ANALISIS KESULITAN ANAK KELAS 6 SD DALAM MEMAHAMI PELAJARAN MATEMATIKA DI SDN CIMUNCANG CILIK
Abstract
Pemecahan masalah merupakan jantung pembelajaran matematika. Penerapan pengetahuan dan keterampilan pemecahan masalah sangat berguna bagi kehidupan sehari-hari. Kemampuan awal siswa dan sikap siswa kepada matematika yang kurang, motivasi dan self-efficacy untuk belajar yang rendah, serta perilaku dan kemampuan guru dalam mengajar serta kreatifitas guru dalam memberikan dan memecahkan soal pemecahan masalah merupakan penyebab kesulitan-kesulitan yang dihadapi dalam pemecahan masalah matematika. Dari beberapa penelitian dapat di tarik Solusi alternatif yang bisa diberikan untuk mengurangi kesulitan dalam pemecahan masalah matematika, dianataranya 1) guru harus mengubah cara mengajar serta mempelajari cara memberi motivasi kepada siswa, 2) siswa harus meningkatkan kemampuan literasi matematika, 3) guru harus belajar dari guru yang telah berhasil melaksanakan pemecahan masalah matematika, 4) keterlibatan siswa sangat penting untuk pemecahan masalah yang sukses, serta 5) guru diharapkan untuk mempelajari model pembelajaran dan kemudian membawa mereka untuk mengelola kegiatan di kelas.
Metrics
References
Buschman, L. (2004). Teaching problem solving in mathematics. Teaching children mathematics, JSTOR, 10(6), 302–309.
Chapman, O. (1997). Metaphors in the teaching of mathematical problem solving. Educational Studies in Mathematics, 32(3), 201–228.
Depdiknas. 2003. Panduan pengembangan silabus mata pelajaran matematika. Jakarta: Dirjen Dikdasmen Depdiknas.
Dhlamini, J.J. (2016). Enhancing learners’ problem solving performance in mathematics : a cognitive load perspective. European Journal of STEM Education, 1(1), 27–36.
Lein, A.E., Jitendra, A.K., Starosta, K.M., Dupuis, D.N., Hughes-Reid, C.L., & Star, J.R. (2016). Assessing the relation between seventh-grade students’ engagement and mathematical problem solving performance. Preventing School Failure, 60(2), 117–123.
Pimta, S., Tayruakham, S., & Nuangchale, P. (2009). Factors influencing mathematic problem-solving ability of sixth grade students. Journal of Social Sciences, 5(4), 381–385.
Rahajeng, R. (2011). Kesulitan belajar matematika. Madiun: Koran Krida Rakyat.
Soon, W., Lioe, L.T., & Mclnnes, B. (2011). Understanding the difficulties faced by engineering undergraduates in learning mathematical modelling. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 42(8), 1023–1039.
Uno, H.B., & Kuadrat, M. (2009). Mengelola kecerdasan dalam pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Widdiharto, R. (2008). Diagnosis kesulitan belajar matematika SMP dan alternatif proses remidinya. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika.