ANALISIS KESALAHAN ORTOGRAFI DALAM KUMPULAN FABEL REDAKSI KUMPARAN SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR KELAS VII SMP

  • Salmi Fathia Rizki Universitas Pasundan
  • Any Budiarti
  • Aries Setia Nugraha
Keywords: analisis, bahan ajar, fabel, kesalahan, ortografi

Abstract

Dalam fabel mengkaji ortografi atau ejaan yang masih minim dikuasai oleh pengguna bahasa khususnya peserta didik kelas VII. Adapun penelitian ini memiliki judul “Analisis Kesalahan Ortografi dalam Kumpulan Fabel Redaksi Kumparan Sebagai Alternatif Bahan Ajar Kelas VII SMP” yang bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan ortografi pada kumpulan fabel Redaksi Kumparan dan alternatif bahan ajar dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas VII. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dan sumber data dalam penelitian ini kumpulan fabel yang tersedia pada Redaksi Kumparan beserta sumber data sekunder berupa jurnal, buku, artikel, beserta informasi yang tercantum pada internet yang berkaitan dengan topik penelitian ini. Adapun teknik yang digunakan adalah teknik telaah pustaka dan dokumentasi. Hasil analisis kesalahan ortografi pada 10 fabel yang tersedia dalam redaksi kumparan, ditemukan kesalahan pemakaian huruf kapital sebesar 79% dari jumlah kesalahan sebanyak 74, kesalahan penulisan tanda baca sebesar 18%, dari jumlah kesalahan sebanyak 17, kesalahan tanda baca meliputi tanda titik (.) sebanyak 6 kesalahan, tanda koma (,) sebanyak 10 kesalahan, tanda seru (!) sebanyak 1 kesalahan, dan tidak ditemukan kesalahan pada tanda tanya (?) selain itu, kesalahan pada penggunaan kata sebesar 3% meliputi kata depan sebanyak 3 kesalahan, dan tidak ditemukan kesalahan pada penggunaan kata sandang. Hasil analisis yang telah disusun selanjutnya dapat dijadikan sebagai alternatif bahan ajar kelas VII pembelajaran bahasa indonesia yaitu teks fabel sesuai dengan KD. 3.16 Menelaah Kebahasaan Fabel. Bahan ajar yang disusun telah divalidasi oleh validator ahli dan disesuaikan dengan tuntutan kurikulum 2013, kompetensi inti dan kompetensi dasar, baik dari aspek perkembangan psikologis, dan juga kebahasaan.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Cahyati, E. G. A. L., Kesulitan, A., Dalam, S., & Teks, M. (2020). EGA LEGITA CAHYATI, 2020 ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENULIS TEKS NARASI Universitas Pendidikan Indonesia I repository.upi.edu I perpustakaan.upi.edu. 1–6.
Hasrianti, A. (2021). Analisis Kesalahan Penggunaan Tanda Baca dalam Karangan Peserta Didik. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(1), 213–222. https://doi.org/10.30605/onoma.v7i1.618
Khabibah, N. (2020). Aplikasi Kaidah Kebahasaan Tataran Ejaan pada Artikel Surat Kabar Merapi.
Kosasih, dkk. 2017. BAHASA INDONESIA SMP/MTs KELAS VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kridalaksana, Harimurti. 2011. Kamus Linguistik Edisi Keempat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Mufida, I., & Dkk. (2022). Pengembangan Media Lubel dalam Pembelajaran Menelaah Struktur dan Kebahasaan Teks Fabel Siswa Kelas VII. 2, 70–83.
Naibaho, I. (2020). Kemampuan Menelaah Struktur dan Kebahasaan Tteks Fabel Siswa Kelas VII SMP N 1 Pematang Bandar Tahun Pembelajaran 2019/2020. http://dx.doi.org/10.1016/j.biochi.2015.03.025%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/nature10402%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/nature21059%0Ahttp://journal.stainkudus.ac.id/index.php/equilibrium/article/view/1268/1127%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/nrmicro2577%0Ahttp://
Nugrah, F. (2019). KESALAHAN PENGGUNAAN PREPOSISI PADA TEKS NARASI SISWA KELAS XI MIA MA DDI PATTOJO KABUPATEN SOPPENG.
Nurgiyantoro, B. 2021. Sastra Anak Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press Anggota IKAPI dan APPTI.
Nurhamidah, D. (2018). ANALISIS KESALAHAN EJAAN PADA KARANGAN MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA.
Satiti, S., & Hendrokumoro, H. (2022). Penyimpangan Ortografi Bahasa Jawa pada Media Sosial Instagram. Diglosiaunmul.Alfianunmul.Com, 5, 437–452. https://www.diglosiaunmul.alfianunmul.com/index.php/diglosia/article/view/341
Siburian, L. (2018). Analisis Kesalahan Penulisan Huruf Kapital Oleh Mahasiswa Pgsd Semester Ii Kelas 3 Unika Santo Thomas Sumatera Utara. School Education Journal Pgsd Fip Unimed, 8(1), 81–87. https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v8i1.9821
Suandi, dkk. 2020. Keterampilan Berbahasa Indonesia Berorientasi Integrasi Nasional dan Harmoni Sosial. Depok: PT RajaGrafindo Persada.
Published
2022-12-09
How to Cite
Salmi Fathia Rizki, Any Budiarti, & Aries Setia Nugraha. (2022). ANALISIS KESALAHAN ORTOGRAFI DALAM KUMPULAN FABEL REDAKSI KUMPARAN SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR KELAS VII SMP. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 1237 - 1246. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.367