ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR UNTUK MEMPERSIAPKAN PEMBELAJARAN ABAD 21

  • Sartini Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Rahmat Mulyono Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
Keywords: keterampilan, abad 21, kurikulum, merdeka

Abstract

Pendidikan seharusnya mampu memberikan pengajaran-pengajaran untuk meningkatkan keterampilan abad 21 agar generasi muda dapat menghadapi tantangan, masalah, kehidupan dan karir di abad 21 ini (Mutiani & Faisal, 2019). Berdasarkan pemaparan National education Association, keterampilan abad 21 teridentifikasi sebagai “The 4Cs” yang meliputi critical thinking, creativity, communication dan collaboration. Hal ini sesuai dengan konsep pendidikan yang digunakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dalam mengembangkan Kurikulum yaitu keterampilan abad 21 (21st Century Skills). Kurikulum merdeka merupakan kurikulum yang diharapkan mampu memberikan proses pembelajaran untuk mempersiapkan tuntutan kecakapan di abad 21. Beberapa satuan pendidikan di Indonesia telah mengimplementasikan kurikulum merdeka, tetapi pendidikan di Indonesia masih dalam masa pemulihan  pembelajaran tahun 2022-2024, sehingga pengimplementasian kurikulum merdeka masih menjadi opsi dan belum dilaksanakan secara serentak. Beberapa sekolah yang telah melaksanakan kurikulum merdeka menilai masih terdapat banyak tantangan yang harus dihadapi salah satunya adalah mindset guru. Pada kurikulum merdeka, guru memiliki peran penting, tetapi pada implementasinya banyak guru yang belum siap dan mampu menyusun RPP yang baik, selain itu guru dan siswa lebih banyak yang belum paham konsep Merdeka Belajar. Hal ini menunjukkan masih kurangnya keterampilan abad 21 pada implementasi kurikulum merdeka

Metrics

Metrics Loading ...

References

Ainia, D. K. (2020). Merdeka Belajar dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara dan Relevansinya bagi Pengembangan Pendidikan Karakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 95–101.
Anggraena, Y., Felicia, N., Ginanto, D. E., Pratiwi, I., Utama, B., Alhapip, L., & Widiastuti, D. (2022). Kurikulum untuk Pemulihan Pembelajaran-Kajian Akademik. Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. https://ditpsd.kemdikbud.go.id/upload/filemanager/download/kurikulum-merdeka/Kajian Akademik Kurikulum untuk Pemulihan Pembelajaran (2).pdf
Anwar, A. (2022). Media Sosial sebagai Inovasi pada Model PjBL dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal UPI, 19(2), 237–249.
Arifa, F. N. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka dan Tantangannya. Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR RI, 14(9), 25–30.
Bahar, H., & Sundi, V. H. (2020). Merdeka Belajar untuk Kembalikan Pendidikan pada Khittahnya. PROSIDING SAMASTA Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra Indonesia, 115–122.
Daga, A. T. (2021). Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio, 7(3), 1075–1090. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1279
Effendi, D., & Wahidy, A. (2019). Pemanfaatan Teknologi dalam proses Pembelajaran Menuju Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 125–129.
Erdem, C. (2020). Introduction 21st Century Skills and Education. Researchgate.
Hendri, N. (2020). Merdeka Belajar; Natara Retorika dan Aplikasi. E-Tech, 08(01). https://doi.org/10.1007/XXXXXX-XX-0000-00
Husein, M. Bin. (2020). Kesulitan Belajar pada Siswa Sekolah Dasar: Studi Kasus di Sekolah Dasar Muhammadiyah Karangwaru yogyakarta. Cahaya Pendidikan, 6(1), 56–67.
Indarta, Y., Jalinus, N., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5 . 0. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(2), 3011–3024.
Joynes, C., & Rossignoli, S. (2019). 21st Century Skills : evidence of issues in definition , demand and delivery for development contexts. K4D.
Kemendikbud. (2021). Buku Saku Kurikulum Merdeka.
Lestiyani, P. (2020). Analisis Persepsi Civitas Akademika Terhadap Konsep Merdeka Belajar Menyongsong Era Industri 5.0. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(3), 365–372.
Marlina, T. (2022). Urgensi dan Implikasi Pelaksanaan Kurikulum Merdeka pada Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Prosiding SNPE FKIP Universitas Muhammadiyah Metro, 1(1), 67–72.
Marwah, S. S., Syafe’i, M., & Sumarna, E. (2018). Relevansi Konsep Pendidikan Menurut Ki Hadjar Dewantara Dengan Pendidikan Islam. TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 5(1), 14. https://doi.org/10.17509/t.v5i1.13336
Masitoh, S., & Cahyani, F. (2020). Penerapan Sistem Among dalam proses Pendidikan Suatu Upaya Mengembangkan Kompetensi Guru. Jurnal Teknologi Pendidikan, 08(01), 122–141.
Mustaghfiroh, S. (2020). Konsep “ Merdeka Belajar ” Perspektif Aliran Progresivisme John Dewey. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 141–147.
Mutiani, & Faisal, M. (2019). Urgency of The 21st Century Skills and Social Capital in Social Studies. The Innovation of Social Studies Journal, 1(1), 1–11.
Nawawi, M., Laili, M., & Christanti, A. (2022). Analysis of Students’ 4C Skills Based on the Pedagogy Multiliteracies Model. Jurnal Scientia, 10(2), 233–241. http://seaninstitute.org/infor/index.php/pendidikan/article/view/289
OECD. (2019). PISA 2018 Results (Volume I): Vol. I. https://doi.org/10.1787/5f07c754-en
Pantiwati, Y., & Husamah. (2014). Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP Kota Malang. Prosiding Konferensi Ilmiah Tahunan Himpunan Evaluasi Pendidikan Indonesia (Hepi) Tahun 2014 : Asesmen Untuk Pendidikan Berkualitas, 23–34.
Permendikbud. (2020). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2020 Tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Pernantah, P. S., & Hardian, M. (2020). Peningkatan kompetensi pedagogik guru melalui pelatihan perangkat pembelajaran abad-21 berbasis merdeka belajar di Kabupaten Pelalawan Riau. Seminar Nasional Pemberdayaan Masyarakat, 2, 432–439.
Puspitarini, D. (2022). Blended Learning sebagai Model Pembelajaran Abad 21. Ideguru : Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(1), 1–6.
Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad 21 dalam pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1), 2239–2253.
Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. https://doi.org/10.1088/1751-8113/44/8/085201
Sari, M. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. NATURAL SCIENCE: Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 6(1), 41–53.
Selman, Y. F., & Jaedun, A. (2020). Evaluation of The Implementation of 4C Skills in Indonesian Subject at Senior High Schools. Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(2), 244–257. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i2.23459
Septikasari, R. (2018). Keterampilan 4C abad 21 dalam pembelajaran. Jurnal Tarbiyah Al-Awlad, VIII(2), 112–122.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. ALFABETA CV.
Suparlan, H. (n.d.). Filsafat pendidikan ki hadjar dewantara dan sumbangannya bagi pendidikan indonesia. Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.
Suratno. (2005). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Depdiknas.
Susilowati, E. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembentukan Karakter Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Al-Miskawaih: Journal of Science Education, I(1), 115–132.
Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st Century Skills Learning for Life in Our Time.
Warsono, & Hariyanto. (2013). Pembelajaran Aktif: Teori dan Asesmen. PT Remaja Rosdakarya.
Widiyono, A., & Millati, I. (2022). Peran Teknologi Pendidikan dalam Perspektif Merdeka Belajar di Era 4 . 0. JET: Journal of Education and Teaching, 2(1), 0–9. https://doi.org/10.51454/jet.v2i1.63
Yusuf, M., & Arfiansyah, W. (2021). Konsep “ Merdeka Belajar ” dalam Pandangan Filsafat Konstruktivisme. AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 1(1), 18–23.
Published
2022-12-15
How to Cite
Sartini, & Mulyono, R. (2022). ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR UNTUK MEMPERSIAPKAN PEMBELAJARAN ABAD 21. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 1348 - 1363. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.392