ANALISIS KESULITAN MENGENAL HURUF DALAM MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS 1A SEKOLAH DASAR

  • Atiya Farhah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Keywords: Kata Kunci: Mengenal Huruf, Membaca, Siswa Kelas 1

Abstract

Kurangnya pengenalan huruf menjadikan sulit mengintegrasikan huruf per huruf menjadi satu kata bagi siswa kelas 1. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan mengenal huruf dalam membaca permulaan pada siswa kelas 1A. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas 1A dan lima siswa kelas 1A yang teridentifikasi mengalami kesulitan dalam mengenal huruf. Teknik dalam pengumpulan data yaitu dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat lima siswa yang mengalami kesulitan dalam mengenal huruf karena kesulitan membedakan huruf b, d dan p, kesulitan membedakan huruf yang pengucapannya hampir sama seperti huruf b dan t, kesulitan dalam mengenal huruf, kesulitan dalam membaca kata per kata, dan kesulitan dalam menentukan suku kata. Faktor penyebab kesulitan tersebut adalah kurangnya perhatian dan dukungan dari orang tua, tidak diajarkan ataupun dikenalkan huruf sejak dini sebelum memasuki sekolah dasar, kurang adanya penggunaan media konkret dalam memvariasikan pembelajaran, guru baru melakukan keefektifan waktu latihan membaca ketika di luar jam pelajaran dan kurangnya latihan membaca baik di rumah maupun di sekolah. Maka, dapat disimpulkan bahwa siswa kelas 1A mengalami kesulitan mengenal huruf dalam membaca permulaan.Implikasi dari penelitian ini diharapkan menjadi ruang evaluasi dalam menghadapi keresahan dan mengatasi kesulitan mengenal huruf pada siswa.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Carol Seefeld & Barbara, A. W. (2008). Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks
Maria Montessori. (2008). Pikiran Yang Mudah Menyerap. (Penerjemah: Dariyatno). Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Musbiin, Imam. (2010). Buku Pintar PAUD Dalam Perspektif Islam. Yogyakart: Pinus Book Laksana
Raisatun, Nisak. (2012). Seabrek Games Asyik Edukatif Untuk Mengajar PAUD/TK. Yogyakarta: Diva Press
Rasyid, Harun dkk. (2012). Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Multi Pressindo.
Samniah, Naswiani. (2016). Kemampuan Memahami Isi Bacaan Siswa Kelas VII MTS Swasta Labibah. Jurnal Humanika. 16(1), 2
Tarigan, H. G. (1985). Psikololinguistik. Bandung: Angkasa
Zulham, M. (2015). Aplikasi teori Ilmu Bahasa Terhadap Pandangan Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Palopo. Jurnal Pendidikan, Pengajaran Bahasa Dan Sastra Onoma PBSI FKIP. 1(1), 1-128.
Published
2022-12-09
How to Cite
Atiya Farhah. (2022). ANALISIS KESULITAN MENGENAL HURUF DALAM MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS 1A SEKOLAH DASAR. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 1270 - 1278. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.363