ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE MATH PADA MATERI PECAHAN DI KELAS 5 SDN SINABA KOTA SERANG KECAMATAN KASEMEN

  • Shelma Marsha Jovita Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Encep Andriana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Keywords: Matematika, Pecahan Sederhana, Puzzle Math

Abstract

Masalah diketahui dari observasi dari peserta didik yang belum menguasai perkalian, akan berdampak kepada materi tentang pecahan, yang seharusnya sudah dikuasai, guru yang tidak menggunakan media pembelajaran, dan hasil belajar dari peserta didik menurun. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui permasalahan belajar matematika, pecahan sederhana, media pembelajaran puzzle, dan hasil belajar. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan penelitian kualitatif. Pelaksanaan penelitian ini di mulai pada tanggal Agustus sampai dengan September 2022. Peneliti menggunakan analisis kualitatif dengan menganalisis penggunaan puzzle math dalam kemampuan materi pecahan di SDN Sinaba. Subjek penelitian berjumlah 24 peserta didik. Hasil penelitian dari penggunaan puzzle math dalam kemampuan materi pecahan di SDN Sinaba, peneliti menemukan bahwa adanya peningkatan kemampuan puzzle math di kelas 5. Peserta didik sangat senang dalam permainan puzzle math. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan tentang penggunaan puzzle math pada materi pecahan kelas 5, dapat disimpulkan bahwa membawa dampak yang lebih baik untuk penggunaan media puzzle math dalam materi pecahan. Peserta didik mampu memahami dan menganalisis masalah terlebih dahulu, peserta didik juga mampu merancang, merencanakan serta mencari solusi, setelah itu memeriksa solusi tersebut.

Metrics

Metrics Loading ...

References

DAFTAR PUSTAKA
Buku :
Al-Azizy, A. S. (2010). Ragam Latihan Khusus Asah Ketajaman Otak Anak Plus Melejitkan Daya Ingatnya. Jogjakarta: Diva Press.
Hosnan . (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Dalam Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Prof. Dr. H. Warul Walidin AK., MA, dkk. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif & Grounded Theory. Banda Acher: FTK Ar-Raniry Press.
Jurnal :
Alya Azaki Amatullah, dkk. (1 Februari 2022 (Universitas PGRI Semarang). Analisis Penggunaan Puzzle Dalam Kemampuan Pemecahan Masalah Anak. Wawasan Pendidikan, 93-100.
Izzatul Jannah dan Agung Setyawan. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Media. Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia 1, (3), 165-172.
Maviro, A. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Aritmatika Sosial pada SIswa SDN No.05 Suruh Tembawang (Perbatasan Indonesia-Malaysia). Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 7, (2), 209-218.
Mulyati, T. (2011). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar. Eduhumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 3, (2), 61-76.
Puji Rahmawati, dkk. (2022). Implementasi Papan Puzzle Pada Pembelajaran Dengan Model Pembelajaran Mating Dalam Meningkatkan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Edukasi dan Sains Matematika, 8,(1), 47-62.
Restu Ayu Gustiningrum dan Kartini . (2021). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Objek Matematika Menurut Soedjadi pada Materi Determinan dan Invers Matriks . Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 235-244.
Suhartono. (2 Desember 2018 (Universitas Wijaya Kusuma Surabaya). Mengajarkan Pemecahan Masalah Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 216-227.
Published
2022-12-09
How to Cite
Jovita, S. M., & Encep Andriana. (2022). ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE MATH PADA MATERI PECAHAN DI KELAS 5 SDN SINABA KOTA SERANG KECAMATAN KASEMEN. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 1070 - 1078. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.389