ac.id. Diakses pada tanggal 13 Mei 2022.
Nugroho, R. (2018). HOT (Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi: Konsep, Pembelajaran, Penilaian dan Soal- Soal). Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Pribadi, B.A. (2016). Desain dan Pengembangan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi Implementasi Model ADDIE. Jakarta: Prenada Media Group
Riadi & Retnawati. (2014). Pengembangan Pembelajaran Berbasis HOTS di SD. https://widyaparwa.kemendikbud.go.id. Diakses pada tanggal 13 Januari 2022.
Sudjana, N. 2013. Analisis validitas, reliabilitas, tingkat kesulitan, dan
daya beda butir soal. http://ejournal.stitpn.ac.id. Diakses pada
tanggal 6 Juli 2022.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,
Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Published
2022-12-09
How to Cite
Wibowo, A. (2022). PENGEMBANGAN SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) MELALUI APLIKASI PROPROFS PADA TEMA 7 SUBTEMA 1 PB 3 UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 1058 - 1069. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.394