PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MENGGUNAKAN MEDIA WORDWALL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPAS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR PADA KURIKULUM MERDEKA
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran PBL menggunakan media wordwall sebagai strategi untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik SD dalam konteks pembelajaran IPAS. Metode penelitian yang digunakan yaitu one group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Cimara Tahun Ajaran 2023/2024 yang dimana suatu kelompok diberikan sebuah pretest sebelum perlakuan dan diberikan posttest setelah perlakuan dengan jumlah 24 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik probabillity sampling dan sampling jenuh. Instrumen atau teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian menggunakan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas, uji hipotesis, dan uji regresi. Hasil penelitian dengan uji t menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran PBL menggunakan wordwall terhadap motivasi belajar IPAS siswa kelas V SDN Cimara, sedangkan hasil uji regresi menunjukkan adanya hubungan yang kuat setelah perlakuan. Hal ini terbukti dari nilai uji T (Paired T test sample) diketahui nilai signifikansi sebesar 0,000. Maka, H0 ditolak karena nilai signifikansi kurang dari 0,05. Jadi ada perbedaan nilai sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) perlakuan. Dengan kata lain model pembelajaran berbasis masalah (PBL) menggunakan media wordwall berpengaruh terhadap motivasi belajar IPAS. Penelitian ini dibuktikan adanya peningkatan nilai rata-rata motivasi belajar hasil sebelum perlakuan sebesar 49,25 sedangkan sesudah perlakuan sebesar 60,50. Maka mengalami kenaikan sebesar 11,25, oleh karena itu pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah (PBL) menggunakan media wordwall dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik.
Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL), Wordwall, Motivasi
Metrics
References
Ariwibowo, E.K. 2020. “Wordwall: Media Pembelajaran Interaktif Mulai dari Quiz, Wordsearch, hingga Anagram” Diakses pada https://www.erickunto.com/20 20/11/wordwall-mediapembelajaran-interaktif.html.
Lomu, L. 2018. Pengaruh Motivasi Belajar Dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Diakses pada https://jurnal.ustjogja.ac.id/inde x.php/etnomatnesia/article/vie w/2412.
Mas’udah, Rizki Putri, and I. Made Suwanda. 2018. “Penggunaan Media Video Animasi Terhadap Hasil Belajar PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PPKn PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 DAWARBLANDONG, MOJOKERTO.” Kajian Moral Dan Kewarganegaraan 1(6):91–105.
Mayasari, A. 2022. Implementasi Model Problem Based Learning (Pbl) Dalam Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran, Vol. 3, No. 2 Hal. 167-175 diakses dari https://jurnal.rakeyansantang.ac .id/index.php/ths/article/view/ 335/109.
Nurwinda, Muh Khaedar, Cayati, and Eka HS Fitriana. 2022. “Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD Negeri 188 Tanrongi Kabupaten Wajo.” Jurnal Kajian Pendidikan Dasar 7(1):36–44.
Olimpiani, Dwi, Nugroho, Prayitno, Atmojo, Sambarani Anggin, Prodi Pgsd, Universitas Sebelas Maret. 2024. “Peningkatan Hasil Belajar IPAS Kelas V Menggunakan Model Problem Based Learning Dan Media Wordwall.” 4(4):352-359.
Sunendar, T. 2022. “Merancang Pembelajaran Ipas Di SD” Diakses pada https://bpiedu.id/yayasanbpi/in dex.php/blog/merancangpembelajaran-ipas-di-sd.